Urus Dokumen Pernikahan Sekarang Bisa Online, Cek Caranya

Urus Dokumen Pernikahan Sekarang Bisa Online, Cek Caranya


Tya Widianingsih | 29 Aug 2021 | 245

Kabar gembira untuk pasangan yang ingin menikah, saat ini pendaftaran pernikahan bisa dilakukan secara online. Pasangan pengantin yang ingin menikah di masa pandemi seperti sekarang ini bisa melakukan pengurusan dokumem dan daftar nikah secara online berdasarkan edaran yang diterbitkan oleh Kementerian  Agama dan Dirjen Binmas Islam. Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi datang ke KUA secara langsung untuk melakukan pencatatan pernikahan. 

Meskipun dilakukan secara online, tetap ada beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh calon pengantin, salah satunya adalah pas foto. Agar lebih praktis, kamu bisa cetak foto online murah di PrintQoe.com tanpa perlu repot keluar rumah. Penasaran bagaimana cara urus dokumen pernikahan secara online? Simak ulasan lengkapnya berikut ini :

 

Syarat Dokumen untuk Daftar Pernikahan Secara Online

Proses pendaftaran dan pengurusan pernikahan secara online hanya bisa dilakukan jika calon pengantin sudah melengkapi persyaratan dokumen yang diperlukan. Berikut ini beberapa dokumen persyaratan yang perlu disiapkan untuk bisa daftar pernikahan secara online :

  • Foto copy KTP calon pengantin dan orangtua
  • Foto copy akta kelahiran
  • Foto copy ijazah terakhir
  • Foto copy kartu keluarga
  • Surat kesehatan layak kawin dari Puskesmas
  • Surat pengantar nikah dari kelurahan
  • Surat pernyataan belum pernah nikah
  • Pas photo 2x3 sebanyak 4 lembar dan 4x6 sebanyak 4 lembar, dengan background warna biru

Untuk mengurangi aktivitas di luar ruangan saat masa pendemi seperti sekarang ini, kamu bisa cetak foto online murah di PrintQoe.com. Disini kamu bisa cetak foto secara online dengan beragam ukuran, pastinya dengan kualitas terbaik namun harga yang terjangkau.

 

Baca Juga: 6 Ide Surprise Anniversary Pernikahan

Cara Daftar Pernikahan Secara Online

Jika dokumen persyaratan yang dibutuhkan telah siap dan telah cetak foto online murah di Printqoe, selanjutnya kamu bisa langsung mulai melakukan pendaftaran pernikahan secara online. Berdasarkan data yang dikutip dari laman Kementerian Agama dan Instagram resmi Ditjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, berikut cara daftar dan urus dokumen pernikahan secara online yang bisa kamu ikuti :

  1. Buka situs https://simkah.kemenag.go.id
  2. Pilih menu “Daftar Nikah”
  3. Pilih lokasi nikah
  4. Masukkan data provinsi/kab/kota/kecamatan
  5. Tanggal dan jam pernikahan
  6. Input data calon suami dan calon istri
  7. Checklist dokumen yang sudah disiapkan, antara lain seperti :
  8. Surat keterangan untuk nikah dari kelurahan
  9. Suran izin orang tua
  10. Surat dispensasi pengadilan agama jika penganting di bawah 19 tahun
  11. Surat akta cerai (pengantin sudah pernah menikah)
  12. Surat ijin komandan (calon pengantin TNI/POLRI)
  13. Surat akta kematian (calon penganting duda/janda ditinggal mati)
  14. Surat ijin kedutaan bagi WNA
  15. Masukkan nomor HP
  16. Unggah foto calon pengantin
  17. Cetak bukti pendaftaran nikah online

Meskipun proses pendaftaran dilakukan secara online, akan tetapi berkah atau dokumen pernikahan tetap harus diserahkan ke KUA tempat menikah secara langsung. Oleh sebab itu, jangan lupa cetak foto online murah di PrintQoe.com yang prosesnya mudah, cepat, berkualitas dan pastinya harga sangat terjangkau.

Setelah pendaftaran dan urus dokumen pernikahan secara online selesai, selanjutnya sistem akan menghubungkan dengan KUA yang dipilih untuk melangsungkan prosesi pernikahan. Perlu kamu ketahui, di masa pandemi ini, layanan akad nikah di KUA memiliki tata cara yang cukup ketat, di antaranya:

  1. Prosesi akan nikah hanya boleh dihadiri oleh maksimal 10 orang 
  2. Calon pengantin dan keluarga harus mematuhi protokol kesehatan
  3. Petugas, wali nikah dan calon pengantin laki-laki menggunakan sarung tangan dan masker saat ijab kabul.

 

Baca Juga: Kreasi Banner untuk Dekorasi Intimate Wedding

 

Itulah informasi menarik sekaligus penting tentang tata cara urus dokumen pernikahan secara online. Di tengah kondisi pandemi virus Corona yang belum juga usai ini, masyarakat memang harus lebih bijak dalam melakukan berbagai aktivitas, termasuk pernikahan. Dengan adanya layanan cetak foto online murah dari PrintQoe.com, mengurus dokumen pernikahan secara online menjadi lebih praktis dan mudah serta lebih aman.