Perusahaan Wajib Cetak Himbauan COVID-19 oleh Kemenkes

Perusahaan Wajib Cetak Himbauan COVID-19 oleh Kemenkes


Tya Widianingsih | 10 Jun 2020 | 1824
Dunia usaha tidak mungkin selamanya dilakukan pembatasan, roda perekonomian harus tetap berjalan. Peliburan karyawan dalam jangka waktu yang lama dinilai bisa mengakibatkan ekonomi terhenti. Melihat hal tersebut, pembatasan aktifitas akibat pandemi COVID-19 tidak mungkin diberlakukan selamanya. Pemerintah akhirnya mulai melonggarkan PSBB. Perkantoran dan industri mulai diizinkan kembali beroperasi namun dengan berbagai protokol kesehatan yang perlu ditaati.
 
Implementasi new normal diatur dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 di Tempat Kerja Perkantoran dan Industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.
 
Kebijakan yang diwajibkan bagi perusahaan adalah “Mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui Pola Hidup Sehat dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di tempat kerja seperti makanan seimbang dan olahraga teratur”.
 
Kampanye tersebut selain menyediakan alat kesehatan dan obat-obatan adalah dengan memanfaatkan berbagai channel komunikasi untuk mensosialisasikan GERMAS. Misalnya dengan terus menyebarkan himbauan COVID-19 mengenai langkah pencegahan dan antisipasi di berbagai lokasi melalui media sosial, chat group, dan website perusahaan.
 
Namun, perlu menjadi catatan bahwa penyebaran himbauan COVID-19 dengan menggunakan media online saja di masa krisis seperti ini tidaklah cukup. Kita perlu mengantisipasi kemungkinan para karyawan kurang kewaspadaan karena tidak mengingat seluruh langkah-langkah penjegahan di semua lokasi.
 
Untuk mengatasinya, perusahaan wajib untuk menyiapkan materi cetak sosialisai seperti brosur, spanduk, banner, hingga stiker di berbagai titik di kantor. Jangan tanggung-tanggung, penempatan materi cetak himbauan COVID-19 tersebut perlu didisribusikan secara masif. Dengan begitu, perusahaanmu telah menjaga sesama lebih aman.
 
Tempat-tempat yang perlu ada materi cetak himbauan COVID-19 antara lain:
1. Pintu gerbang
2. Pos satpam
3. Setiap pintu
4. Toilet
5. Setiap sudut area meja kerja
6. Seluruh dinding koridor yang dilewati karyawan
7. Lantai di tempat ramai (koridor, kantin) untuk mengingat social distancing saat berjalan dan mengantre
8. Dapur umum
9. Tempat isi ulang air minum (dispenser
10. Wastafel (toilet & dapur)
11. Area ruang makan & kantin
12. Ruang meeting
13. Tempat parkir
14. Lift, dan
15. Susuran tangga
 
Untuk memaksimalkan himbauan COVID-19, akan lebih baik jika perushaan menggunakan  materi cetak sesuai dengan informasi yang berkaitan dengan lokasi di atas. Misalnya, di tempat pengisian ulang air minum (dispenser), tempelkan stiker kecil dengan pesan “jangan sentuh tombol dispenser menggunakan tangan”. Lalu di bagian dinding tempelkan poster langkah-langkah menggunakan hand sanitizer yang baik dan benar.
 
Untuk memudahkan perusahaan mencetak begitu banyak informasi himbauan dengan berbagai macam media cetak, Kamu bisa menggunakan jasa cetak online PrintQoe.com. PrintQoe.com. PrintQoe.com memberikan promo gratis ongkor kirim bagi perusahaan yang melakukan pencetakan himbauan COVID-19.