Solusi Mengadakan Bazar Ramadhan Saat Physical Distancing

Solusi Mengadakan Bazar Ramadhan Saat Physical Distancing


Tya Widianingsih | 13 Apr 2020 | 1417
Strategi pemasaran lewat bazar terbukti cukup efektif dan sangat membantu para pelaku UMKM dan UKM untuk mengenalkan produk atau mempromosikan jualan mereka. Bahkan, besarnya minat para pengusaha untuk mengikuti bazar ini juga didukung oleh para event organizer yang sering mengadakan bazar. Hal ini dibuktikan dengan seringnya diselenggarakan kegiatan bazar di berbagai pusat keramaian khususnya di bulan suci ramadhan. Misalnya, pusat perbelanjaan, perkantoran, serta tempat umum lainnya.
 
Meskipun kegiatan bazar ramadhan ini dibutuhkan uang sewa dan waktu yang relatif singkat. Hal ini tidak menurunkan para tenant pemilik usaha. Karena dengan mengikuti acara ini, secara otomatis bisnis mereka mendapatkan exposure yg bagus dan bisa menarik pelanggan lebih banyak lagi.
 
Namun, di tahun 2020 kali ini nampaknya bazar ramadhan akan sulit dilaksanakan karena masifnya penyebaran virus COVID-19. Yang mana pemerintah memberlakukan himbauan untuk menhindari membuat keramaian dengan sanksi yang telah disepakati. Meskipun demikian, bukan berarti Kamu hanya berdiam diri saja dan tidak mengoptimalkan bisnismu.
 
Baca Juga: Bagaimana Bisnis Tetap Jalan di Tengah Pandemi COVID-19?
 
Mengadakan bazar ramadhan secara online merupakan salah satu cara yang bisa Kamu lakukan. Berikut ini tips yang bisa Kamu lakukan untuk memulainya:
 

1. Sesuaikan Tema Bazar Ramadhan Online dengan Produk

Yang perlu ditekankan dalam memulai bazar online adalah, menyesuaikan tema dengan produk yang Kamu tawarkan. Hal ini dilakukan agar produkmu sampai pada target pasar yang telah ditentukan. Sehingga daganganmu bisa laris manis diserbu pasar meskipun kondisi saat ini sedang dalam masa pandemi COVID-19.
 

2. Lakukan Survey Media Online

Saat mengikuti bazar, lokasi sangat penting bukan? Bazar online pun demikian. Sebaiknya jangan asal-asalan dalam memilih chanel atau media online yang akan  digunakan. Kesalahan ini bisa membuatmu rugi, karena saat Kamu telah mengoptimalkan konten (foto produk, packaging), ads/ iklan, promo, tetapi hasilnya tidak berjalan maksimal.
 
Banyak-banyaklah mencari referensi dan memetakan seperti apa segementasi dan behavior pasarmu. Meskipun kini Instagram menjadi media sosial paling populer untuk berbisnis. Belum tentu dia-lah yang paling cocok untuk bisnismu.
 

3. Jangan Mau Menjadi Sama

Mencari referensi memanglah penting. Namun, refrensi dan menduplikasi tidaklah sama. Penting untukmu memastikan strategi pemasaran yang diangkat, khususnya dalam konten, memiliki keunikan tersendiri dan menawarkan sesuatu yang fresh kepada calon pelanggan.
 
Sederhananya adalah dari konsep foto maupun desain. Kemudian mekanisme promosi atau iklan yang digunakan. Berbeda dan unik tidak selalu berarti melakukan hal yang ‘advance’. Yang sederhana pun bisa Kamu olah menjadi menarik dan berbeda.
 
Dengan begitu, saat dagangnmu mulai di boost dengan iklan/ads, maka calon pelanggan akan lebih mudah menerima.
 
Baca Juga: Hadapi COVID-19, 5 Software Ini Gratis untuk Kamu yang Kerja dari Rumah
 

4. Harga Selalu Penting

Bagaimana pun strategimu, jika Kamu memasang harga yang terlalu tinggi, besar kemungkinan calon pelanggan akan segera menutup akunmu. Untuk itu, penting melakukan kalkulasi sedari awal dalam mengalokasikan modal awal bisnismu. Lakukan banyak perbandingan dan pertimbangan dengan kompetitor lain. Jika Kamu baru memulai bisnis, ingat jika untung sedikit lebih baik namun bisa menarik dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.
 
Hal penting lainnya dari masalah harga ini adalah dengan mencantumkan harga. Apabila Kamu menggunakan media online seperti Instagram. Pasti sering menemukan akun online shop yg tidak mencantumkan harga. Strategi ini memang tidak salah. Namun, tergantung kepada produk apa yang Kmau jual dan segmentasi pasar mana yang Kamu sasar.
 
Contohnya, apabila daganganmu adalah produk kebutuhan sehari-hari yang banyak disasar ibu rumah tangga dan pelajar, sebaiknya cantumkan harga dan spesifikasi secara mendetail. Menurut survey, segmentasi pasar tersebut kerap segera menutup akun online shop yang dikunjungi ketika menemukan tidak terdapat harga yg tercantum. Hal tersebut berangkat dari asumsi ‘menyembunyikan harga sama dengan harga lebih mahal dari pasaran’.
 

5. Kemasan Bisa Menjadi Kunci

Ramadhan memang menjadi bulan yang spesial bagi mayoritas penduduk Indonesia yang notabene muslim. Untuk itu, penting juga bagimu menggunakan kemasan/packaging yang spesial pula. Kemasan spesial disini tidak hanya berbicara masalah desain saja lho! Lebih dari itu, Kamu bisa menggunakan packaging bundle spesial selama bazar ramadahan online.
 
Sebagai contoh, Kamu mencetak kemasan khsuus dengan desain dan copy bertema bulan suci ramadhan. Kemudian di dalam kemasan tidak hanya terdapat produk saja, tapi masukan juga greeting card, stiker, pamflet, business card, hingga bonus buku catatan. Keseluruhan isi dalam paket tersebut disesuaikan dengan desain kemasan.
 
Baca Juga: Cetak Kemasan Makanan yang Aman Virus COVID-19
 

6. Kolaborasi dengan Komunitas Penjual

Yang namanya bazar ramadhan tentu paling identik dengan keramaian. Para calon pelanggan bisa memilih berbagai macam produk (mulai dari makanan, pakaian, sepatu, dll) dalam satu lokasi. Nah, acara seperti ini pun bisa Kamu wujudkan dengan kolaborasi.
 
Kamu bisa lho memulai inisiasi ini dengan penjual lain. Apabila belum kenal, tentu acara ini bisa menjadi ajang silaturahmi seperti yang dianjurkan dalam islam. Jika para penjual dari berbagai sektor produk telah terkumpul, Kamu bisa memulai membuat satu akun khusus dan menngunggah produk dagangan seluruh anggota secara bergilir dalam rentang waktu yang disepakati bersama. Untuk pengelolaan dan desain, tentu Kamu bisa bergotong-royong memanage-nya.
 
Bagimana, apakah Kamu sudah tertarik memulai bazar ramadhan online? Jika diniatkan dengan sungguh-sungguh tidak akan ada yang sulit. Meskipun kondisi pandemi COVID-19 masih belum membaik, tetapi semuanya bisa dilakukan secara online, termasuk untuk mencetak kemasan spesial seperti ‘packaging bundle’.
 
PrintQoe.com bisa mengakomodasi berbagai jenis kemasan produk, baik itu untuk makanan, pakaian, hingga aksesoris lainnya. PrintQoe.com dapat mewujudkan apapun kebutuhanmu untuk mensukseskan bazar ramadhan online ini. Terlebih apabila Kamu memesannya dengan jumlah partai besar, tentu harga yang dikeluarkan akan menjadi lebih murah. Ajak teman-temanmu mencetak packaging bundle di PrintQoe.com. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi printing expert Kami.
 
 
Baca Juga: Cetak Apapun Bisa #dirumahaja Selama Pandemi COVID-19