Tips & Trik Menjadi Penulis Pemula

Tips & Trik Menjadi Penulis Pemula


Jovita Jovita | 30 Aug 2018 | 2040

Menjadi seorang penulis bukan hanya berbicara mengenai skill tapi juga passion yang mendorong kita untuk terus tekun melakukannya. Menjadi seorang penulis itu tidaklah mudah, selain membutuhkan skill dan passion, dibutuhkan juga ketekunan dan ketegaran karena banyaknya pesaing di luar sana yang berebut gelar ‘Penulis’, tapi kita tidak usah takut terhadap persaingan diluar sana. Daripada sibuk memikirkan pesaing di luar sana, lebih baik kita memperlengkapi diri kita untuk menjadi seorang penulis.

Berikut tips dasar untuk para penulis pemula:

1. Konsisten Dalam Menulis

Seperti yang sudah dibahas di atas, menjadi penulis itu bukan hanya membutuhkan skill tapi juga passion. Kenapa harus passion? Karena passionlah yang akan mendorong kita untuk tetap tekun melatih skill kita dalam menulis. Menulis bukanlah hal yang mudah, butuh ketekunan dan waktu untuk membuat kita menjadi seorang penulis yang hebat, jika kita tidak memiliki passion dalam menulis maka lambat laun kita akan bosan dan jenuh, bahkan akan berujung dengan meninggalkan kegiatan tersebut. Maka dari itu dibutuhkan passion untuk kita terus konsisten dalam menulis, dengan terus konsisten kita akan menemukan banyak hal baru dan juga kesalahan-kesalahan yang harus kita perbaiki dalam menulis.

2. Punya Ide? Langsung Tulis di Draft

Manusia itu sering kali lupa dengan apa yang dia katakan, pikirkan dan lakukan sebelumnya. Untuk menjadi seorang penulis sangatlah penting menuliskan ide kita yang tiba-tiba muncul di sebuah draft, bisa menggunakan mobile phone ataupun kertas yang tersedia. Jika Kamu tidak langsung menuliskannya dalam sebuah draft, maka tidak lama Kamu akan lupa ide apa yang sebelumnya muncul di pikiran Kamu. So, jangan lupa untuk langsung menuliskan idemu di draft agar menghindari kelupaan.

3. Buat Tulang Ikan

Ketika kita sudah memiliki ide untuk tulisan kita, sekarang saatnya kita kembangkan ide kita dalam bentuk cerita. Hal mudah yang dilakukan dalam mengembangkan ide kita adalah dengan membuat kerangka tulang ikan. Di dalam dunia penulis kerangka tulang ikan merupakan strategi yang selalu dilakukan untuk mengembangkan sebuah ide menjadi cerita. Seperti sebutannya tulang ikan yang hanya terlihat kepala dan ekor saja, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat awal cerita ingin seperti apa, lalu dilanjutkan ke akhir cerita yang akan berujung seperti apa, lalu terakhir buatlah cerita tengah yang menghubungkan awal cerita dengan akhir cerita.

4. Banyak Membaca

Ada pepatah bilang bahwa buku adalah jendela dunia, dan ternyata benar. Dengan banyak membaca buku kita akan melihat banyak hal yang terdapat di dalam dunia ini. Untuk menjadi penulis banyak membaca buku juga sangatlah penting karena kita akan melihat banyak hal yang sebelumnnya kita tidak ketahui menjadi kita ketahui. Tentunya hal-hal itulah yang akan membuat kita memiliki gudang ilmu dan wawasan dalam otak kita yang akan kita gunakan untuk mengembangkan cerita dan tulisan kita. So, jangan pernah menolak membaca buku jika ingin menjadi seorang penulis profesional.

5. Cetak Bukumu di Tempat Berkualitas

Mencetak suatu buku bukanlah hal yang sulit dilakukan, tapi kualitas kertas atas buku kita merupakan suatu hal yang penting juga. Selain enak dipandang tentunya kualitas kertas juga membuat pembaca merasa nyaman saat membaca tulisan kita. PrintQoe.com merupakan printing online Jakarta yang merupakan salah satu usaha dari PT. Astragraphia Xprins Indonesia memiliki solusi print on demand, yang bisa memudahkan kita melakukan cetak dokumen dengan cepat, mudah, aman dan dengan harga terjangkau dan memiliki kertas yang berkualitas. Kamu bukan hanya mendapatkan kertas yang berkualitas, tapi juga Kamu dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya Kamu. Dengan PrintQoe.com Kamu cukup menggunakan smartphone atau gadget lain Kamu untuk dapat mencetak buku Kamu. 

Gimana masih pusing dan khawatir dengan pesaing di luar sana? Lakukan hal di atas dulu, upgrade diri kita dan ciptakan tulisan yang dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang. Selamat menulis