Tips Menghilangkan Kecemasan Kerja di Kantor Saat New Normal

Tips Menghilangkan Kecemasan Kerja di Kantor Saat New Normal


Tya Widianingsih | 10 Jun 2020 | 177
Setalah lebih dari 3 bulan bekerja di rumah (WFH), kini aktifitas perkantoran dibuka kembali. Pelonggaran PSBB telah membuat pekerja mulai mengurangi kegiatan WFH. Hal ini dilakukan karena pembatasan aktifitas akibat pandemi COVID-19 tidak mungkin diberlakukan selamanya. Kehidupan yang bergantung pada roda ekonomi harus terus berputar.
 
Oleh karena itu, pemerintah mulai menyusun panduan untuk menata kehidupan di kenormalan baru ini. Pada tanggal 23 Mei 2020, Kemenkes telah menerbitkan Keputusan Menkes Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan pengendalian COVID-19 untuk area perkantoran dan industri.
 
Akan tetapi, kebiasan WFH di masa pandemi telah menjadi kebiasaan baru bagi para karyawan. Jika kembali lagi ke kantor dengan sistem split tim, akankah kembali efektif? Melihat cukup banyak protokol pembatasan yang harus dipatuhi oleh semua orang.
 
Di masa seperti sekarang, cara untuk mempertahankan performa agar tetap bekerja secara produktif supaya WFO mu menjadi efektif adalah dengan menghilangkan kecemasan.
 

Agar WFO lebih produktif dan efektif, lakukan cara ini:

 

1. Kegiatan Positif

Untuk mengatasi kecemasan di kantor, Kamu bisa menambahkan kegiatan positif dalam rutinitas harian. Misalnya, membersihkan alat makan dan minum sendiri. Jika sebelumnya membersihkan peralatan makan dan minum diserahkan kepada office boy, sekarang Kamu bisa melakukannya sendiri.
 
Selain menghilangkan pikiran negatif, dengan mencuci peralatan makan sendiri juga bisa memberikan rasa aman dan tenang karena barang2 pribadi yang telah maupun akan digunakan tidak tersentuh oleh orang lain.
 
Selain itu, bisa juga mengarahkan energi kecemasan itu untuk belajar.  Di masa pandemi, kini semua harus bekerja lebih ekstra. Bisa saja karyawan dengan job desk tertentu perlu mengerjakan bagian lain. Nah, banyak2lah belajar baik dengan rekan kerja maupun secara mandiri.
 
Dengan begitu, alih-alih merasa cemas Kamu justru bisa mendapatkan rasa tenang dan membuat WFO semakin produktif dan efektif.
 

2. Berkegiatan Secara Online

Siapa yang menyangka bahwa kecanggihan teknologi bisa menjadi penyelamatsaat dunia kita krisis akibat pandemi?
 
Himbauan untuk menjaga jarak kini bisa kita maksimakan dengan adanya berbagai platform digital yang bisa mendukung berbagai aktifitas. Mulai dari berbelanja, memesan makanan, mengirim barang, dll.
 
Mengalihkan aktifitas dari offline ke online tidak hanya bertujuan untuk menghindari kerumunan/ruang publik. Tetapi, bisa juga menjadi solusi atas masalah yang ada di perkantoran. Misalnya, kebutuhan cetak dokumen yang terhambat karena berbagai masalah akibat pandemi. Pertama, perkantoran yang diliburkan selama berbulan-bulan biasanya membuat tinta printer menjadi kering. Kedua, stok toner yang habis sedangkan pengiriman belanjaan yang tidak bisa sampai dengan cepat akibat pembatasan. Ketiga, kurangnya SDM maintenance mesin akibat diberlakukannya split tim.
 
Masalah-masalah di atas, bisa memicu kecemasan dan membuat karyawan yang kembali kerja di kantor menjadi kurang produktif dan efektif. Untuk mengatasinya, Kamu bisa memanfaatkan platform cetak online. Dimanapun Kamu bekerja, baik di kantor, di rumah, di Coworking Space, bisa memesan cetakan dan tinggal tunggu saja karena hasil cetakan akan dikirimkan. 
 
Jika Kamu sedang dalam perjalananpun bisa lho memanfaatkan platform cetak online ini. Jadi, saat Kamu sampai ke lokasi, pesanan cetakanmu sudah sampai sehingga waktumu lebih efisien dan bisa fokus mengurus pekerjaan yang lebih penting.
 
Dengan menerapkan kedua tips di atas, dijamin kecemasanmu di tempat kerja bisa berkurang. Dengan demikian, Kamu dapat membuat keputusan lebih baik yang tidak berdasarkan atas rasa panik atau cemas. Yuk berkegiatan positif dan menggunakan jasa cetak online! Dimanapun kamu berada, PrintQoe.com solusinya. Kamu kerja aja, biar kami yang cetak dan antar.