Pentingnya Suatu Logo untuk Branding Perusahaanmu

Pentingnya Suatu Logo untuk Branding Perusahaanmu


Tya | 31 Dec 2019 | 1145

Logo bagi sebuah perusahaan merupakan sesuatu yang sangat penting. Biasanya logo menggambarkan lini bisnis, layanan serta visi dan misi sebuah perusahaan. Setiap perusahaan menciptakan logo perusahaan sesuai dengan lini bisnis dan layanan serta produk yang mereka tawarkan.

 

Kebanyakan perusahaan menawarkan layanan berupa jasa dan produk. Baik jasa maupun produk yang ditawarkan pun beragam jenisnya dan terus berkembang hingga saat ini.

 

Kategori produk yang ditawarkan perusahaan pun beragam seperti makanan dan minuman (Food and Beverage / F&B), fashion, elektronik, gadget, properti, otomotif, fashion, kecantikan, kesehatan, produk rumah tangga dan sebagainya. Untuk perusahaan yang menyediakan layanan jasa pun terus berkembang seperti jasa transportasi, keuangan, jasa desain, jasa pembuatan aplikasi dan website, telekomunikasi, kesehatan dan banyak lagi.

 

Jumlah perusahaan saat ini kian menjamur. Apalagi kini banyak bermunculan startup atau perusahaan rintisan dengan berbagai layanan baik produk maupun jasa yang diberikan. Terutama bagi perusahaan yang menyediakan produk, logo menjadi suatu hal yang penting. Misalnya perusahaan yang bergerak dalam F&B, logo brand dalam Cetak Kemasan harus diperhatikan dengan baik.

 

Baca Juga: Kriteria Memilih Tempat print yang Paling Bagus untuk Cetak kemasan Produk Usaha

 

Hingga saat ini Cetak Kemasan masih jadi media promosi yang sangat tepat bagi perusahaan yang menawarkan produk makanan, minuman, kesehatan, kecantikan, fashion, produk rumah tangga dan lainnya. Tujuannya untuk melakukan branding dan memasarkan produk tersebut agar diterima masyarakat luas.

 

Sejatinya, fungsi logo pada perusahaan sebagai simbol pengingat produk bagi konsumen. Penggunaan sebuah logo pada produk atau kemasan produk akan membantu konsumen mengingat produkmu lebih mudah.

 

Sejumlah perusahaan telah menyadari pentingnya logo dalam kemasan produk mereka untuk  memudahkan pemasaran. Jadi, logo brand atau perusahaan menjadi salah satu media promosi untuk mengenalkan brand perusahaan kepada konsumen dan calon konsumen.

 

Baca Juga: Yang Harus Disiapkan Sebelum Launching Produk Baru

 

Untuk itu, Kamu harus menciptakan logo perusahaan sesuai dengan layanan, visi dan misi perusahaan agar dikenal oleh semua kalangan dan tepat sasaran. Sebelum membuat logo perusahaan, sebaiknya Kamu pahami dulu pentingnya logo untuk branding perusahaanmu.

 

Berikut pentingnya logo untuk branding perusahaan

 

1. Buat Logo yang Unik dan Berbeda dengan Kompetitor

Jangan membuat logo mirip dengan logo perusahaan besar. Karena hal tersebut dapat menurunkan kredibilitas perusahaan serta menandakan bahwa Kamu adalah korban dari program branding perusahaan lain. Sehingga Kamu menganggap logo perusahaan kompetitor tersebut paling baik dan Kamu terinspirasi untuk menciptakan logo serupa.

 

Untuk itu, buatlah logo yang unik dan berbeda dengan kompetitor. Setelah membuat logo unik segera cantumkan logo tersebut dalam Cetak kemasan untuk produk yang ditawarkan perusahaanmu.

 

Logo yang unik sangat membantu program branding dan marketing dalam memenangkan persaingan dengan para kompetitor. Apalagi persaingan bisnis di era ini sangat ketat jika Kamu tidak menciptakan logo yang berbeda, maka produk perusahaan Kamu tidak akan dikenal bahkan dibeli oleh masyarakat.

 

2. Ciptakan Logo yang Bersifat Abadi

Dalam pembuatan logo perusahaan sebaiknya jangan mengikuti tren. Boleh saja mengikuti tren, tapi Kamu harus riset dulu logo yang digunakan pada zaman dulu hingga zaman sekarang. Ciptakan logo yang bersifat abadi yang tidak akan ketinggalan zaman dan terus bisa dipakai kapanpun.

 

Kamu juga bisa cari referensi logo yang sudah dipakai dari beberapa tahun hingga saat ini. Namun jangan sama persis, Kamu harus memodifikasi logo tersebut agar terlihat berbeda. Logo yang bersifat abadi tersebut bisa Kamu gunakan dalam Cetak kemasan produkmu.

 

Baca Juga: Rumus Sukses Strategi Kafe Kopi Kekinian

 

3. Pastikan Logo Mudah Diingat

Buatlah logo yang mudah diingat oleh konsumen dan calon konsumen. Mudah diingat bukan berarti bahwa logo harus dibuat sederhana.

 

Logo yang dibuat harus harus sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Namun pastikan pesan dari logo tersebut bisa sampai ke konsumen dan calon konsumen. Selanjutnya Cetak kemasan produk menggunakan logo tersebut sehingga akan terus diingat oleh konsumen dan calon konsumen.

 

4. Sesuaikan Logo dengan Media yang Dipakai untuk Cetak Kemasan

Pada kategori produk makanan, minuman, kesehatan, kecantikan, fashion, dan lainnya logo juga digunakan dalam Cetak kemasan. Oleh karena itu, sesuaikan logo dengan media kemasan yang digunakan dalam Cetak kemasan. Misalnya ukuran logo, warna dan lainnya.

 

Perhatian ukuran dan jenis kemasan karena kemasan bisa terbuat dari kertas, plastik, aluminium foil, kaca dan sebagainya. Siapkan logo dengan warna berbeda dan ukuran yang berbeda agar bisa digunakan di berbagai kemasan dalam Cetak kemasan.

 

Semoga manfaat pentingnya logo untuk branding perusahaan dapat Kamu terapkan agar produk Kamu dapat diterima oleh konsumen dan calon konsumen. Implementasi logo untuk branding perusahaan dapat Kamu terapkan dalam Cetak Kemasan untuk produk yang Kamu pasarkan. Kamu bisa melakukan Cetak kemasan di PrintQoe.com

 

Sumber: Berbagai Sumber