Tetap Produktif Saat Kerja Mobile, Ikuti 4 Tips Berikut

Tetap Produktif Saat Kerja Mobile, Ikuti 4 Tips Berikut


Melisa | 19 Sep 2018 | 1612

Sistem kerja mobile memang sedang populer hingga saat ini. Di Indonesia sendiri sistem kerja mobile ini sudah diterapkan dalam beberapa jenis perusahaan seperti perusahaan telekomunikasi, industri kreatif, perusahaan media dan perusahaan startup. Adapun jenis pekerjaan yang sudah menggunakan sistem telecommuting atau kerja mobile ini seperti jurnalis, fotografer, videografer, desainer, web developer, marketing dan profesi lainnya. Dengan sistem kerja mobile, para karyawan bekerja di luar kantor menggunakan fasilitas yang disediakan sehingga dapat mengurangi kejenuhan saat bekerja.

Telecommuting ini dapat memberikan jam kerja dan tempat bekerja yang fleksibel selain di kantor. Anda dapat bekerja di rumah, cafe, restoran dan tempat lainnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Hal ini sangat berguna untuk menghilangkan kejenuhan saat bekerja sehingga dapat meningkatkan produktifitas para karyawan.

Bekerja secara mobile ini juga memberikan efisiensi bagi perusahaan dan para karyawannya dalam hal biaya dan waktu. Sebagai contoh, Anda dapat menghemat waktu dan biaya saat melakukan perjalanan dari rumah menuju ke kantor, menghemat biaya makan siang, dan biaya lainnya. Namun sayangnya, tidak semua perusahaan menjalankan sistem telecommuting ini karena beberapa faktor. Salah satu faktor penyebab hal ini adalah, sarana teknologi yang belum memadai di sebuah perusahaan.

Meskipun bekerja secara mobile, Anda harus tetap semangat dan produktif dalam menyelesaikan semua tugas yang diberikan. Terkadang, kerja mobile ini membuat seseorang menjadi malas dan tidak produktif karena sistem kerja yang fleksibel dan aturan yang tidak ketat. Kini ada beberapa tips yang dapat membantu Anda lebih produktif dalam bekerja secara mobile, seperti dilansir Huffington Post berikut ini.

1. Merasa seperti kerja di kantor

Meskipun bekerja secara mobile, Anda harus merasa seperti kerja di kantor sehingga lebih semangat dan produktif. Karena sistem kerja di kantor memiliki aturan yang ketat sehingga memicu semangat dan produktifitas para karyawannya. Terkadang, aturan yang fleksibel dalam sistem kerja mobile membaut seseorang menjadi malas sehingga dapat menghambat produktifitasnya. Oleh karena itu, Anda harus memiliki sugesti seolah-olah bekerja seperti di kantor sehingga dapat lebih semangat dan produktfif dalam menyelesaikan semua tugas. Kalian juga bisa melakukan cetak dokumen melalui online di PrintQoe. PrintQoe solusi anda untuk memperhemat waktu dan tidak perlu datang ke tempat hanya mengirimkan datanya saja.

2. Gunakan waktu istirahat singkat

Banyaknya pekerjaan dan deadline yang harus Anda selesaikan, tentunya akan mengurangi waktu

istirahat Anda dalam bekerja. Gunakan waktu istirahat sebaik mungkin untuk makan siang, beribadah,

atau bahkan berbaring sejenak guna menghilangkan rasa lelah saat bekerja. Anda dapat mengambil

waktu istirahat sekitar 10 hingga 20 menit di sela-sela pekerjaan Anda. Hal ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan produktifitas Anda.

3. Penampilan Menarik

Penampilan menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi pekerja maupun pebisnis. Terlebih lagi bagi Anda yang bekerja secara mobile, tentunya harus berpenampilan menarik seperti mengenakan pakaian yang rapi, menyisir rambut, dan hal lainnya. Dengan begitu, Anda akan merasa jauh lebih siap dalam menyelesaikan pekerjaan.

4. Tentukan lokasi yang tepat

Karena bekerja secara mobile, Anda harus menentukan lokasi yang tepat dalam mnyelesaikan semua tugas. Cari lokasi yang tentunya menyediakan hotspot area seperti cafe, restoran dan tempat lainnya. Selain itu, Anda juga bisa bekerja di rumah sendiri. Namun, tidak semua orang memiliki ruang kerja sendiri dan fasilitas yang memadai. Karena lingkungan sangat mempengaruhi tingkat produktivitas seseorang.

Itulah 4 tips yang dapat memudahkan Anda untuk bekerja secara mobile. Selamat mencoba.