Wallpaper Cetak atau Wallpaper Stiker, Mana yang Lebih Awet?

Wallpaper Cetak atau Wallpaper Stiker, Mana yang Lebih Awet?


Tya Widianingsih | 30 Dec 2019 | 832

Wallpaper merupakan sebuah alternatif yang cukup baik untuk menata desain interior sebuah ruangan. Apalagi jika Kamu berhasil menemukan penyedia percetakan Jakarta yang tentu saja dapat memberikan sebuah efisiensi untuk urusan tata ruangan.

 

Akan tetapi memilih sebuah wallpaper untuk menata ulang interior ruangan Kamu juga memerlukan sebuah kecermatan. Bukan hanya menentukan jasa percetakan Jakarta untuk membeli produk ini, Kamu juga perlu menentukan mau memilih wallpaper jenis apa untuk ruangan yang hendak Kamu dekorasi ulang. Apakah akan menggunakan wallpaper cetak atau wallpaper stiker. Pemilihan ini tentu saja didasari oleh kebutuhan dan selera Kamu untuk menata ulang sebuah ruangan.

 

Secara umum, sebenarnya wallpaper cetak dan wallpaper stiker keduanya sama dan sama-sama bisa kamu dapatkan di tempat percetakan Jakarta sekalipun. Keduanya juga sama-sama memiliki peranan penting dalam urusan dekorasi rumah. Akan tetapi, untuk menentukan mana yang lebih awet, Kamu sejatinya harus memahami dulu perbedaan dari keduanya. Sebagai bahan pelapis dinding wallpaper stiker menjadi tren yang banyak diterapkan untuk aplikasi interior. Aplikasi stiker dinding relatif sangat mudah, sebab sudah ada perekat pada bagian belakangnya.

 

Baca Juga: Jangan Asal Cetak Stiker Murah, Kenali Kualitas Setiap Bahannya

 

Meskipun sama-sama bisa dipesan di tempat percetakan Jakarta, sejatinya terdapat perbedaan yang cukup mendasar dari keduanya. Berbeda dengan wallpaper, stiker dinding biasanya hanya mengcover sebagian dinding, sebagai ornamen atau pemanis ruangan. Meskipun ada juga stiker dinding yang diaplikasikan pada seluruh ruangan.

 

Wallpaper Stiker (Wallsticker)

Secara garis besar, Wallsticker adalah stiker yang dapat diaplikasikan di permukaan dinding. Ini merupakan produk yang sama persis dengan stiker-stiker pada umumnya. Di bagian belakangnya terdapat lapisan lem perekat sehingga Kamu tinggal menempelkannya saja ke dinding tanpa perlu lem tambahan lagi. Cuma wallsticker ini memang stiker yang dirancang secara khusus untuk bidang dinding. Jadi pesonanya tampak menarik saat dipasang di dinding dan tidak mudah terkelupas sendiri. Wallsticker ini juga bisa dipesan di toko percetakan Jakarta murah sekalipun.

 

Wallsticker umumnya tersedia dalam jenis cutting stiker. Artinya potongan stiker ini sesuai dengan bentuk gambarnya. Jenis ini sengaja dipilih supaya wallsticker bisa menyatu sempurna dengan permukaan dinding yang menjadi latar belakangnya. Seolah-olah tidak mau kalah dengan wallpaper, perkembangan wallsticker juga sudah sangat maju. Bahkan sekarang juga sudah tersedia wallsticker tiga dimensi yang mempunyai wujud lebih nyata.

 

Wallpaper Cetak (Wallprinting)

Sementara itu, wallpaper printing sendiri merupakan sebuah wallpaper yang biasanya dicetak atau dipesan di tempat digital printing. Ada yang punya harga murah, ada pula yang berharga mahal. Beberapa merek wallpaper bahkan sudah menyediakan jenis wallpaper 3D berkonsep city view yang punya harga berkisar antara Rp 4 juta- Rp 5 juta per set. Harga Wallpaper cetak ini sendiri biasanya ditentukan oleh pilihan kertas, jenis printer, ukuran, dan warna. Tapi hati-hati, salah memilih kertas atau printer, karena foto pada wallpaper bisa tidak tahan lama. Akibatnya, Kamu harus sering menguras kantong untuk memperbaiki atau memesan yang baru.

 

Baca Juga: Cerita Di Balik Cetak Foto Presiden dan Wakil Presiden 2019 - 2024

 

Wallpaper juga biasanya digunakan untuk menambah keindahan pada dekorasi ruangan, Kamu bisa menggunakan beragam desain atau gambar yang dapat disesuaikan, baik untuk keperluan pribadi ataupun kebutuhan bisnis. Setidaknya terdapat tiga keuntungan dalam mencetak sebuah wallpaper cetak, pertama tentu saja hadirnya sebuah wallpaper pada ruangan akan menambah nilai estetika pada dekorasi ruangan tersebut. Keuntungan kedua yakni biaya perawatan yang relatif lebih terjangkau ketimbang menggunakan wallpaper stiker, apalagi kalau kamu mencetaknya di toko percetakan Jakarta murah. Kelebihan yang ketiga adalah kualitasnya yang dapat bertahan lama.

 

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, saat ini sudah banyak tempat percetakan Jakarta murah yang bisa membuat wallpaper cetak 3D dan custom. Hal ini tentu saja akan memberikan kamu kebebasan berekspresi lebih besar lagi.

 

Nah, setelah mengetahui perbedaan keduanya, kira-kira menurut Kamu lebih awet yang mana nih? Tapi kalau Kamu mau mencetak keduanya, Kamu bisa mencetaknya di PrintQoe.com.