Yang Harus Disiapkan Sebelum Launching Produk Baru

Yang Harus Disiapkan Sebelum Launching Produk Baru


Tya Widianingsih | 20 Dec 2019 | 997

Mengadakan launching produk memang bukan perkara yang mudah. Supaya bisa sukses, Kamu harus bisa menghasilkan brand awareness dan membangun kredibilitas selama launching berlangsung. Memahami tantangan-tantangan ini dapat meningkatkan peluang Kamu untuk menyukseskan launching produk.

 

Guna membangun brand awareness dan kredibilitas, perusahaan seringkali menggunakan layanan Event Organizer dan menyusun siaran pers untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media. Sebenarnya, kedua hal tersebut tidak salah untuk dilakukan, hanya saja langkah-langkah yang dilakukan kurang lengkap. Lantas, bagaimana caranya mengadakan launching produk yang sukses?

 

1. Rencanakan Sejak Awal

Untuk memiliki launching produk yang sukses, perencanaan Kamu sudah harus siap setidaknya 8 hingga 12 minggu sebelumnya. Buatlah ‘event checklist’, yaitu daftar yang beriisikan berbagai macam hal yang perlu dipersiapkan menjelang acara. Jangan lupa juga untuk memperbaharui status dari masing-masing item dalam daftar yang telah Kamu buat. Penggunaan ‘event checklist’ akan membantu Kamu untuk mempersiapkan acara secara lebih detail, sehingga tidak melewatkan detail apa pun.

 

Selama masa-masa perencanaan acara, akan lebih baik apabila Kamu tidak berfokus kepada satu hal dan menggunakan bantuan pihak outsourcing untuk menyelesaikan tugas sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Misalnya, setelah mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, Kamu dapat memercayakan permasalahan cetak-mencetak pada jasa percetakan terdekat. Kamu hanya perlu menerangkan detail yang diinginkan kepada percetakan terdekat tersebut. Dengan demikian, Kamu dapat berfokus kepada keperluan acara lainnya.

 

Baca Juga: Kriteria Memilih Tempat Print untuk Cetak Kemasan Produk Usaha


2. Temukan Influencer yang Tepat

Di era banjir informasi seperti saat ini, Kamu harus memperbanyak sumber yang menginformasikan tentang produk perusahaan. Influencer merupakan salah satu sumber informasi yang banyak didengarkan oleh orang-orang. Makanya, tak heran apabila salah satu cara yang paling ampuh untuk membangun brand awareness dan kredibilitas dalam acara peluncuran produk adalah mengundang influencer untuk memberikan testimoni dan mempromosikan produk Kamu kepada pengikutnya. 

 

Influencer telah terbukti berhasil memberikan pengaruh nyata pada audiens blog dan media sosial mereka, bahkan pengaruh yang diberikan influencer lebih besar daripada pengaruh yang diberikan media massa. Meski demikian, Kamu juga harus cermat dalam memilih influencer. Pasalnya, tidak semua pengikut influencer tersebut sesuai dengan target pasar Kamu.

 

3. Menarik Perhatian Melalui Media Sosial

Media sosial merupakan wadah yang tepat untuk meningkatkan brand awareness target pasar kepada produk yang akan diluncurkan. Kamu dapat memberikan bocoran informasi mengenai produk yang akan diluncurkan dalam bentuk foto atau video ‘coming soon’. Taktik ini dapat menggugah rasa ingin tahu dan minat para audiens, terutama bagi netizen yang suka menjadi ‘orang pertama yang tahu’.

 

Baca Juga: Rumus Sukses Strategi Pemasaran Kafe Kopi Kekinian


4. Tetapkan Ekspektasi yang Realistis

Kecuali perusahaan Kamu adalah perusahaan besar, produk baru Kamu mungkin tidak akan mendapatkan sambutan besar-besaran. Namun jangan sampai berkecil hati, tetaplah konsisten dalam membagikan informasi dan membangun kredibilitas. Ingatlah untuk menciptakan acara peluncuran produk yang personal, karena konsumen suka berinteraksi dengan brand yang memiliki hubungan dengan mereka.

 

5. Jaga Relasi dengan Pers

Pada hari peluncuran produk Kamu, media mungkin saja menerima undangan liputan acara lainnya, sehingga tidak semua media memiliki kapasitas untuk menghadiri dan meliput acara Kamu. Makanya, cobalah bersabar dan tetap menghubungi dengan mereka, namun jangan sampai mengganggu. Hubungilah mereka sesekali agar mereka tidak melupakan undanganmu.

 

6. Gunakan Kreativitas

Guna membangun brand awareness dan kredibilitas yang menjadi kunci keberhasilan launching produk, Kamu perlu menggunakan kreativitas. Misalnya saja, untuk mendapatkan perhatian media dan influencer, Kamu dapat mengirimkan press kit yang lucu, menyenangkan, dan menarik minat mereka melalui pos surat.

 

Baca Juga: 2 Jenis Penggolongan Plastik untuk Kemasan Produk


7. Bantu Orang untuk Mempelajari Produkmu

Dalam membangun brand awareness dan kredibilitas, Kamu perlu membantu orang untuk memahami produk barumu serta keunikannya. Untuk itu, Kamu dapat membuat video, mengadakan demo, mencetak lembar informasi, atau menggunakan berbagai cara lainnya. Pasalnya, kemudahan mempelajari sebuah produk akan memotivasi mereka untuk menyebarkan informasi tersebut.

 

Untuk mendapatkan semua kebutuhan cetak launching produk, gunakanlah percetakan terdekat. PrintQoe.com merupakan salah satu tempat percetakan terbaik di Jakarta dan kota-kota besar lainnya yang memungkinkan para pelanggannya untuk melakukan pemesanan percetakan secara cepat di manapun dan kapanpun. PrintQoe.com terbukti memiliki reputasi dan kualitas yang baik dari banyaknya perusahaan besar yang sudah menjadi pelanggan setia.

 

Sumber Artikel: PrinterQoe.com - Stragtegi Sebelum Launching Produk Baru Agar Penjualan Sukses