Tips Hias Kampung Ramadhan 2021

Tips Hias Kampung Ramadhan 2021


Tya Widianingsih | 07 Apr 2021 | 856

Bulan Ramadhan yang hanya datang satu tahun sekali ini merupakan bulan yang sangat istimewa dan menjadi momen yang dirindukan oleh umat muslim di dunia. Pasalnya, bulan Ramdhan menyimpan banyak sekali memori, nostalgia, ataupun kegiatan yang menyenangkan dan penuh berkah.

 

Salah satu tradisi bulan Ramadhan di beberapa daerah yaitu adanya hias kampung Ramadhan. Dimana kampung-kampung dihias dengan indah menggunakan aneka macam pernak-pernik, seperti lampu hias warna-warni, banner Idul Fitri, dan masih banyak lagi. Sayangnya sejak ramadhan tahun lalu kemeriahan ini tidak bisa dilakukan karena adanya pandemi yang mengharuskan pembatasan sosial.

 

Tahun ini pun masih sama, kita dianjurkan untuk tidak membuat kegiatan yang berkerumun seperti buka bersama, ibadah di masjid, dan dilarang mudik. Tapi, tentu kita tidak mau suasana ramadhan tidak terasa bukan? Menghias kampung dengan suasana dan kehangatan bulan suci ini bisa menjadi opsi. Jadi meskipun kita tidak bisa melakukan kegiatan bersama, setiap memasuki kampung ramadhan tetap terasa.

 

Namun, untuk melakukannya kamu tentu harus tetap memperhatikan anjuran-anjuran yang ada dalam protokall kesehatan, seperti :

  • Tidak berkerumun di satu tempat : tentukan panitia hias kampung ramadhan dari awal, beri tugas kepada masing-masing dan harus mengerjakan di tempat terpisah seperti di rumah sendiri.
  • Memberikan set perlindungan : saat persiapan selesai, akan ada moment panitia berkumpul untuk menyatukan pekerjaan, seperti mendirikan gapura, dll. Berikan masker, faceshield, hand sanitizer, disinfektan, dan tempat cuci tangan.
  • Memastikan saat pengerjaan warga tidak ikut berkerumun

Jika kamu sudah melakukan standar di atas, selanjutnya adalah mempersiapkan hal yang paling krusial dalam menghias kampung ramadhan. Berikut tipsnya :

 

Hias Kampung Ramadhan 2021

Hias kampung merupakan salah satu tradisi tahunan yang dilakukan untuk menyemarakkan datangnya bulan suci Ramadhan. Tak jarang juga hias kampung ini dijadikan sebagai lomba antara satu kampung dengan kampung lainnya. Nah, jika kamu berniat untuk mengadakan kegiatan ini, berikut beberapa cara hias kampung Ramadhan 2021 :

 

1. Buat Konsep

Agar hias kampung dapat terlihat kreatif dan menarik, banyak hal yang bisa dilakukan, yang pertama yaitu membuat konsep. Kamu bisa membuat konsep yang menarik dan unik, misalnya dengan mengusung tema Colorful Ramadhan yang menampilkan hiasan warna-warni keceriaan.

Dari konsep tersebut, kemdudian pilih turunannya. Seperti item apa saja yang diinginkan, apakah menggunakan gapura, lampu-lampu, spanduk, dll. Item yang dipilih akan menggunakan bahan apa, dari kayu, bambu, dll. Lalu, tentukan juga desainnya setiap item tersebut. Misalnya, jika akan mencetak spanduk, pastikan menggunakan desain yang unik dan menarik sesuai tren desain saat ini. Supaya kampung ramadhanmu terlihat lebih keren.

 

2. Siapkan Banner

Sebelumnya sudah dibahas mengenai banner/spanduk sebagai salah satu item yang bisa dipilih untuk menjadi bagian dari hiasan. Tapi, fungsi banner tidak hanya itu saja. Pemasangan banner Ramadhan ataupun banner Idul Fitri ini berguna sebagai media ‎komunikasi non personal, informasi ataupun promosi, dan juga bisa menunjukkan ciri khas ‎suatu kampung dalam menyambut bulan Ramadhan.

Kamu bisa memasangnya di atau di serambi masjid, setiap sudut jalan, lapangan, dan tempat yang kira-kira sering digunakan untuk berkerumun. Banner tersebut berisi anjuran protokal kesehatan yang harus diikuti semua lapisan masyarakat.

Pembuatan banner sendiri tergolong cukup cepat, apalagi sekarang ini sudah banyak jasa cetak ‎banner murah yang bisa kamu temukan. Meski begitu, kamu harus tetap selektif dalam memilih percetakan yang tepat. Alih-alih mendapatkan hasil memuaskan dengan harga murah, kamu ‎justru bisa mendapatkan hasil yang kurang memuaskan dengan harga yang mahal.‎

 


Itulah tips menghias kampung Ramadhan 2021, dan untuk keperluan banner Idul Fitri, kamu bisa mempercayakannya di PrintQoe.com. PrintQoe merupakan platform atau jasa percetakan yang melayani kebutuhan cetak dokumen, serta menghubungkan semua printer di seluruh Indonesia secara online, sehingga kamu bisa mencetak dokumen dimanapun dengan mudah pada jaringan printernya. Prosesnya pun cepat, praktis dan hasilnya berkualitas.