Ramah  Lingkungan, Inilah Inspirasi Produk Menggunakan Recycle Paper

Ramah Lingkungan, Inilah Inspirasi Produk Menggunakan Recycle Paper


Tya Widianingsih | 31 Aug 2021 | 176
Saat ini semakin banyak acara dan kegiatan yang dilakukan secara online, sebagai upaya untuk memastikan suatu acara tetap berlangsung di tengah pandemi. Sehingga baik penyelenggara maupun peserta acara bisa tetap aman dari resiko terinfeksi oleh Covid-19. Acara online pun kini semakin berwarna dengan penyediaan souvenir oleh penyelenggara. 
 
Tidak hanya untuk acara pernikahan virtual, namun juga untuk acara launching perusahaan, launching produk atau jasa baru, seminar, dan lain-lain. Jika berencana menyediakan souvenir, pertimbangkan memesan produk recycle paper atau daur ulang kertas di tempat jual suvenir unik. Kenapa? Supaya lewat acara yang digelar kamu juga bisa berkampanye untuk saling menjaga lingkungan. Apa saja inspirasinya? 
 
 

Inspirasi Recycle Paper untuk Souvenir Event Online

Pemilihan souvenir acara seperti event online kini tidak hanya fokus pada souvenir yang unik dan menarik. Namun juga berguna dan memberi manfaat lebih, salah satunya souvenir yang mengajak pada hal baik seperti menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Salah satu jenis souvenir yang bisa dipertimbangkan adalah produk daur ulang kertas. Tentu saja pilihannya sangat banyak, berikut beberapa inspirasinya: 
 

1. Kartu Ucapan 

Souvenir akan terasa kurang tanpa kartu ucapan terima kasih kepada para tamu undangan yang sudah meluangkan waktu untuk hadir. Kartu ucapan ini bisa dibuat dari sampah kertas yang dibentuk menjadi sebuah kartu ucapan yang cantik. Kamu bisa menggunakan kertas biasa, kertas polos, maupun kertas koran yang kemudian dikombinasikan. Supaya kartu ucapan tersebut tampak lebih menarik dengan kombinasi beberapa jenis sampah kertas. 
 

2. Frame Foto 

Sampah kertas juga bisa disulap menjadi frame foto atau pigura yang cantik. Bisa dikombinasikan dengan bahan lain seperti kaca atau mika untuk bagian depan frame. Kemudian ditambah hiasan bunga dan pita yang dibentuk dengan cantik di salah satu sudutnya. Frame dari sampah kertas ini dijamin bermanfaat dan bisa digunakan oleh penerimanya untuk memajang foto diri maupun foto bersama keluarga. 
 

3. Tas Bingkisan 

Kertas bekas juga bisa dibuat menjadi tas bingkisan, bisa pula disebut dengan istilah paper bag. Kebanyakan tempat yang jual suvenir unik juga sudah menggunakan tas dari kertas bekas untuk mempercantik souvenir yang disediakan kepada para pelanggan. 
 
Tas ini kemudian dibentuk sedemikian rupa agar kuat dan tampilannya juga cantik. Nantinya bisa dijadikan kemasan atau pembungkus dari souvenir inti yang berupa frame foto, kartu ucapan, bros, pulpen, tanaman hias, dan lain-lain. Sehingga tas dari kertas bekas ini juga berfungsi sebagai pelindung dari souvenir inti tersebut. 

4. Pembungkus Tanaman Hias  

Berencana mengirimkan souvenir event online berupa tanaman hias seperti kaktus, atau mungkin lidah mertua berukuran mini? Maka dilapisi tanaman hias tersebut dengan kertas bekas yang kemudian dipermanis dengan simpul pita di bagian bawahnya. Dijamin tanaman hias yang tadinya tampak biasa saja menjadi lebih manis dengan kertas pembungkus tersebut. 
 
Sekalipun dari kertas bekas, selama kertas tersebut bersih dan dihias dengan pita maupun tali rami. Dijamin tampilannya tidak lagi terlihat seperti kertas bekas. Penerima tanaman hias pun bisa auto memajangnya di meja. 
 

5. Rangkaian Bunga 

Kertas bekas juga bisa dibuat menjadi rangkaian bunga, dibuat seperti bunga mawar yang disatukan supaya menyerupai buket bunga mawar. Bisa mengandalkan warna asli kertas atau diberi warna lain dengan cat atau bahan pewarna tertentu. Silahkan masukan ke dalam paper bag untuk menyatu dengan souvenir lainnya. Dijamin penerima akan menyukai kreasi bunga dari kertas bekas tersebut. 
 
Beberapa inspirasi daur ulang sampah kertas di atas tentu bisa dijadikan pilihan untuk menyempurnakan souvenir acara yang disediakan. Pastikan menggunakan jasa jual suvenir unik yang memang bisa mendaur ulang sampah kertas. Opsional lain adalah ibuat sendiri, sehingga dari pihak jasa tadi tinggal dikemas dengan cantik.