Tips Membuat Kop Surat Perusahaan yang Efektif

Tips Membuat Kop Surat Perusahaan yang Efektif


Tya | 11 Sep 2019 | 2759

PRINTQOE.COM - Komunikasi adalah salah satu kebutuhan penting dalam perusahaan dan surat sebagai salah satu media komunikasi yang efektif untuk membangun persepsi yang baik di perusahaan. Dengan adanya surat maka sebuah pemberitahuan atau undangan akan lebih bersifat resmi jika dibandingkan dengan pemberitahuan melalui media lainnya, seperti pemberitahuan melalui aplikasi chatting.

Oleh karena itu dalam pembuatan surat resmi ini sebaiknya dilengkapi dengan salah satu unsur yang sangat penting, yaitu kop surat perusahaan. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu mengetahui cara pembuatan desain Kop Surat Perusahaan yang efektif yang sesuai dengan kebutuhan cetakmu di print terdekat 24 jam.

Bagi Kamu yang saat ini bekerja dalam sebuah instansi atau perusahaan tentu akan sering berhubungan dengan klien atau pihak terkait. Setiap detail dari pembuatan surat akan menjadi penilaian tersendiri bagi klien sehingga akan sangat berpengaruh bagi kerjasama kedepannya. Maka Kamu harus detail dalam menyusun surat bisnis, mulai dari kop surat perusahaan, nomor surat, orang yang dituju, dan isi dari surat itu sendiri.

 

Baca Juga: Keuntungan Cerak Digital Online yang Wajib Kamu Ketahui

 

Dalam membuat surat yang baik Kamu juga harus memperhatikan betul pembuatan desain kop surat perusahaan. Untuk membantumu untuk membuat desain kop surat perusahaan yang efektif dan tepat sesuai kebutuhan cetak perusahaan maka berikut lima tipsnya:

 

1. Beri Logo Pada Kop Surat Kamu

Logo, merupakan suatu gambar atau sketsa yang dengan mudah dapat menjelaskan merek perusahaan atau bisnis. Bubuhi logo di bagian kop surat perusahaan juga memberikan nilai estetika dari surat yang Kamu susun. Namun, jika kamu belum mempunyai logo, Kamu bisa jelajahi konsep sederhana dengan menggunakan huruf inisial atau tanda tangan Kamu sendiri, untuk membuat logo yang secara mengesankan mengungkapkan siapa Kamu dalam satu grafik. Pemilihan desain logo juga sangat penting untuk mengkomunikasikan keaslian dan soliditas bisnis.

 

2. Jangan Ragu dengan Warna

Warna adalah cara yang paling efektif untuk memanipulasi dampak psikologis kop surat perusahaan. Saat calon penerima membuka surat Kamu, seberkas warna benar-benar dapat mengatur pola bagaimana mereka melihat surat Kamu. Warna terang utama seperti kuning, biru dan merah adalah penata mood instan dan terasa asertif dan positif. Warna akan melambangkan identitas dan karakter perusahaan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan cetak perusahaan akan warna yang bagus harus dipilih juga tempat percetakan yang sesuai. Di tempat print terdekat 24 jam seperti PrintQoe.com Kamu bisa melihat beberapa contoh tempelate kop surat yang hits untuk dijadikan referensi.

 

Baca Juga: Cetak Kemasan Berkualitas Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Penjualan

 

3. Memaksimalkan Informasi di Bawah/Samping Logo

Selanjutnya, tugas Kamu adalah memaksimalkan informasi yang bisa dimasukkan di bawah atau samping logo. Untuk kop surat perusahaan, Kamu bisa menulis alamat perusahaan, nomor telepon, email, dan website. Jika bisnis milik Kamu adalah perorangan, Kamu bisa menuliskan nama di dalam kop surat tersebut. Memaksimalkan informasi di bawah/samping logo ini akan memudahkan pelanggan atau calon pelanggan untuk menghubungi Kamu kembali.

 

4. Gunakan Desain Kop Surat yang Serupa dengan Material Marketingmu

Selanjutnya adalah jangan lupa untuk menyetarakan desain kop surat dengan material marketing Kamu. Misalnya, Kamu sudah mempunyai website, desain kartu nama atau brosur, sebaiknya sesuaikan desain dan warna dengan desain kop surat yang Kamu buat. Dengan begini, Kamu bisa menciptakan brand image yang konsisten untuk perusahaan.

 

5. Gunakan Jasa Cetak yang Bagus

Kop surat perusahaan adalah salah satu identitas bisnis yang penting karena diperlukan pada saat mengirimkan surat ke perusahaan lain maupun para pelanggan atau klien. Kop surat tentu saja harus didesain menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan cetak yang baik sehingga pelanggan dapat melihat kualitasnya yang tinggi. PrintQoe.com merupakan jasa print digital terdekat 24 jam yang menawarkan jasa cetak kop surat murah dan mudah. Mencetak di PrintQoe.com, Kamu tidak perlu antri sehingga menghemat waktu karena pemesanan dilakukan secara online.

 

Baca Juga: Hindari Kebocoran Perusahaan Saat Mencetak dengan Teknologi Secure Printing

 

Itulah penjelasan mengenai 5 tips desain kop surat perusahaan yang efektif. Berdasarkan penjelasan diatas kini Kamu bisa belajar membuat desain kop surat yang sesuai dengan ketentuan dan sesuai dengan kebutuhan cetak perusahaan sehingga mampu meningkatkan branding serta kredibilitas instansi atau perusahaan Kamu di mata klien maupun pihak lain yang terkait. Bagi Kamu yang masih belum memahami cara pembuatan desain kop surat maka bisa menghubungi PrintQoe.com sekarang juga. Sekarang Kmau tidak perlu kesulitan mencari print terdekat 24 Jakarta kapanpun dan dimanapun.