Ukuran Kalender Meja Ideal dan Manfaatnya

Ukuran Kalender Meja Ideal dan Manfaatnya


Tya Widianingsih | 16 Oct 2020 | 48

Penghujung tahun sudah akan tiba tak lama lagi, dan akan digantikan dengan tahun yang baru. Untuk memberikan penyegaran dan meningkatkan produktivitas, tak ada salahnya untuk memperbarui tata letak dan aksesori di meja kerja atau meja belajar milikmu. Salah satu yang wajib diganti tentu saja kalender meja.


Kalender yang diletakkan di meja akan memudahkanmu untuk membuat rencana dalam beberapa hari ke depan, membuat laporan untuk hari yang sudah terlewat, atau menandai tanggal penting. Jika bosan dengan desain yang sudah ada, kamu bisa custom cetak kalender meja sesuai dengan desain atau foto sendiri. Tapi sebelum itu, ketahui dulu ukuran yang biasa digunakan. Penasaran? Simak selengkapnya berikut ini. 

 

Baca Juga: 7 Kesalahan dalam Mencetak Kalender Meja Perusahaan

 

Ukuran Ideal Cetak Kalender Meja

Kalender meja biasanya memiliki 2 jenis, yaitu kalender meja yang tidur atau memanjang ke samping (landscape) dan kalender meja yang berdiri atau memanjang ke atas (portrait). Jika kamu akan melakukan proses cetak kalender meja, jangan sampai salah menyebutkan detail ukurannya ya. Berikut ini adala penjelasan lengkap untuk masing-masing ukuran kalender meja.


Cetak Kalender Meja Landscape 

Ukuran standar yang biasanya digunakan untuk kalender yang modelnya memanjang ke samping ini adalah ukuran 15 x 21 cm (A5). Selain menggunakan ukuran yang standar ini, terdapat ukuran lain yang biasanya tersedia, yakni 17 x 23 cm. Kalender meja dengan desain landscape ini akan memberikan sudut pandang yang lebih luas dan lebar. Sehingga posisinya pun juga bisa lebih stabil jika diletakkan.

 

Cetak Kalender Meja Portrait

Selanjutnya ada pula ukuran yang biasa digunakan pada kalender yang modelnya memanjang ke atas atau portrait. Ukuran standarnya adalah 21 x 15 cm. Selain itu, biasanya juga tersedia ukuran lain yang mungkn bisa kamu jadikan pilihan, yaitu ukuran 24 x 17 cm.  Keunggulan dari model portrait daripada model landscape adalah ukurannya yang lebih ramping. Sehingga jika diletakkan di meja, ia tidak akan mengahabiskan banyak tempat.


Selain ukuran, perhatikan juga pilihan kertas yang digunakan. Kertas yang digunakan ada bermacam-macam, contohnya Ivory 206, art carton 206, laminasi doff, laminasi glossy, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat memilih banyaknya halaman dalam kalender meja. Jika memilih 12 halaman, maka 1 lembar berisi 1 bulan. bisa juga satu halaman diisi dengan 2 bulan atau 3 bulan.


Manfaat Kalender Meja

Tapi sebenarnya apa sih manfaat kalender meja sehingga harus tahu ukurannya?  Simak ulasannya di bawah ini.


1. Pengingat Waktu yang Praktis

Saat sedang asyik beraktivitas di meja kerja atau meja belajar, ada kalanya kamu butuh untuk melihat jadwal. Sehingga meletakkan kalender meja di meja kerja maupun meja belajar, akan terasa lebih praktis dan membuat  work planning pun lebih efisien. Dengan demikian, Kamu akan lebih mudah untuk membuat rencana tertentu maupun menandai tanggal-tanggal khusus.

 

2. Ukuran yang Mudah Dijangkau

Berbeda dengan kalender dinding yang ukurannya relatif lebih besar, dan mungkin sedikit kesulitan atau agak ribet jika ingin melihat kalender di dinding. Kalender meja biasanya didesain dengan ukuran yang lebih kecil dan mudah  dibawa. Kalaupun sedang butuh untuk merencanakan sesuatu, meraih kalender di meja akan sangat mudah jangkauannya. 

 

Baca Juga: Yang Harus Diingat Saat Memesan Kalender Murah

 

3. Sebagai Dekorasi Meja yang Cantik

Tidak diragukan lagi bahwa kalender meja bisa mempercantik tampilan meja kerja atau meja belajarmu. Nah, untuk meningkatkan nilai estetikanya, kamu bisa melakukan cetak kalender meja dengan desain menarik di percetakan terdekat. Khususnya di masa pandemi sekarang yang mana aktivitas belajar dan bekerja terbatas di rumah. Kalender bisa menjadi item andalan untuk memperindah area belajar/bekerja. Tinggal sesuaikan saja tema dan konsep kalender meja 2021 yang diinginkan dan meng-custom-nya sendiri.

 

Nah, itulah ulasan mengenai ukuran kalender meja, baik yang berjenis landscape maupun yang berjenis portrait beserta manfaatnya. Jadi bagaimana? Sudah punya rencana cetak kalender meja untuk menghiasi mejamu? Jika iya, klik di sini ya!