Perbedaan Album Magnetic dan Album Magazine

Perbedaan Album Magnetic dan Album Magazine


Tya Widianingsih | 27 Nov 2020 | 16813

Penggunaan album sebagai tempat mengabadikan foto-foto kenangan, seperti masa sekolah, bekerja, maupun foto pernikahan memang masih diminati hingga sekarang. Daripada dibiarkan bercecer, mengoleksi foto dalam bentuk album dirasa menjadi pilihan yang lebih rapih. Selain itu, album foto juga bisa dikreasikan dan ditambahkan desain sesuai keinginan.

 

Seiring berkembangnya tren fotografi, ternyata ragam album foto juga semakin banyak pilihannya. Dua yang paling sering digunakan adalah album magnetic dan album magazine. Namun sebenarnya apa sih perbedaan antara kedua album foto ini?

 

Perbedaan Album Magnetic dan Album Magazine

Serupa tapi tak sama, walaupun sama-sama berbentuk album foto, tapi ternyata album magazine dan album magnetic memiliki banyak perbedaan lho. Apa saja ya? Berikut pembahasannya!

1. Perbedaan Konsep

Hal pertama yang paling mendasar adalah perbedaan konsep pada kedua album. Album magazine merupakan jenis album yang mendapatkan sentuhan editing secara digital. Dari segi pewarnaan, penambahan grafis, dan lain-lain. 

 

Karena itulah namanya album magazine, sebab diniatkan terlihat sama seperti rangkaian foto pada buku majalah, yang sebelumnya telah melalui proses editing. Hal ini dilakukan karena nantinya foto akan diinput secara digital juga ke dalam bingkai album.

 

Sedangkan album magnetic tidaklah seperti itu. Album magnetic dibuat tidak melalui proses editing digital sebelumnya, sebab nantinya peletakan foto akan dilakukan secara manual oleh di pemilik album sendiri, dengan cara ditempel.

 

Baca Juga : Pameran Virtual, Inilah Konsep Galeri Fotografi yang Mengagumkan

 

2. Perbedaan Jenis Kertas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, karena album magazine menggunakan konsep direct printing atau pencetakan foto secara langsung pada kertas, maka jenis album ini memiliki beberapa pilihan kertas yang berbeda. Mulai dari metallic, lustre, deep matte, matte hingga jenis linen. Perbedaan kertas ini akan mempengaruhi kualitas foto pada album nantinya. Dan pastinya mempengaruhi harganya juga ya.

 

Sedangkan karena album magnetic tidak menggunakan konsep pencetakan foto langsung, melainkan ditempel secara manual oleh pemilik album, maka jenis kertas yang umumnya digunakan adalah perekat, dengan lapisan kertas mika bening untuk bagian penutup foto. Jenis kertas perekat yang digunakan sama sekali tidak mempengaruhi hasil foto yang ada.

 

3. Perbedaan Proses Pembuatan

Album magazine memiliki proses pembuatan yang lebih kompleks dibandingkan dengan album magnetic. Diawali dengan tahapan editing foto, yang kemudian dilanjutkan dengan pemilihan jenis kertas. Berikutnya akan masuk dalam proses printing dengan teknik khusus. Dan yang terakhir adalah penggabungan seluruh lembaran foto menjadi satu.

 

Sedangkan untuk album magnetic, dilakukan dengan pemilihan kertas terlebih dahulu, untuk kemudian diberikan bahan perekat. Dan yang terakhir ditambahkan mika transparan di bagian atasnya. Foto pada album magnetic tidak melewati proses pencetakan langsung, sebab nantinya akan dimasukkan sendiri secara manual.

 

Kamu mungkin sudah sering melihat cara penggunaan album magnetic ini, yaitu dengan membuka pelapis dari mika bening yang ada di bagian atas, kemudian mengatur foto dengan cara menempelkannya di bagian kertas perekat.

 

Jika sudah selesai, tahap akhirnya adalah menutup kembali lapisan transparan tadi, dengan memastikan bahwa tidak ada ruang yang terisi dengan udara. Sebab jika begini, foto akan menjadi lembab dan warnanya cepat luntur.

 

Baca Juga : Jenis Kertas Undangan Pernikahan Elegan dengan Harga Terjangkau

 

4. Perbedaan Harga

Setelah mengetahui perbedaan konsep dan cara pembuatan tadi, maka Kamu pasti sudah bisa menebak bahwa rentang harga yang dimiliki oleh kedua jenis album ini tentu berbeda. Album magazine memiliki harga yang terbilang lebih mahal, sedangkan album magnetic sendiri terkenal sebagai salah satu pilihan penyimpanan foto yang berharga paling murah dan terjangkau.

 

Itulah beberapa perbedaan antara album magnetic dan album magazine. Nah, dari keduanya yang mana nih yang sesuai dengan kebutuhanmu? Jika kamu menginginkan custom album magnetic maupun album magazine, atau bahkan ma sekalian cetak foto-fotonya, bisa lho pesan di PrintQoe.com. Kamu tinggal mengisi Request for Quotation, hasil cetaknya akan dikriimkan ke tempat yang kamu mau.