Syarat Kemasan Produk yang Menarik Pembeli

Syarat Kemasan Produk yang Menarik Pembeli


Tya Widianingsih | 03 Nov 2020 | 101

“Apakah kemasan produk memang berpengaruh pada minat beli?” Untuk menjawabnya coba bayangkan jika kamu dihadapkan pada sebuah produk yang kemasannya terlihat jadul dan kesannya usang. Lalu bandingkan dengan produk yang kemasannya menarik dan terbaru. Kira-kira mana yang lebih membuat Kamu penasaran untuk membeli? Pasti yang terlihat lebih segar dan baru kan?

Kemasan produk sangat berhubungan dengan peluang pasar. Jika kemasannya bagus dan menarik, maka pasarpun akan bereaksi positif. Begitu juga jika kemasannya usang dan terlihat ketinggalan zaman, pastinya calon pembeli akan berpikir dua kali untuk membelinya. Karena itulah mendesain kemasan yang menarik adalah PR utama dari tiap perusahaan ataupun pengusaha UKM/UMKM.

 

Syarat-Syarat Kemasan Produk yang Menarik

Sebenarnya bagaimana sih ketentuan kemasan yang menarik? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

1. Model Sederhana

Bayangkan bagaimana repotnya pembeli jika kamu memutuskan untuk mengemas produk dengan cara yang super ribet. Maka bisa dipastikan mereka akan merasa kerepotan hanya untuk membuka, menggunakan, dan menyimpan produk tersebut. Kemasan menarik adalah kemasan yang sederhana. Gampang digunakan, disimpan, dan tak menyita waktu hanya untuk memikirkan kemasannya saja.

 

Baca Juga : 5 Ide Kemasan Produk Unik & Cantik untuk Natal 2020

 

Jika kemasan produk terlalu ribet, maka pembeli akan berpikir ulang untuk memilih produk tersebut, karena sudah terbayang repotnya duluan daripada manfaat produknya.

 

2. Pilihan Warna Sesuai Brand Identity

Syarat yang kedua adaah pemilihan warna yang tepat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya mengenai perbandingan kemasan produk yang berwarna kusam dan segar, kira-kira mana yang lebih menarik pembeli? Yap, jawabannya adalah yang memiliki warna cerah dan terlihat lebih segar.

Percaya atau tidak, ternyata warna pada kemasan sangat menentukan ketertarikan pasar. Kamu disarankan untuk menggunakan rangkaian warna yang memiliki tone cerah, layaknya merah, kuning, dan hijau. Ternyata deretan warna cerah ini lebih mudah dikenali oleh penginderaan manusia, sehingga akan lebih mudah untuk menarik minat pembeli agar penasaran dengan produk.

Sebagai pertimbangan tambahan, hindari perpaduan warna yang mungkin akan membuat desain menjadi mati. Pilihlah kombinasi kontras, layaknya merah dan kuning, hijau dan coklat, biru dan putih. Jangan sampai kemasan jadi terlihat tidak jelas karena tone warna yang menumpuk dan saling bertabrakan.

 

3. Gambar Unik

Pemilihan gambar yang unik ini harus memperhatikan beberapa aspek. Pertama, lihat dulu tren visual apa yang tengah marak di pasaran. Jangan memilih desain yang justru berkebalikan dengan selera pasar, sebab akan menyulitkan produkmu untuk diingat. Kedua, buatlah desain gambar yang hanya ada satu. Dalam artian jangan mencontek logo orang lain, dan jangan sengaja membuat desain yang mirip dengan kompetitor.

Susunlah desain gambar yang merepresentasikan produkmu secara khusus. Dengan begini pembeli akan lebih mudah untuk mengenali produk, sehingga bisa muncul keinginan untuk membeli.

 

Baca Juga : Manfaat Nota Usaha untuk UKM/UMKM

 

4. Font Tidak Kaku & Mudah Dibaca

Pernah lihat kemasan produk yang tulisannya sangat sulit untuk dibaca? Jangankan mengetahui isi produknya apa, nama produknya saja akan susah untuk ditebak. Jika sudah begini, apakah Kamu masih mau melanjutkan pembelian?

Pemilihan font yang tepat sangat berpengaruh pada product knowledge pembeli. Nama produk, komposisi, keunggulan, kandungan, cara penyajian dan cara penggunaan merupakan beberapa contoh tulisan yang biasanya ada di kemasan produk.
Bayangkan jika font yang Kamu pilih malah membuat keterangan penting tadi jadi susah untuk dibaca, menurutmu apakah pembeli akan bersedia untuk menggunakan produk tersebut? Pastinya tidak. Karenanya pilihlah font yang jelas bentuknya, agar mudah untuk dibaca dan dipahami.

 

Kemasan produk menentukan kesan penjualan. Apakah produk tersebut terlihat menarik atau tidak, semuanya direpresentasikan melalui kemasan luarnya. Karena itu kemasan produk adalah salah satu investasi terbaik, yang bisa kamu jadikan sebagai ladang promosi dan menarik pembeli.