Tips Memilih Font untuk Hasil Cetak Kartu Nama yang Minimalis-Elegan

Tips Memilih Font untuk Hasil Cetak Kartu Nama yang Minimalis-Elegan


Tya Widianingsih | 19 Dec 2019 | 557

Cetak kartu nama masih menjadi kebutuhan penting bagi kebanyakan orang terutama untuk karyawan perusahaan yang kerap bertemu dengan klien atau partner bisnis. Mereka akan selalu membutuhkan cetak kartu nama baru secara berkala.

 

Sebelum cetak kartu nama, sebaiknya Kamu buat kartu nama semenarik mungkin. Misalnya, memilih jenis font yang paling menarik, agar kartu nama terlihat lebih indah. Dijelaskan dalam tulisan sebelumnya, bahwa desain kartu nama yang menarik bisa menjadi first impression yang baik dan memberikan benefit tersendiri bagi karyawan. Untuk mengetahui mnfaat lainnya, baca artikel dalam link di bawah ini.

 

Baca Juga: Cetak Kartu Nama di Era Digital Masih Perlukah?

 

Beragam font yang beredar di internet seperti dalam dafont dapat jadi pilihan kamu dalam membuat kartu nama agar lebih menarik. Namun perlu dicatat, Kamu harus bisa menyesuaikan font dengan warna dan gambar. Selain itu, penempatan, bentuk dan ukuran font juga harus dicocokkan dengan tema kartu nama yang kamu buat.

 

Berikut ini style font yang bisa diaplikasikan untuk berbagai desain dan warna kartu nama namun tetap terlihat minimalis-elegan.

 

1. Serif Family

  • Sans Serif

Selama ini, jenis font Sans Serif paling banyak digunakan dalam pembuatan kartu nama. Selain jenisnya yang cukup banyak, font serif juga dapat menyatu dengan gambar desain apa pun. Font ini memiliki tepi yang sedikit tajam dan berstruktur geometris sehingga lebih fungsional dan mudah dibaca. Sans Serif cocok digunakan untuk kartu nama acara formal maupun non formal.

  • Serif

Selanjutnya ada font Serif yang merupakan perpaduan antara Serif dan Sans Serif. Serif mengusung konsep minimalis dalam gaya reguler, tipis dan tebal.

Font ini memiliki garis proyeksi di ujung huruf. Dibandingkan Sans Serif, font ini lebih ringan dan elegan dengan desain yang halus. Biasanya font ini digunakan untuk kartu nama dengan konsep yang lebih formal.

  • Slab Serif

Masih dari keluarga Serif, jenis font menarik lainnya adalah Slab Serif. Slab Serif memiliki karakteristik yang simpel, jelas dan besar.

Dibandingkan keluarga Serif lainnya, Slab Serif jauh terlihat lebih sederhana. Karena terkesan sederhana, font ini cocok digunakan untuk perusahaan-perusahaan resmi seperti instansi pemerintahan atau perbankan.

 

2. Handwritten

Berikutnya kamu bisa memilih font Handwriten. Sesuai namanya, Handwriten terlihat seperti tulisan tangan. Lebih tepatnya tulisan latin bergaya klasik.

Font ini juga memberikan kesan seolah-olah menggunakan kuas atau spidol. Bentuknya pun cukup beragam. Misalnya tebal, tipis, tegak, miring dan lainnya. 

Dengan karakter tersebut, font Handwriten memberikan kesan santai pada kartu nama yang dibuat. Dengan begitu, font ini cocok digunakan untuk kartu nama perusahaan yang bekerja lebih fleksibel seperti start up atau agency.

 

Baca Juga: 5 Peran ID Card untuk Pengembangan Bisnis

 

3. Color Font

Kaya akan warna lebih cocok disandang jenis font Color Font ini. Color Font memiliki karakter yang tebal dengan perpaduan warna yang bervariasi.

Jenis font ini juga memang jarang digunakan perusahaan. Jenis font ini memang terkesan berani karena memang harus disesuaikan dengan desain dan karakter. Oleh karena itu, font ini biasanya digunakan oleh para desainer grafis atau pekerja kreatif yang bisa membuat font yang berwarna menjadi eye catching.

 

4. Brannboll Fet

Brannboll Fet memiliki banyak bentuk ligatur yang menawarkan desain font dan lebih tebal. Kurva dan detail setiap karakter sangat cocok untuk elemen desain apa pun. Dengan begitu, Branboll Feet cocok digunakan untuk kartu nama. Saat dicetak, kartu nama dengan font ini akan terlihat lebih estetik.

 

5. Brooklyn

Terakhir, ada font Brooklyn yang sangat simpel, sederhana, terlihat bersih dan teratur. Font ini memiliki karakteristik huruf kapital yang tidak terlalu tinggi dan terdapat jarak pada setiap hurufnya. Kebanyakan orang menggunakan font ini untuk mendapatkan hasil cetak kartu nama yang terlihat sederhana namun penuh makna alias. singkatnya, font ini jika disesuaikan dengan desain yang pas, akan membuat first impression yang cukup berkesan bagi yang melihat.

 

Baca Juga: Cetak E-Money dengan Desain Keren di Percetakan Online Terpercaya

 

Dari kelima font tersebut, mana yang menurutmu lebih menarik untuk kartu nama? Di era digital saat ini Cetak kartu nama tidaklah sulit kok. Kamu bisa menggunakan layanan cetak online berbasis website maupun aplikasi untuk Cetak kartu nama. 

Dengan begitu, Kamu tidak perlu repot-repot mengunjungi tempat percetakan Jakarta atau percetakan 24 jam. Cukup melalui gadget, Kamu bisa mencetak kartu nama dengan mudah. Apalagi layanan percetakan online berbasis website dan aplikasi mobile ini kian menjamur baik untuk konsumer maupun enterprise (B2B). Khusus untuk B2B, Kamu bisa melakukan cetak kartu nama di PrintQoe.com.

 

Sumber : Berbagai Sumber