Perbedaan Annual Report & Sustainability Report

Perbedaan Annual Report & Sustainability Report


Tya Widianingsih | 31 Aug 2021 | 1517

Bicara mengenai laporan perusahaan maka akan membahas mengenai annual report 2022 yang tentu sudah mulai disusun oleh sejumlah perusahaan. Adanya annual report memang menunjukan perkembangan terhadap kebutuhan laporan perusahaan. Pasalnya, di zaman dulu laporan perusahaan hanya fokus pada laporan keuangan. 

Lumrah memang, karena tujuan suatu perusahaan adalah untuk mendapatkan laba atau profit. Namun, seiring berjalannya waktu kesehatan suatu perusahaan tidak cukup hanya melihat laporan keuangannya. Akan tetapi juga melihat bagaimana prestasi perusahaan dan bentuk pertanggungjawabannya ke masyarakat sekitar. Maka ada kebutuhan untuk menyusun annual report dan sustainability report. 


Perbedaan Annual Report dan Sustainability Report 

Antara annual report dengan sustainability report bagi beberapa orang dianggap sama, padahal keduanya berbeda merujuk pada peraturan yang disusun oleh OJK (Jasa Otoritas Keuangan) yang dulunya bernama Bapepam LK. Berikut perbedaannya: 

 

Annual Report

Konsep penyusunan annual report 2022 maupun taun-tahun sebelumnya dan yang akan datang mengikuti peraturan yang disusun oleh OJK. Annual report sendiri punya definisi sebagai laporan perusahaan yang memuat seluruh prestasi perusahaan serta inovasi yang dilakukan perusahaan dalam kurun waktu satu tahun. 
 

Baca Juga: Menyusun Annual Report Lebih Menarik dengan Story Telling


Sehingga annual report ini akan mencantumkan semua prestasi dan inovasi yang telah dilakukan suatu perusahaan. Penyusunannya akan melengkapi laporan keuangan untuk melihat seberapa sehat perusahaan tersebut. Sebab, semakin sehat suatu perusahaan maka akan semakin gencar melakukan inovasi dan menorehkan banyak prestasi. 

 

Sustainability Report 

Sedangkan untuk sustainability report juga sama, penyusunannya disesuaikan dengan aturan yang ditetapkan oleh OJK. Definisi dari sustainability report sendiri adalah laporan yang berisi informasi kinerja perusahaan pada aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam periode satu tahun. 

Secara sederhana, sustainability report yang kemudian dikenal dengan istilah Laporan Keberlanjutan di Indonesia adalah laporan pertanggung jawaban perusahaan. Jadi, perusahaan pada umumnya memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab pada lingkungan sekitar salah satunya dengan program CSR (Corporate Social Responsibility). 

Melalui penjelasan di atas maka bisa dipahami dengan baik mengenai perbedaan isi dari kedua laporan tersebut. Sifatnya wajib sebagai upaya untuk menunjukan kondisi kesehatan perusahaan dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Khusus untuk annual report biasanya perusahaan akan memperhatikan desainnya. Sehingga dicetak melalui jasa cetak buku satuan agar tampil lebih profesional. 

 

Perlukah Memperhatikan Desain Annual Report? 

Penyusunan annual report biasanya memperhatikan aspek estetika desain. Sangat normal, karena pada laporan ini perusahaan berusa menunjukan sejumlah prestasi dan inovasi yang diraih. Beberapa perusahaan mencetaknya menjadi buku sehingga tampak seperti majalah, karena memang punya prestasi dan inovasi yang sangat banyak. 

Ada juga yang mencetak dalam konsep brosur atau dalam bentuk lembaran dengan kertas berkualitas dan tata desain yang menarik. Secara fungsi, masalah desain pada penyusunan annual report 2022 memang bisa dikesampingkan. Hanya saja, annual report yang susunannya memperhatikan desain yang menarik juga tidak kalah penting. 

Sebab annual report memiliki unsur “komunikasi” yakni mengkomunikasikan kondisi perusahaan lewat prestasinya kepada masyarakat luas. Supaya lebih menarik dan tampak profesional, maka desain dibuat dengan lebih teliti dan kerap kali menggunakan jasa desain profesional. 

Tujuannya adalah supaya isi laporan tersebut memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi (easy to read), mudah untuk dijelajahi (easy navigate), dan juga mudah untuk dipahami (easy to understand). Arti inilah yang membuat perusahaan tetap perlu mempertimbangkan desain yang estetik pada annual report yang disusun. 

 

Baca Juga: Desain Annual Report yang Tak Lekang oleh Zaman

 

Jika perusahaan ingin menyusun annual report secara profesional dan dari segi desain juga tampak estetik. Maka bisa mempercayakan kebutuhan desain dan cetaknya di PrintQoe yang melayani cetak buku satuan. Sehingga untuk uji desainnya sudah bagus atau belum bisa mencetak satu eksemplar dulu, dan jika sudah cocok baru mencetak dalam jumlah banyak di PrintQoe untuk mendapat harga cetak yang lebih murah.