Tips Ampuh Mendapatkan Beasiswa

Tips Ampuh Mendapatkan Beasiswa


Tya Widianingsih | 18 Dec 2020 | 112

Kamu yang saat ini duduk di bangku Sekolah Menengah Atas memiliki obsesi tinggi untuk mengenyam pendidikan di institusi atau universitas. Masalahnya, tidak ada dana mencukupi untuk mengirim aplikasi ke kampus dalam maupun luar negeri. 

 

Alih-alih berhenti bermimpi kuliah, mengapa tidak mengajukan aplikasi beasiswa? Di Indonesia maupun luar negeri tersedia banyak sekali penawaran beasiswa setiap tahunnya. Lantas, apa yang kamu butuhkan agar mendapatkan beasiswa?

 

5 Tips Sukses Mendapatkan Beasiswa Luar dan Dalam Negeri

Sama seperti mencari pekerjaan. Untuk mendapatkan beasiswa, kamu juga membutuhkan beberapa persiapan. Ikuti langkah-langkah ini jika kamu menginginkan beasiswa dalam maupun luar negeri:

 

1. Aktif dalam Akademis Maupun Non-Akademis

Untuk mendapatkan beasiswa kamu perlu menonjol dari peserta lainnya. Selain memiliki nilai memuaskan, imbangi pula dengan keterampilan nonakademis yang baik. Jangan ragu melampirkan prestasi nonakademis yang pernah kamu raih terutama dalam 3 tahun terakhir di SMA.
Semakin baik aplikasi yang kamu kirimkan semakin bagus pula penilaian yang diterima. Karena sebelum melakukan wawacara langsung, pihak kampus menilai lamaran beasiswamu dari aplikasi atau dokumen yang kamu kirimkan. 

 

Apabila aplikasi yang kamu kirimkan kurang memuaskan atau flat seperti peserta lainnya. Kesempatan mendapatkan beasiswa bisa lepas kapan saja dari tangan. 

 

2. Mempelajari Kebutuhan/Keinginan Lembaga Pemberi Beasiswa

Sama seperti audisi atau lomba, pihak kampus juga mencari orang terbaik untuk menerima beasiswa mereka. Sebelum mengirimkan aplikasi, pelajari terlebih dahulu ekspektasi atau kebutuhan lembaga pemberi beasiswa. 

 

Jangan terburu-buru mengirimkan lamaran beasiswa yang persyaratannya tidak sesuai dengan kriteriamu. Contohnya, kamu mengirimkan lamaran beasiswa ke Universita Korea padahal kamu tidak bisa bahasa Korea sama sekali. 

 

3. Kirim Aplikasi Beasiswa yang Sesuai Kriteriamu

Bermimpi semakin tinggi memang bagus tapi berpikir realistis juga penting. Sebelum mengirimkan aplikasi beasiswa ke Ivy League, sudahkah kamu memahami seberapa besar kemampuan yang kamu punya? Apakah nilaimu bisa diterima di kampus bergengsi tersebut?

 

Daripada memaksakan diri apply beasiswa ke kampus di luar jangkauanmu, lebih baik kirimkan aplikasi beasiswa ke kampus yang mau menerimamu dengan tangan terbuka.  Terkecuali jika kamu sudah melakukan persiapan sejak lama minimal setelah lulus SMP. Sehingga nilai akademis dan nonakademis di SMA dapat menyesuaikan dengan grade kampus yang kamu inginkan.

 

4. Mempelajari Bahasa Lokal Sesuai Negara Tujuan Beasiswa

Khusus bagi para pencari beasiswa luar negeri, tips terpenting yang mempengaruhi sukses tidaknya kamu mendapatkan beasiswa adalah kemampuan berbahasa. Ketika kamu ingin kuliah di Inggris atau Amerika Serikat misalnya, kamu wajib menguasai bahasa Inggris.
Sama halnya ketika kamu bermimpi kuliah di Jepang, cobalah pelajari bahasa Jepang dengan baik. Universitas di Jepang memberikan poin plus pada peserta beasiswa yang mahir berbahasa Jepang. 

 

5. Menjalin Koneksi yang Erat Dengan Penerima Beasiswa Sebelumnya

Mendapatkan informasi beasiswa bisa dari mana saja. Selain membuka website resmi kampus atau lembaga pemberi beasiswa, kamu juga bisa menerima info dari penerima sebelumnya.  Tidak perlu takut meminta saran mereka apalagi jika sebelumnya kamu telah menjalin hubungan pertemanan yang erat. Dapatkan pula tips dan trik meloloskan aplikasi beasiswa. Bicara pada yang berpengalaman jauh lebih menyenangkan dari sekedar membaca teori di buku.

 

Bagi beberapa orang kuliah hanyalah mimpi di siang bolong apalagi dengan kondisi perekonomian yang buruk. Tapi itu dahulu, sebelum lembaga kampus menawarkan program beasiswa. Melalui beasiswa, seluruh masyarakat dapat mengecap pendidikan setinggi langit bahkan berkuliah ke luar negeri.