Yang Penting Saat Me-Layout Novel

Yang Penting Saat Me-Layout Novel


Tya Widianingsih | 02 Dec 2020 | 265

Siapapun pasti bisa menulis. Yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana tulisan tersebut jadi menarik, sehingga diperlukan gaya penuturan cerita yang tidak berbelit namun unik, plot yang jelas, penggambaran karakter yang niche, dll. Selain cara penulisan, saat memutuskan untuk mencetak novel sendiri adalah layout. Novel memang tidak aturan yang kaku seperti menulis karya ilmiah atau tugas akhir, tapi diperlukan konsistensi saat melayout novel.

 

Dengan begitu, hasil cetak novelmu akan jadi lebih bagus, rapi, dan enak dipandang. Hal tersebut akan menjadi nilai tambahan lho bagi para pecinta buku. Yuk simak hal-hal pentingyang harus diperhatikan sebelum mencetak novel sendiri. Karena jika kamu ingin melakukan self publishing, tentu harus berperan sebagai editor naskah, layout, dan tampilan novel secara keseluruhan. Jangan sampai kamu harus melayout kembali setelah dilakukan cetak.


Hal Penting dalam Mengatur Layout Novel

Setting layout adalah pengaturan tampilan yang fisik pada novel yang akan kamu cetak. Jangan khawatir, karena ini juga bisa dipelajari dengan mudah, apalagi jika kamu sudah berkeinginan kuat untuk melakukan proses cetak novel sendiri. Berikut adalah beberapa pengaturan layout novel yang harus diperhatikan.

 

Baca Juga : 7 Tips Menulis Novel untuk Pemula 


1. Menentukan Ukuran Novel

Standar untuk penerbitan buku teks dan buku fiksi adalah ukuran A5. Ukuran A5 dianggap standar karena ukuran kertas mayoritas di Indonesia merupakan kelipatan ukuran dari kertas A5 ini.

 

Akan tetapi untuk novel, kamu bisa memilih ukuran yang lebih kecil, seperti ukuran 13 x 19 atau 14 x 20.  Alasannya supaya novel yang kamu cetak memiliki dimensi yang tidak terlalu besar dan mudah dibawa.

 

Untuk mengaturnya pun sangat mudah. Jika menggunakan apilkasi Microsoft Word, kamu cukup klik page layout, page setup dan mulai mengatur ukuran kertasnya secara manual di kolom yang sudah disediakan.

 

2. Membuat Setting Margin

Margin atau batas tepian novel dan buku juga merupakan bagian layout penting. Fungsi dari margin sendiri adalah untuk memberikan area khusus untuk penulisan isi novel dan area kosong untuk hal-hal lain seperti nomor halaman, catatan kaki, dan lain sebagainya. Selain itu, mengatur setting margin dengan benar, memungkinkan pembaca untuk menandai dan memberikan catatan khusus untuk halaman atau bagian novel yang disukainya.

 

Biasanya margin yang umum digunakan adalah 1,5. Karena margin ini diperkiran seukuran dengan ibu jari manusia, sehingga pembaca tak perlu khawatir jarinya akan menutupi bagian buku yang dipegangnya. Khusus untuk margin bagian dalam atau bagian yang dijilid, biasanya akan ada penambahan ukuran supaya  mengganggu bagian isi novel.

 

3. Jangan Lupa Nomor Halaman

Memberikan nomor halaman akan memudahkan kamu untuk membuat daftar isi novel tiap bab. Selain itu juga memudahkan pembaca untuk menemukan halaman dan bab yang mereka suka ketika ingin membaca ulang novel yang kamu tulis.

 

4. Memilih Font dan Ukuran

Mengapa font atau jenis huruf dan ukuran huruf itu penting? Karena keduanya akan memengaruhi kenyamanan mata pembaca. Jika font dan ukuran yang dipilih tidak tepat, hal ini akan menyebabkan mata pembaca cepat lelah. Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa pemilihan font dan ukuran dapat memengaruhi pemahaman pembaca terhadap novel yang dibacanya.

 

Baca Juga : 7 Font Terbaik untuk Novel

 

Singkatnya, pilihlah font jenis serif. Seperti Times New Roman, Bookman Old Style, Georgia, dan lain sebagainya. Untuk ukuran hurufnya, biasanya memakai ukuran 12, atau dapat kamu sesuaikan sendiri sesuai dengan ukuran novel yang dicetak.

 

Demikianlah beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam layout novel. Mungkin akan sedikit lebih rumit, tapi tentu saja pengalaman cetak novel sendiri akan sangat menyenangkan dan menjadi tambahan ilmu tersendiri, bukan?

 

Jangan lupa juga untuk mulai mengecek harga-harga dan layanan dari perusahaan penerbit yang menyediakan jasa cetak novel sendiri, yakni PrintQoe.com! Sehingga selain mempersiapkan draft novel dengan matang, kita juga mampu melakukan persiapan dari segi finansial. Selamat mencoba!