Yang Wajib Dicantumkan Pada Label Kemasan

Yang Wajib Dicantumkan Pada Label Kemasan


Tya Widianingsih | 04 Nov 2020 | 174

Label merupakan suatu benda yang sering sekali dijumpai pada kemasan produk. Kamu pasti juga sangat familiar dengan benda ini, bukan? Hal ini dikarenakan label dan kemasan merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan. 
Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa alasan kuat kenapa kemasan produk harus ada labelnya. Ingin tahu apa alasannya? Simak informasi tentang manfaat label serta poin-poin yang harus dicantumkan pada label, berikut ini:

 

Manfaat Label pada Kemasan

Selain dapat membuat kemasan jauh lebih mantap dan cantik, cetak stiker label juga memberikan informasi-informasi penting terkait produk yang kamu buat. Hal ini dapat membuat para pelanggan lebih tertarik dengan produknya. Kalau dibandingkan dengan kemasan tanpa label, tentu saja pelanggan akan lebih memilih produk yang dilengkapi label pada kemasannya. 

 

Selain itu, label dapat dijadikan sebagai brand awareness, karena dapat membuat para pelanggan jauh lebih mudah mengingat produk dari kamu. Kalau mudah diingat, meskipun banyak pesaing, pelanggan akan tetap memilih produk kamu, lho. Ajaib sekali, kan, manfaat cetak stiker label?

 

Baca Juga : Pentingnya Product Tag Pada Bisnis Fashion

 

Poin-Poin yang Wajib Dicantumkan pada Label

Jangan hanya terpaku pada manfaatnya saja, kamu juga harus mengimbangi dengan kualitas label yang bagus. Cetak stiker label terbaik hanya di PrintQoe, sudah terbukti. Selain kualitas, ada beberapa poin yang wajib dicantumkan pada label, antara lain:

 

1. Nama Produk

Ini yang paling nggak boleh ketinggalan, ya. Karena mau bagaimanapun bentuk label dan secantik apapun, maka tidak akan sempurna tanpa nama produk. Nah, nama produk sendiri terdiri atas nama jenis pangan olahan dan nama dagang. Ingat ya, ini nggak boleh dilewatkan!

2. Daftar Bahan yang Digunakan

Kamu juga harus mencantumkan daftar bahan yang digunakan untuk membuat produk. Adapun bahan-bahan yang diperlu dicantumkan adalah bahan baku, bahan tambah pangan, dan juga bahan penolong. Untuk yang satu ini, kamu wajib jujur, ya!

3. Berat Bersih

Berat bersih yang harus dicantumkan pada kemasan produk adalah informasi mengenai jumlah yang terdapat dalam satu kemasan atau wadah dalam satuan metric. Penulisan berat bersih juga ada aturannya, lho. Khusus untuk produk padat menggunakan satuan miligram, gram, dan  kilogram, sedangkan untuk produk cair menggunakan satuan mililiter dan liter. Kalau semi padat bisa ditulis dengan semua satuan yang telah disebutkan tadi. 

4. Nama dan Alamat Pihak Produksi

Kamu juga harus mencantumkan nama dan alamat pihak produksi pada kemasan produk. Hal ini juga berlaku pada produk-produk impor, ya.

5. Halal Bagi yang Dipersyaratkan

Kalau kamu mengedarkan produk pangan di Indonesia, maka wajib sekali untuk mencantumkan logo halal. Tapi ini setelah mendapatkan sertifikat halal dari MUI, ya.

6. Tanggal dan Kode Produksi

Selanjutnya, kamu juga harus mencantumkan tanggal dan kode produksi pada setiap label kemasan. Biasanya kedua informasi ini dicantumkan secara terpisah, dengan mencantumkan keterangan, tentunya.

 

Baca Juga : Ide Kemasan Produk Cantik untuk Momen  Natal 2020

 

7. Keterangan Kadaluarsa

Ini yang nggak kalah penting dari informasi lainnya, yakni keterangan kadaluarsa. Kamu wajib mencantumkan tanggal kadaluarsa produk yang akan diedarkan pada label kemasan. Biasanya keterangan ini dilengkapi dengan tulisan “Baik digunakan sebelum”.

8. Nomor Izin Edar

Pencantuman nomor izin edar pada label kemasan wajib sesuai dengan pendaftaran izin edar. Kalau izin edarnya berupa nomor P-IRT, maka yang dicantumkan pada label juga harus nomor P-IRT.

9. Asal Usul Bahan Pangan

Keterangan tentang poin kesembilan pada label kemasan ada dua jenis, yakni bahan yang bersumber dari hewan atau tumbuhan dan pangan yang diproduksi melalui proses tertentu. 

 

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa, cetak stiker label merupakan salah satu poin penting dalam kegiatan produksi. Nah, kalau mau cetak stiker, langsung saja datang ke PrintQoe. Dijamin kualitasnya sangat memuaskan! Kalau tidak bisa datang langsung, bisa pesan via online, kok. Mudah bukan?