Tips Mencetak Katalog Produk

Tips Mencetak Katalog Produk


Andi Ichlas | 25 May 2018 | 2353

Membuat katalog produk menjadi cara yang efektif untuk memperluas jaringan pelanggan serta menunjukkan semua produk menakjubkan yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan Kamu. Sebuah katalog memiliki potensi untuk menjangkau pelanggan yang tidak akan pernah menginjakkan kaki di toko Kamu. Selama Kamu mengetahui apa yang harus disertakan dalam katalog produk Kamu dan mengemasnya dalam wujud yang menarik dan terorganisir, Kamu bisa mengubah katalog dari sebuah ide menjadi sebuah alat iklan yang nyata dalam waktu yang singkat.

Berikut lima tips dalam membuat dan mencetak katalog produk yang baik:

 

1. Pilih Perusahaan Percetakan

Menemukan perusahaan percetakan yang andal menjadi langkah pertama dan paling penting dalam pencetakan katalog. Penting untuk menemukan perusahaan yang memiliki reputasi baik untuk memberikan kualitas layanan yang cepat dan hasil cetakan yang berkualitas. Salah satu solusi print on demand yang bisa Kamu andalkan karena menyandang reputasi bagus adalah PrintQoe.com. Percetakan online ini bisa memudahkan kita melakukan pemesanan berbagai kebutuhan cetakan dengan cepat, mudah, aman dan efisien. Katalog produk yang bakal menarik minat konsumen pun bukan sekedar impian.

2. Kenali Printer Kamu

Sebelum Kamu mengunjungi perusahaan percetakan, pastikan untuk mengetahui berapa banyak katalog dan jumlah halaman yang Kamu butuhkan. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum mengunjungi perusahaan percetakan termasuk halaman warna, jenis kertas dan, tentu saja, konten. Selalu periksa kembali informasi di katalog Kamu sebelum mengirimnya untuk dicetak. Pastikan semua konten akurat dan informasi itu tersedia.

3. Cover Katalog

Pepatah, "Jangan menilai buku dari sampulnya," sama sekali tidak berlaku dalam kasus iklan katalog. Calon pelanggan akan segera membentuk kesan bisnis Kamu dan konten katalog berdasarkan sampulnya. Keseluruhan desain dan kualitas sampul katalog Kamu adalah strategi iklan utama yang akan menarik pelanggan potensial, membujuk mereka untuk mengambil katalog Kamu dan menjelajahinya. Jenis kertas yang digunakan untuk sampul katalog harus lebih tebal dari yang digunakan di halaman kontennya. Selain itu, warna yang lebih cerah biasanya digunakan pada sampul katalog untuk menarik perhatian calon pelanggan. Kamu bahkan mungkin ingin mempertimbangkan menggunakan cover dengan bahan kertas yang mengilap untuk menarik lebih banyak perhatian.

4. Isi Katalog

Halaman-halaman interior katalog biasanya dicetak pada kertas yang lebih ringan dari apa yang digunakan untuk sampulnya. Namun, berat kertas harus ditentukan oleh jumlah halaman. Misalnya, jika perusahaan Kamu menjual terutama jenis produk industri, Kamu mungkin bisa bertahan dengan kertas yang lebih ringan. Jika Kamu mengiklankan produk-produk high-end, seperti perhiasan, mode, atau dekorasi rumah, Kamu mungkin ingin mempertimbangkan persediaan kertas yang lebih tebal dengan kualitas serupa dengan yang digunakan untuk sampul. Dengan teknologi pencetakan saat ini, biaya pencetakan empat warna hampir sama dengan 2-3 warna. Namun, untuk produk kelas atas, Kamu dapat mempertimbangkan skema warna yang lebih luas yang akan menarik khalayak luas.

5. Lengkapi Informasi

Untuk mencegah keterlambatan dalam pencetakan katalog Kamu, pastikan bahwa Kamu memiliki semua rincian jelas tentang pesanan Kamu. Hal ini akan mempercepat penyelesaian dan pengiriman katalog.