Pintar Manfaatkan Waktu, Inilah Strategi Marketing UMKM Jelang Lebaran

Pintar Manfaatkan Waktu, Inilah Strategi Marketing UMKM Jelang Lebaran


Tya Widianingsih | 28 Apr 2021 | 147

Momen penting seperti lebaran tidak hanya berkesan untuk setiap individu, namun hal itu juga menjadi momen tahunan bagi para produsen UKM untuk meningkatkan profit atau pundi-pundi penjualannya. Jika kamu termasuk salah satu pelaku UKM tersebut, strategi yang akan dibahas dalam artikel ini akan sangat sayang untuk kamu lewati begitu saja. Simak artikel selengkapnya berikut ini!

 

5 Cara Meningkatkan Penjualan Jelang Lebaran

Selain diskon lebaran, inilah beberapa cara yang yang bisa meningkatkan penjualan produkmu. 

1. Cetak Stiker Label, Memperkuat Brand Awareness

Walaupun masih diproduksi dalam skala yang tidak terlalu besar, jangan sampai kamu tidak menyertakan stiker label dalam kemasan yang kamu produksi. Label ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan kamu terhadap produk yang mereka pakai atau konsumsi. Atau jika memang tertarik dan ingin melakukan pembelian ulang, mereka tidak akan sulit untuk mendapatkannya lagi, karena produkmu memiliki identitas yang bisa ditelusuri.

Tampilkan informasi yang dibutuhkan pada label kemasanmu. Usahakan untuk cetak stiker label di percetakan yang terpercaya pula, sehingga label kemasan produkmu akan terkesan lebih meyakinkan. 

 

2. Diskon Lebaran Akan Terlihat Menggiurkan

Memiliki barang baru seakan sudah menjadi tradisi tersendiri tiap lebaran. Sehingga permintaan untuk setiap jenis barang pasti akan mengalami kenaikan yang signifikan. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan ini karena kalah persaingan dengan produk pesaing. Salah satu hal yang rentan menjadi pembanding adalah masalah harga. 

 

Menurunkan harga mungkin memang akan mengurangi keuntungan tiap satuan barang, namun kemungkinan besar akan meningkatkan jumlah barang yang kamu jual. Selain berupa potongan harga, diskon lebaran juga bisa berupa sistem pembelian minimal untuk mendapatkan harga khusus.

 

Oh ya, pastikan juga kamu memberikan harga khusus untuk pelanggan yang sudah melakukan transaksi beberapa kali dengan kamu. Selain meningkatkan loyalitas pelanggan setia kamu, cara ini juga bisa menjadi solusi marketing dari mulut ke mulut yang akan sangat efektif untuk kamu. 

 

3. Sistem Bundle atau Hampers

Sebagian orang mengaku bahwa barang semacam ini akan terlihat menarik, terutama untuk paket lebaran yang akan dikirimkan kepada keluarga atau teman yang berada di tempat yang jauh. Manfaatkan momentum ini untuk menjual produk kamu secara 3 in 1, atau produk sejenis dengan varian yang berbeda.

 

Selain untuk meningkatkan penjualan, cara ini dapat kamu manfaatkan untuk menghabiskan stok lama yang mungkin masih kamu miliki. Sehingga setelah ini kamu juga bisa segera memperbarui stok kamu dengan jenis yang terbaru.

 

4. Free Ongkir akan Sulit Dilewatkan

Dalam beberapa kasus terutama di online shop, customer bisa menunda pembelian hanya karena biaya ongkir yang bagi mereka terlalu mahal. Apalagi untuk para pembeli yang berada di luar Pulau Jawa. 

Oleh karena itu, jauh hari sebelum momen Ramadhan dan Lebaran, pastikan kamu sudah membuat skema harga yang cukup untuk memberlakukan free ongkir atau minimal subsidi ongkir. Ini akan menambah daya tarik tersendiri bagi pembeli kamu. 

 

5. Lokasi Pemasaran Produk

Untuk produk yang dijual secara offline, pastikan kamu mempertimbangkan dimana saja kamu meletakkan produk-produk yang kamu jual. Fokuskan penjualan di lokasi atau fasilitas umum yang akan sering dilewati orang, misalnya terminal, jalan-jalan umum, pusat penjualan oleh-oleh, dan lain sebagainya. Apalagi diperkirakan arus mudik akan kembali berdenyut, walau belum pulih sepenuhnya. Setidaknya hal ini bisa menjadi angin segar untuk berbagai sektor produksi menjelang lebaran datang.

 

Untuk Penjualan Online, jangan lupa untuk memasang iklan di media sosial, televisi, atau bahkan di toko online. perbarui tampilan dan deskripsi kamu dalam versi yang paling baru. Ingatlah bahwa produk-produk serupa mungkin akan banyak muncul, sehingga calon pelanggan kamu akan semakin punya banyak pilihan. 

 

Itulah beberapa strategi yang bisa kamu implementasikan menjelang moment sakral seperti lebaran. Jika kamu membutuhkan stiker label, kamu bisa mencetaknya secara online di printQoe.com yang telah terbukti bisa mendistribusikan barang secara efektif. Balik lagi ke strategi marketing UKM, jadi cara mana nih yang akan kamu coba?