Tips Sukses Mengadakan Pameran Foto Virtual

Tips Sukses Mengadakan Pameran Foto Virtual


Tya Widianingsih | 18 Dec 2020 | 633

Covid-19 membawa perubahan besar terhadap gaya hidup semua orang. Bila sebelumnya hanya sebagian orang yang menggantungkan hidup pada aktivitas virtual, maka kini hampir semua melakukannya. 

 

Aktivitas yang ditawarkan program komputer, tablet dan smartphone sangat bervariasi. Bahkan kamu bisa menggelar pameran foto virtual yang unik dan refreshing. 

 

5 Kiat Sukses Menggelar Pameran Foto Virtual

Menggagas pameran foto virtual berbeda 180 derajat dengan pameran offline. Perbedaan paling mencolok terletak pada pengunjung. Bila pameran virtual yang kamu buat tampak kurang menarik dan berkesan, jumlah pengunjung hanya sedikit.  Mau tau bagaimana cara meningkatkan pengunjung pameran foto virtualmu? Simak beberapa kiat mudah berikut ini:

 

1. Berkenalan dengan Audience

Sama seperti karya tulis, portret atau foto juga memiliki genre yang beranekaragam. Kamu mungkin senang diundang menghadiri pameran foto bertajuk politik atau musik tapi bukan berarti orang lain menyukainya bukan? Perencanaan merupakan kunci sukses menggelar pameran foto virtual. Selain merencanakan tanggal hingga jam pameran, kamu wajib merencanakan audience. Siapa saja yang harus diundang dan bisa diundang pada pameranmu?

 

2. Konten Acara Menarik dan Unik

Setelah menyeleksi audience, selanjutnya kamu buatlah konten acara. Karena acaranya diselenggarakan secara virtual, pilih konten yang menyegarkan dan unik. Konsep yang berbeda dari pameran seni atau foto yang pernah diselenggarakan sebelumnya. Tidak perlu ragu untuk minta pendapat dari banyak orang terutama para expert yang telah berhasil menyelenggarakan pameran virtual. Saat membuat konsep pameran, pastikan konsepnya menyatu dengan karya foto yang kamu miliki.

 

3. Buat Brosur atau Pamflet Promosi Menarik

Apa sih media promosi yang paling tepat untuk keberhasilan pameran foto virtual? Selain posting konten promosi di beranda sosial mediamu, mintalah jasa digital printing untuk membuat pamphlet atau brosur promosi menarik. Belakangan ini banyak jasa digital printing yang menawarkan layanan pembuatan brosur atau pamphlet elektronik. Kamu bisa membuat desain brosurnya sendiri atau meminta bantuan dari desain grafis terpercaya.  

Gunakan brosur atau pamphlet elektronik ini sebagai alat marketing. Kamu bisa mendistribusikan informasi ini melalui berbagai channel digital seperti Instagram, Facebook, dan lainnya. Atau men-share melalui aplikasi chatting kepada rekan kerja,, teman, sahabat, keluarga, komunitas, dan masih banyak lagi.


4. Pilih Aplikasi yang Tepat

Pandemi covid-19 memberikan banyak penderitaan bagi semua orang tapi di sisi lain juga memacu kreativitas kita. Dewasa ini, banyak yang berhasil menciptakan aplikasi baru yang unik dan menarik termasuk aplikasi pameran virtual. Jika kamu merasa aplikasi sosial media cukup mainstream untuk pameranmu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi khusus pameran virtual. Beda dari sosial media, aplikasi ini diciptakan 100% untuk penyelenggaran expo digital.

 

Tidak hanya menampilkan tekonologi modern, fitur-fitur yang ditawarkan pun sangat unik, user friendly dan canggih. Mampu meningkatkan keunikan pameranmu meski konsep yang kamu buat sangat sederhana. 

 

5. Kerja Sama dengan Berbagai Seniman

Ada satu cara ekstra yang bisa kamu lakukan agar pameran foto virtualmu sukses dan dikunjungi banyak audience. Silahkan kamu bekerja sama dengan beberapa seniman terpopuler mulai dari fotografer yang ikut menampilkan karyanya hingga musisi.  Menambahkan musisi dalam konten acara efektif untuk menyemarakan pameran foto virtualmu. Acaranya juga tidak terkesan boring karena hanya diisi dengan pameran saja, ada hiburan yang bisa audience nikmati secara gratis. 

 

Meski menggandeng artist populer, berikan kesan yang baik terhadap audience dengan menampilkan karya foto fantastis. Kamu juga sudah harus menyiapkan harga untuk setiap foto yang kamu pamerkan. Sehingga audience yang tertarik membeli fotomu bisa langsung mengetahui harga jualnya.

 

Itulah beberapa kiat yang bisa kamu ikuti sebelum membuat pameran foto virtual. Bila kamu membutuhkan jasa digital printing untuk proses pembuatan brosur atau pamphlet. Silakan hubungi PrintQoe.com, kami akan membantumu menciptakan alat marketing yang extra ordinary.