Tips Menghilangkan Kejenuhan Saat Bekerja

Tips Menghilangkan Kejenuhan Saat Bekerja


Melisa | 21 Sep 2018 | 1669

Sudah berapa lama Anda bekerja ? Selama bekerja, tentunya Anda pernah mengalami kejenuhan. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kejenuhan saat bekerja seperti load kerja yang banyak, gaji kecil, banyak tekanan dari atasan, suasana kerja yang tidak menyenangkan serta hal lainnya. Terlebih lagi jika bekerja tidak sesuai dengan passion Anda, tentunya akan menjadi sangat membosankan. Hal ini jelas sangat mempengaruhi kinerja dan produktivitas Anda. Untuk mengatasi kejenuhan saat bekerja, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan seperti dilansir The Balance berikut ini.

1. Bekerja sesuai passion

Bekerja sesuai dengan passion akan menciptakan suasana yang menyenangkan dalam bekerja. Ketika bekerja sesuai dengan passion yang Anda miliki, pekerjaan akan terasa mudah dan cepat terselesaikan. Karena Anda bekerja dengan senang hati tanpa ada paksaan dan tekanan dari atasan Anda. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan hobi atau passion Anda. Jika Anda tidak menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cara yang menyenangkan seperti mendengarkan musik favorit.

2. Jangan Jadikan Pekerjaan Sebagai Beban

Load kerja yang banyak membuat seseorang merasa jenuh dalam bekerja. Kejenuhan ini akan menjadi beban yang dialami oleh karyawan sehingga berdampak kepada produktifitas dan semangat kerja. Oleh karena itu, jangan anggap pekerjaan sebagai beban. Selesaikan semua pekerjaan dengan senang hati, sehingga tidak ada beban. Buatlah jadwal pekerjaan agar semua menjadi terstruktur sehingga Anda tidak merasa terbebani dengan load kerja dan dateline yang menumpuk.

3. Berpikir positif

Selalu berpikir positif dapat meningkatkan semangat Anda dalam bekerja sehingga dapat menghilangkan kejenuhan dalam bekerja. Terkadang, berpikir positif memang sulit dilakukan terlebih jika Anda sedang mengalami masalah dalam pekerjaan. Namun, Anda harus selalu berpikir positif agar menemukan jalan keluar dari permasalahan pekerjaan yang Anda hadapi. Hindarilah hal-hal negatif seperti gosip, berburuk sangka kepada rekan kerja dan atasan, sikut-sikutan sesama rekan kerja dan hal lain yang dapat menimbulkan kejenuhan serta menurunkan semangat Anda dalam bekerja.

4. Jalin keakraban dengan rekan kerja

Sebagai tim, sudah seharusnya Anda harus membina hubungan yang baik antar sesama rekan kerja. Namun jangan anggap mereka sebagai rekan kerja saja, jadikan mereka sebagai teman bahkan sahabat. Jalin keakraban dengan mereka seperti mengajak olahraga, hangout, liburan bersama dan kegiatan lainnya. Jika Anda sudah memiliki kedekatan dengan rekan kerja, maka secara otomatis meningkatkan semangat dan menghilangkan kejenuhan dalam bekerja.

5. Pergi Liburan

Setelah sibuk bekerja selama 1 pekan, ada baiknya Anda mengambil cuti atau menggunakan hari libur untuk pergi bersama teman ataupun keluarga. Anda bisa mengajak rekan kerja atau keluarga Anda pergi liburan ke suatu tempat yang menyenangkan untuk menyegarkan pikiran Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengajukan program outing di kantor Anda kepada atasan. Tentukan tempat rekreasi yang menyenangkan seperti pantai, gunung, air terjun, atau tempat liburan lainnya. Hal ini sangat membantu untuk mengusir kejenuhan dan stres dalam bekerja.

 

Untuk mempersiapkan hari liburan anda, tetapi masih memikirkan pekerjaaan di kantor, PrintQoe solusinya. Kamu dapat mengunjungi Website PrintQoe.com, untuk mempermudah kegiatan mempersiapkan dokumen untuk membagikan kepada audiens. PrintoQoe merupakan percetakan online Jakarta yang mempermudah Kamu dalam melakukan pencetakan. Dengan cetak online, Printqoe.com dapat membantu Kamu saat membutuhkan dokumen yang perlu segera di cetak kapanpun dan dimanapun, sehingga Kamu tidak  merasakan kejenuhan pada saat bekerja. Itulah tips yang dapat Anda coba dalam mengatasi kejenuhan saat bekerja. Selamat mencoba.