Tren Makanan Sehat Naik, Ini Jenis Kemasan Produk yang Aman

Tren Makanan Sehat Naik, Ini Jenis Kemasan Produk yang Aman


Tya Widianingsih | 09 Nov 2020 | 104
Kesehatan merupakan point utama yang dibutuhkan oleh setiap individu. Salah satu wujud dari pentingnya kesehatan bagi manusia adalah semakin banyaknya ketersediaan makanan sehat di pasaran. Makanan tersebut dapat berupa makanan dengan kandungan karbobidrat, makanan rendah lemak, dan berbagai jenis olahan buah-buahan seperti salad dan jus. 
 
Pada hakikatnya, makanan tersebut akan mengalami proses pengemasan untuk didistribusikan pada konsumen. Terdapat komponen kemasan produk yang berpengaruh terhadap kualitas kesehatan suatu makanan. Maka dari itu, bagi kalian yang masih bimbang mengenai kualitas keamanan dari suatu kemasan, silakan simak penjelasan berikut ini.
 
 

Jenis Kemasan Makanan yang Aman Untuk Kesehatan

Agar tidak salah pilih, ketahui jenis kemasan makanan yang tergolong aman untuk kesehatanmu berikut ini ya,

1. Kemasan Non-Plastik

Tidak sedikit dari produk makanan dan minuman yang menggunakan kemasan plastik baik itu makanan modern maupun tradisional. Hal itu dikarenakan, plastik dinilai praktis dalam penggunannya dan memiliki harga terjangkau.  Akan tetapi, penggunaan plastik sebagai kemasan produk memiliki tingkat risiko yang yang tidak baik bagi kesehatan lho menurut berbagai sumber. Misalnya berakibat fatal bagi penyakit pernapasan, dan gangguan hormon jika terus mengonsumsi makanan dari kemasan berbahan plastik dalam jangka waktu yang lama. Terutama pada pengemasan makanan yang memiliki suhu tinggi. 
 
Plastik memiliki sifat tidak tahan panas sehingga ketika terdapat suhu tinggi benda tersebut akan melepuh. Hal ini dikhawatirkan akan membuat senyawa atau unsur-unsur dari penyusun plastik akan terurai dan bercampur dengan makanan. Maka dari itu, bagi kalian yang memiliki usaha catering, pilih dan cetak box makanan dengan jaminan kesehatan yang tinggi. Hal itu dapat menjadi daya tarik dan daya saing yang besar di mata konsumen.
 
Selain box, carilah alternatif kemasan lainnya. Misalnya saja, jika Kamu berjualan minuman sehat seperti jus, jamu, coklat panas, dll, gunakanlah botol kaca dibandingngkan botol plastik. Bagi para penganut hidup sehat, kemasan yang baik dan memperhatikan aspek ini bisa menjadi nilai plus tersendiri lho!
 

2. Kemasan dengan Sirkulasi Udara

Salah satu kemasan yang aman untuk kesehatan dan kualitas makanan adalah kemasan yang memiliki sirkulasi udara. Sirkulasi ini dapat berupa lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk menyamakan udara di dalam dan di luar kemasan produk sehingga tidak terjadi kerusakan pada produk tersebut seperti basi.
 
Baca Juga : Cetak Kemasan yang Tidak Berbahaya Bagi Konsumen
 

3. Kemasan Kedap Air

Kemasan kedap air merupakan salah satu kemasan yang baik untuk pengemasan produk. Hal ini dikarenakan air dari luar kemasan tidak bisa menembus dan masuk ke dalam kemasan. Sehingga dapat mencegah adanya kontaminasi air atau cairan dari luar yang tidak menyehatkan. 
Berikut merupakan contoh dari kemasan kedap air yang memang telah teruji klinis memiliki tingkatan keamanan sebagai kemasan produk :
 
  • PTE
Polyethylene terephtalate (PTE atau PETE) merupakan salah satu jenis kemasan plastik yang teruji tingkat keamanannya untuk kemasan makanan. Jeinis kemasan ini umumnya di gunakan pada pengemasan minuman.
  • HDPE
High density polyethylene (HDPE) merupakan jenis kemasan yang digunakan untuk pengemasan susu dan yoghurt.
  • LDPE
Low density polyrthylene (LDPE) menjadi salah satu kemasan yang digunakan untuk pengemasan roti dan frozen food.
 

4. Kemasan Berbahan Kertas

Kemasan kertas menjadi teroboson bari bagi pemilik usaha catering atau resto dalam mengemas produk makanannya. Hal ini dikarenakan bahan kemasan kertas dinilai lebih aman dan mudah digunakan. Selain itu, kalian bisa melakukan cetak box makanan dengan bahan dasar kemasan kertas. Berikut merupakan macam-macam kemasan berbahan kertas, diantaranya:
  • Kertas
Kertas merupakan bahan yang terbuat dari serat selulosa terutama adalah kayu. Bahan ini dapat dijadikan sebagai kemasan produk dengan menambahkan lapisan plastik laminat untuk mencegah adanya air yang masuk ke dalam produk makanan.
  • Karton
Karton merupakan jenis kertas yang memiliki tingkat kekakuan yang besar. Sehingga kemasan berbahan dasar karton tidak mudah rusak. Umumnya, pengemasan makanan yang akan didistribusikan dalam jumlah besar atau dalam waktu yang lama dapat menggunakan karton sebagai kemasan produk.
 
Uraian tersebut merupakan penjelasan mengenai berbagai jenis kemasan produk yang aman dan dapat digunakan untuk pengemasan makanan. Semoga bermanfaat, ya!

 

Baca Juga : Pentingnya Kemasan Foodgrade untuk Produk Makanan Sehat