Serba Digital, Buku Cetak Masih Digemari

Serba Digital, Buku Cetak Masih Digemari


Tya | 11 Nov 2019 | 51

Bagi penggemar buku, memiliki buku cetak secara fisik lebih menyenangkan dan memuaskan menurut mereka. Di era yang serba digital ini, e-book reader bisa menyimpan puluhan bahkan ratusan buku dalam kemasan perangkat yang tidak lebih besar dari perangkat tablet pada umumnya. Secara fungsi, e-book dan buku cetak memiliki fungsi yang serupa satu dengan lainnya, meskipun demikian masih ada beberapa alasan orang masih menyukai buku cetak dibandingkan media digital membuat kebutuhan cetak masih tinggi meskipun perkembangan teknologi telah mengejar.

 

Alasan Buku Cetak Masih Dibutuhkan

 

1. Kertas Buku Cetak

Beberapa orang menyukai sensasi pengalaman menyentuh dan membalik setiap halaman kertas yang lembut dibanding menyentuh layar perangkat e-book reader. Poin ini bersifat subjektif, ada beberapa orang yang tidak merasakan sensasi tersebut maka mereka lebih menyukai membaca buku menggunakan e-book reader.


2. Buku Cetak bisa Ditulis

Bagi Kamu penggemar seorang penulis terkenal, ada kalanya mereka mengadakan pertemuan secara langsung dengan para penggemar karyanya. Di saat itu, Kamu bisa mendapatkan tanda tangan penulis favoritmu, ditulis pada halaman buku yang akan diberikan kepadamu. Banyak e-book reader yang memiliki fungsi notes untuk mencatat hal yang Kamu dapat dari buku tersebut, namun penulisan tentunya menggunakan penulisan digital dibanding tulisan tangan.

 

3. Pengalaman Mencari Buku di Toko Buku

Proses membeli buku merupakan hal yang sangat berbeda di antara kedua hal tersebut. Buku fisik membutuhkan proses mencetak terlebih dulu, membuat kebutuhan cetak masih tinggi karena hal ini, setelah itu buku yang sudah dicetak perlu dimasukkan ke setiap toko buku agar mereka dapat memajangnya bagi para konsumen. Selama proses mencari dan melihat-lihat buku, Kamu bisa melihat buku lain yang tampak menarik dan mungkin saja buku itu menjadi buku favoritmu selanjutnya. Dibandingkan dengan proses membeli buku di e-book reader yang bahkan bisa Kamu lakukan di manapun dan kapanpun. Bagi beberapa orang, hal tersebut menjadi keunggulan, karena kamu bisa dengan praktis membeli buku yang kamu inginkan.

 

4. Pertimbangan Kesehatan

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa melihat layar dalam jangka waktu yang lama dapat memberikan dampak yang buruk pada mata seseorang, dikarenakan layar pada perangkat e-book reader memancarkan cahaya untuk menerangi layar dan membuat tulisan dapat terlihat dengan jelas. Bagi pembaca buku cetak, hal tersebut bukan menjadi masalah sebagaimana halaman kertas tidak memancarkan cahaya, namun memantulkan cahaya dari sumber yang sudah ada seperti lampu dan matahari. Meski demikian pembaca buku masih memiliki masalah yang dapat mengganggu kesehatan mata, seperti membaca di kondisi kurang terang yang dapat mempengaruhi kesehatan mata juga.

 

5. Pertimbangan Pembajakan Buku

Masalah yang sudah ada bahkan sebelum teknologi e-book reader populer, pembajakan karya tulis. Buku cetak memang rawan akan ancaman pembajakan buku dengan banyaknya oknum yang ingin memiliki buku fisik dengan fotocopy buku fisik menjadi cetakan yang lebih murah dibanding membeli di toko buku. Namun keberadaan e-book reader berpotensi lebih mudah dibajak dibandingkan buku cetak. Buku yang ada pada e-book reader dapat dengan mudah disalin hingga ratusan hanya dengan program sederhana pada komputer.

 

Buku masih menjadi salah satu kebutuhan cetak yang masih sangat diminati banyak orang, namun perkembangan teknologi yang mulai mengejar membuat populasi buku cetak menjadi berkurang di edaran. Baik buku cetak atau e-book reader, kedua hal ini hanyalah bentuk fisik dari sebuah karya seseorang yang lebih penting.

 

Bagi Kamu yang ingin mulai menulis dan berkarya di dunia buku, Kamu bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan cetak dengan menggunakan jasa percetakan online, seperti PrintQoe layanan percetakan terpadu yang menyediakan jasa percetakan, pemilihan material yang beragam, penyimpanan persediaan buku, hingga pengiriman. Satu solusi yang melengkapi seluruh kebutuhanmu berkarya di profesi buku.