Segala Hal Tentang Desain Grafis yang Harus Kamu Tahu

Segala Hal Tentang Desain Grafis yang Harus Kamu Tahu


Tya | 28 Nov 2019 | 351

Desain Grafis kini menjadi hal yang sangat penting di berbagai aspek pekerjaan. Dengan desain grafis, semua ide dan kreasi Kamu akan hadir dengan bentuk yang lebih indah. Untuk itu, peran desain grafis tidak bisa dikesampingkan sehingga berpengaruh juga pada permintaan kebutuhan ceta desain grafis yang terus meningkat.

 

Jadi, apa sebenarnya desain grafis?

Secara definitif, desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan berbagai medium visual dengan tujuan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan jadi lebih menarik. Medium yang digunakan bisa berupa, tulisan, bentuk, dan gambar, atau kebutuhan cetak digital. 

 

Kebutuhan cetak digital yang mempunyai banyak kelebihan jadi keunggulan dari semua medium desain grafis. Kelebihan cetak digital, yaitu waktu yang dibutuhkan dalam mencetak lebih singkat atau cepat, cara kerja cetak digital yang lebih mudah serta hasil cetakan cetak digital lebih tajam dan sempurna untuk desain grafis.

 

Maka tak bisa dipungkiri, jika desain grafis sangatlah vital dalam sebuah usaha. Untuk itu, Kamu tidak boleh serampangan dalam mempelajarinya. Menurut jenisnya, desain grafis dibagi menjadi empat bagian, apa sajakah itu?

 

Baca Juga: Tips Merancang Desain Banner yang Efektif Bagi Produkmu

 

1. Desain Grafis Merek

Merek atau lebih dikenal dengan brading sangatlah penting dalam menentukan arah perusahaan. Dalam desain grafis merek, desainer akan mendesain berbagai logo, tipografi, dan warna yang sejalan dengan visi misi perusahaan sebelum membawanya ke tempat percetakan kebutuhan cetak digital.

 

2. Desain Periklanan

Desain grafis periklanan bertugas untuk menciptakan konten pemasaran di berbagai medium. Dalam prosesnya, desainer akan membuat konten pemasaran paling efektif yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan. Contoh paling umum adalah selebaran, majalah, brosur, gambar untuk iklan adalah permintaan yang paling tinggi di tempat cetak digital.

 

3. Desain Cover

Desain grafis di medium cover sangatlah penting dalam proses pemasaran. Desain cover produk yang mencolok akan membuat konsumen tertarik untuk membeli. Proses pengerjaan kebutuhan cetak ini  biasanya menggunakan metode cetak digital. 


4. Desain Ilustrasi

Ilustrasi merupakan cara menyampaikan pesan dalam bentuk ilustrasi bisa berbentuk kartun, karikatur, dan komik. Intinya, ilustrasi dapat membuat sebuah desain menjadi lebih hidup. Jenis desain grafis yang keempat ini memudahkan sebuah brand menjadi lebih menarik. Desain ilustrasi biasanya masih banyak yang menggunakan warna hitam-putih. Untuk itu, hasil cetakan dengan warna tersebut hasus lebih tegas dan sangat detail. Kebutuhan cetak desain ilustrasi hitam putih bisa diimplementasikan dengan sempurna dengan dukungan mesin cetak dan tinta yang berkualitas.

 

Baca Juga: Tips Penting Mendesain dan Mencetak Roll Up Banner

 

5. Ruang Kosong

Ruang kosong adalah hal paling dasar sebelum memulai sebuah desain. Ruang kosong dapat diibaratkan sebagai fondasi sebelum memulai sebuah desain grafis. Setiap desainer harus mengetahui terlebih dahulu konsep ruang kosong. Walaupun terdengar sepele, ruang kosong mutlak harus dipelajari desainer. Sisakan juga ruang kosong dalam desain Kamu agar mata pembaca tidak terlalu cepat lelah. Jadi, tetap perhatikan ya aspek ruang kosong. 

 

6. Tipografi Huruf

Bukan hanya sekadar gambar, desain grafis juga harus memperhatikan bentuk huruf atau biasa lebih dikenal dengan sebutan tipografi. Tujuannya agar hasil kebutuhan cetak ini menjadi sebuah desain dapat dibaca dengan baik oleh masyarakat. Font biasa tentu akan membuat desain membosankan. Namun jika memakain font yang tepat, desain akan lebih menarik perhatian konsumen. Perlu diketahui, tipografi juga harus memperhatikan pesan yang ingin disampaikan. 

 

7. Kombinasi Warna

Kombinasi warna sangatlah penting dalam bidang desain grafis. Warna sangatlah terkait dengan emosi pembaca. Kamu, sebagai desainer, tidak boleh sembarangan dalam memilih warna saat mendesain. Warna gradasi juga dapat diaplikasikan untuk menarik perhatian membaca. Hindari pemilihan warna yang tidak relevan karena akan mengacaukan pesan yang hendak disampaikan. Selain itu, warna yang terlalu ramai juga bisa mempengaruhi biaya kebutuhan cetak digital.

 

Dalam mengkombinasikan warna, tidak diharuskan membuat skema warna dari awal, karena hal itu akan memakan waktu yang sangat banyak. Sekarang ini, sudah ada program seperti Color Hunt, berupa palet warna yang dapat digunakan dan disesuaikan dengan mudah.

 

Setelah Kamu mengetahui lengkap teknik desain grafis, Kamu bisa segera mengimplentasikannya dalam bentuk cetak. Kamu memiliki kebutuhan cetak digital desain grafis? Klik aja PrintQoe.com! Selain hasilnya yang memuaskan, PrintQoe juga memberikan pelayanan terbaik, loh! Nah, sebelum itu simak dulu beberapa hal penting menganai desain grafis.