Virtual Traveling, Cara Aman Liburan Saat Pandemi COVID-19

Virtual Traveling, Cara Aman Liburan Saat Pandemi COVID-19


Tya Widianingsih | 15 Jul 2020 | 633
Pandemi COVID-19 yang memaksa untuk tetap #DiRumahAja memang memberikan jaminan rasa aman terhadap kesehatan. Tapi, hidup tanpa refreshing tentunya akan sangat membosankan. Sehingga setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mendapatkan hiburan agar bisa terus semangat beraktifitas. Dalam hal ini, kemajuan teknologi dan informasi seperti internet dan perangkat gadget sangat membantu masyarakat.
 
Siapa yang tidak menggunakan HP atau komputer/laptop untuk menonton Youtube, Netflix, streaming musik seperti Spotify, sampai bermain game? Kamu semua melakukannya bukan? Nah, jika kamu sedang bosan dengan kegiatan tesebut, virtual traveling bisa jadi opsi lain untuk berekreasi tanpa ke luar rumah.
 
Melalui virtual traveling, Kamu bisa pergi ke mana saja, dari museum hingga kebun binatang, tanpa takut terinfeksi virus COVID-19.  Kemudian menyaksikan fenomena alam menakjubkan, menjelajahi puncak gunung, gua-gua yang dalam, dan tempat-tempat wisata yang selalu menjadi impian.
 
Baca Juga: Cara Memanage Stres Saat Karantina Diri #DiRumahAja
 

1. British Museum

Bagi para penggemar film, British Museum ini sangat merupakan salah satu temat  ikonik berkat kemunculannya sebagai lokasi film komedi terkenal, yaitu Night at The Museum 3 yang dibintangi oleh aktor Amerika Serikat Ben Stiller. Koleksi yang bisa kamu temukan di sini menunjukkan lebih dari dua juta tahun sejarah dan budaya manusia. Bagi kamu yang mencintai sejarah dan kebudayaan kuno, bisa mencoba virtual traveling dari The British Museum ini dengan mengklik site britishmuseum.withgoogle.com
 
 

2. Louvre Museum

Louvre adalah museum seni terbesar dengan koleksi sekitar 35.000 benda, dari zaman prasejarah hingga abad ke-19. Museum dengan bentuk bangunan unik bak piramida ini bukan cuma membuka layanan tur virtual aja, tapi juga menyediakan pengalaman Virtual Reality (VR) untuk menikmati lukisan-lukisan terkenal secara dekat, salah satunya lukisan Leonardo da Vinci, Mona Lisa. Kamu bisa langsung mengaksesnya di louvre.fr/en/visites-en-ligne.
 

3. Arts and Culture

Yang ketiga ini bukan nama museum ya. Berbeda dengan kedua situs tempat khusus di atas, Arts and Culture merupakan sebuah platform travelling virtual yang akan mengajak pengaksesnya untuk  mengelilingi berbagai nature park, cagar budaya, hingga bangunan ikonik menakjubkan dari berbagai belahan dunia. Hanya dengan mengklik situs artsandculture.withgoogle.com, Kamu bisa memulai perjalanan dengan memilih salah satu tempat yang anda inginkan dengan mengikuti tanda panah dan ketuk layar satu kali untuk berjalan maju, mundur, atau belok kanan maupun ke kiri.
 
Google Arts & Culture juga memiliki fitur yang dapat mencocokan foto selfie Anda dengan wajah yang ada di karya seni yang tersedia di aplikasi tersebut. Fitur unik ini bernama Art Selfie. Jadi itulah paket lengkap yang diberikan oleh Google Arts & Culture. Tak hanya jalan-jalan, anda pun bisa mengabadikan foto selfie saat tur virtual dengan fitur Art Selfie.
 
Baca Juga: Tampil Modis Saat Harus Keluar Rumah di New Normal? Kenapa Engga!
 

4. Moneterey Bay Aquarium

Sesuai namanya situs ini menyuguhkan aquarium sebagai duplikasi pemandangan bawah air. Jika Kamu mengklik situs montereybayaquarium.org/animals/live-cams, Kamu akan menemukan 10 rekaman pesona fauna yang juga berasal dari daratan. Uniknya dari situs ini, pada hari dan weekend pada jam-jam tertentu terdapat jadwal lice cam atau live event yang mempertontonkan kehidupan berbagai fauna, khususnya yang hidup di air.
 

5. Sandiego Zoo

Sandiego Zoo memiliki website yang cukup menarik jika dibandingkan dengan zoo di tempat-tempat lain. Pada masa karantina Pandemi COVID-19, situs zoo.sandiegozoo.org/live-cams menyuguhkan tontonan gratis bagi para pecinta flora dan fauna dengan rekaman yang berasal dari kamera tersembunyi (kandang hewan).
 
Tidak hanya live cam, Sandiego Zoo juga memiliki berbagai macam program seperti kids, school &  youth program, dan shopping page untuk membeli merchandise hewan dan tumbuhan. Namun, untuk menikmati program  (kids, school & youth) Kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli tiket.
 

6. Georgia Aquarium

Yang menarik dari situs akuarium ini Kamu bisa menonton kehidupan bawah laut secara tidak biasa. Salah satunya adalah program Yoga by The Water. Kamu bisa berlatih yoga dengan mengikuti instruksi pelatih dengan latar belakang akuarium besar berisi ratusan mahkluk hidup di dalamnya. Yoga by The Water sangat cocok untuk Kamu yang ingin berlatih fokus dan mendapatkan ketenangan.
 
Program lainnya adalah pendidikan biota laut (flora dan fauna) yang bisa didapatkan dengan media visual. Pertama, terdapat video edukasi yang menjelaskan berbagai fenomena alam dengan uji coba menggunakan berbagai alat bantu. Kedua, terdapat juga video “storytime” dongeng yang cocok ditonton/didengarkan sebelum tidur yang bisa kamu akses melalui situs ini georgiaaquarium.org/live.cams.
 
Baca Juga: Ngeprint Apapun Bisa #DariManaAja Selama Pandemi dengan PrintQoe