Pentingnya Product Tag untuk Usaha Fashion

Pentingnya Product Tag untuk Usaha Fashion


Tya Widianingsih | 03 Nov 2020 | 113

Industri fashion merupakan salah satu yang paling besar di Indonesia saat ini. Karena itu persaingan di dalamnya pun juga semakin kompleks, mulai dari adu kualitas dengan produk impor, hingga menantang inovasi dengan produk-produk lokal yang tak kalah keren.

Persaingan yang ketat ini kemudian mengharuskan tiap produsen untuk membuat tanda pengenal, agar pasar bisa mengenali dan membedakan produk milik sendiri dengan perusahaan kompetitor. Salah satu cara terbaik untuk menandai produk ini adalah dengan menggunakan cetak stiker label, hingga kemasan produk yang unik, berupa  product tag.

 

Pentingnya Product Tag untuk Usaha Fashion

Produk tag merupakan inovasi cetak stiker label yang umumnya digunakan pada kemasan produk fashion. Di dalamnya berisi keterangan merk, dan informasi penting lainnya. Namun sebenarnya seberapa penting sih penggunaan product tag ini bagi eksistensi usaha fashion

 

1. Bagian dari Strategi Promosi

Kamu pasti pernah membeli baju, rok, scarf, ataupun produk fashion lainnya dan menemukan sebuah product tag di dalamnya. Di sana Kamu mendapatkan informasi penting mengenai produk, mulai dari merk, alamat situs dan platform sosial media, kontak, hingga tag line khas yang dimiliki.

Membaca ini akan memberikan kamu pengetahuan baru mengenai produk fashion tersebut. Karena itulah product tag diklaim sebagai salah satu strategi promosi. Dari melihat tag yang tergantung saja pembeli sudah bisa mendapatkan product knowledge yang cukup.

 

2. Sebagai Identitas Produk

Seperti yang dibahas sebelumnya, persaingan yang ramai di industri fashion menjadikan tiap produsen harus memutar otak dalam rangka memunculkan identitas kemasan produk. 

Namun ternyata penggunaan product tag bisa mewakili keresahan ini, dengan cara memunculkan berbagai detail produk di bagian label. Detail ini tak terbatas hanya mengenai informasi tertulis saja, melainkan termasuk slogan dan penggunaan logo khusus milik perusahaan. 

 

3. Penguat Brand

Menurutmu manakah merk yang lebih proper untuk dibeli, yang menggunakan kemasan produk dengan informasi detail, atau barang yang tak bermerk? Dalam hal ini, pasti produk dengan label jelas dan detail yang menjadi jawabannya.
Inilah alasan mengapa product tag cocok dijadikan sebagai penguat brand. Dengan menaruh informasi yang lengkap mengenai produk, maka membantu dalam usaha menguatkan pengetahuan pasar mengenai konsep produk fashionmu.

 

4. Menghindari terjadinya pemalsuan produk

Persaingan saat ini bukan hanya masalah kualitas dan inovasi saja, melainkan mencegah adanya plagiasi produk, dengan munculnya produk-produk kw di pasaran. Jika dibiarkan, ini akan menurunkan kekuatan merk dagangmu.

Bagaimana ya cara membedakan produk fashion yang ori dan kw? Salah satu jawabannya adalah melalui product tagnya. Pembuatan product tag yang khusus dan tak bisa ditiru akan membantu Kamu untuk menjaga kualitas produk. Pembeli akan dimudahkan untuk mengenali mana produk yang asli dan tidak, hanya dengan melihat bagian informasi di bagian labelnya. 

 

5. Pesan persuasif bagi konsumen

Fungsi selanjutnya dari product tag adalah sebagai pesan persuasif bagi pembeli. Saat ini kualitas produk bukan hanya dilihat dari penggunaan bahannya saja, melainkan juga pengemasannya, termasuk bagaimana cara produsen menampilkan product tag.

Product tag saat ini banyak yang dilengkapi dengan informasi nilai gizi, cara penggunaan, tips penyimpanan, hingga hal-hal menarik lainnya. Hal inilah yang kemudian membangun pola pikir positif tentang sebuah brand, dibandingkan dengan produk yang dijual dengan label seadanya. Product tag yang kreatif juga sangat berguna dalam membantu pengambilan keputusan pembelian.

Produk yang bagus bukan hanya dilihat dari bahan pembuatannya saja, melainkan bagaimana kemasan produk dihadirkan di pasar. Pengemasan yang apik akan memberikan pengaruh besar pada penilaian pasar mengenai kualitas produk.