Pentingnya Desain Prospektus Bagi Annual Report Perusahaan

Pentingnya Desain Prospektus Bagi Annual Report Perusahaan


Tya Widianingsih | 31 Dec 2019 | 851

Prospektus memang istilah yang jarang sekali digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Namun, saat ini Kamu mungkin sudah paham dengan istilah prospektus yang sedang Kamu cari. Hanya saja, bisa jadi Kamu belum yakin apakah desain prospektus yang Kamu buat sudah sesuai dan menarik.

 

Ringkasnya, prospektus adalah gabungan antara profil perusahaan dan laporan keuangan (annual report) yang menjadi dokumen resmi. Berkas ini nantinya akan perusahaan atau lembaga gunakan untuk memberikan deskripsi yang efektif dan mudah mengenai saham yang mereka miliki. Tujuannya singkatnya, publik bisa menilai perusahaan dengan mudah hanya dengan membaca dokumen prospektus.

 

Lebih rinci, prospektus ada informasi yang penting berkaitan dengan saham, obligasi, reksadana, nilai investasi. Selain itu, ada juga data mengenai laporan keuangan, bidang usaha. Bahkan, ada juga yang menambahkan biografi dari dewan direksi atau pun komisaris.

 

Baca Juga: Mengapa Annual Report Penting untuk Disajikan Perusahaan?

 

Tak hanya sampai disitu, prospektus juga menjelaskan hambatan yang perusahaan alami. Kompensasi, daftar aset, dan informasi yang bersifat materil pun ada di dalamnya. Namun, prospektus yang bagus harus ada informasi rinci dan fakta mengenai material penawaran umum emiten dan perusahaan milik publik. Informasi-inforamasi ini lah yang nantinya mempengaruhi keputusan para investor.

 

Umumnya, ada dua jenis prospektus. Pertama, prospektus awal yang belum menambahkan informasi tingkat suku bunga obligasi, nilai nominal, penjaminan emisi efek, jumlah dan harga penawaran efek, dan berbagai informasi yang berkaitan atas syarat penawaran yang belum ditentukan.

 

Kedua, prospektus final. Pada jenis ini prospektus sudah siap dipublikasikan setelah mendapatkan Pernyataan Pendaftaran yang dinyatakan efektif. Prospektus final harus berisikan 20 hal ini.

  1. Penawaran umum
  2. Rencana penggunaan dana
  3. Pernyataan hutang
  4. Ikhtisar data keuangan penting
  5. Analisis dan pembahasan oleh manajemen
  6. Resiko usaha
  7. Kejadian penting
  8. Keterangan tentang perseroan dan entitas anak
  9. Kegiatan dan prospek usaha perseroan dan entitas anak
  10. Peraturan mengenai industri
  11. Ekuitas
  12. Kebijakan deviden
  13. Perpajakan
  14. Penjamin emisi efek
  15. Lembaga dan Profesi Penunjang Pasar Modal
  16. Pendapat dari segi hukum
  17. Laporan Auditor Independen dan Laporan Keuangan Konsolidasian
  18. Anggaran dasar
  19. Persyaratan pemesanan pembelian saham / Obligasi
  20. Penyebarluasan prospektus dan formulir pemesanan pembelian saham / Obligasi

 

Baca Juga: Kenapa Perusahaan Harus Mencetak Invoice Pribadi?

 

Dari sini mungkin Kamu berpikir, banyak sekali poin yang harus ada di dalam prospektus. Namun, Kamu bisa santai dengan menggunakan jasa dari Printqoe yang ahli dalam percetakan online. Printqoe juga sudah terbiasa membuat dan mencetak prospektus.

 

Buat Kamu yang masih penasaran, bisa melanjutkan membaca lebih lanjut artikel ini. Oleh karena Printqoe yang memang sudah terbukti di layanan percetakan online akan membeberkan 7 faktor penting yang membuat prospektus Kamu menjadi sangat menarik.

 

Mudah Dipahami

Komunikasi yang baik adalah nilai yang diterima sama dengan yang dinyatakan. Dengan kata lain, pembaca bisa memahami dengan mudah prospektus yang Kamu buat. Di sini, Kamu membutuhkan keahlian seorang desainer yang terbiasa membuat layout prospektus. Desainer akan memberikan yang terbaik dari sisi estetika dan mudah untuk orang lain memahami isi dari prospektus.

 

Jadi, Kamu harus benar-benar menemukan desainer yang sudah terbiasa mengerjakan urusan prospektus. Jangan sampai Kamu menggunakan jasa desainer yang tidak biasa membuat prospektus. Apalagi Kamu menggunakan desainer amatir yang tidak bisa memberikan visual hebat dan tidak tahu mengenai prospektus.

 

Bila memaksa, Investor bisa mengernyitkan dahi dan marah-marah. Hilang sudah dana segar yang akan Kamu terima. Untuk menghindari ini, Kamu harus benar-benar memastikan prospektus di tangan yang tepat. Apalagi nantinya prospektus ini Kamu cetak, pastikan juga hasil cetak yang bagus dan mudah terbaca.

 

Kamu bisa mengandalkan pihak yang sangat mumpuni dalam membuat prospektus, salah satunya Printqoe yang mempunyai layanan andalan percetakan online dan terbiasa mengurus prospektus.

 

Baca Juga: Panduan Membuat Company Profile yang Menjual

 

Penampilan yang Menarik

Mata memang sangat butuh sesuatu yang menarik dan menyegarkan. Begitu juga saat membaca prospektus, rinci dan mudah dipahami saja tidak cukup. Pernah bosan baca buku teks pelajaran yang tidak ada ilustrasi atau elemen desainnya? Itulah tugas desainer membuat elemen desain yang memanjakan mata sekaligus menarik minat Investor untuk membaca prospektus hingga tamat.

 

Untuk tugas ini, Kamu bisa mempercayakan kepada Printqoe, ahli dalam membuat desain yang menarik selain jagoan di bidang percetakan online.

 

Sesuai dengan Urutan

Seperti membaca sebuah buku pedoman, prospektus harus tersusun bertahap, berurutan, dan beraturan. Mudahnya, informasi yang divisualkan haruslah saling mendukung dan berkesinambungan. Janganlah membuat visual yang saling berebut dan mengacaukan urutan. Dengan begitu, Investor bisa memahami prospektus dengan mudah dan nyaman.

 

Konsistensi

Prospektus dari jenis file dibagi dua cetak dan digital. Kedua jenis file ini haruslah sama. Pastikan prospektus yang Kamu cetak di percetakan online harus lah sama dengan yang akan Kamu unggah atau publish secara online.

 

Jangan sampai investor membaca dua jenis prospektus yang berbeda, meski hanya dari segi desain. Investor akan menaruh curiga dan mengasumsikan perusahaan masih belum matang dari mempersiapkan dokumen saja seperti itu.

 

Hindari Typo

Dalam mengetik dokumen yang panjang, mungkin saja terselip beberapa huruf yang tidak sesuai tempat dan menyebabkan ambiguitas. Lebih parah lagi, investor akan mengurangi penilaian mereka terhadap perusahaan. Singkatnya, Investor akan menganggap perusahaan tidak profesional.

 

Dengan kata lain, ketelitian adalah hal yang sangat penting. Maka gunakanlah jasa desainer yang handal demi kebaikan diri Kamu sendiri. Printqoe pun sudah terbiasa membuat dokumen dan terhindar dari typo yang terlihat sepele, tetapi memberikan dampak yang sangat signifikan.

 

Baca Juga: Layanan Cetak Digital Online Terpercaya untuk Perusahaan dan Instansi Pemerintahan

 

Ada Nilai Jual

Fokus utama perusahaan adalah menjual saham dari membuat prospektus. Begitu pun desain harus mempunyai nilai jual dan menarik. Kesan inilah yang harus dikuatkan mampu menarik minat investor dan membujuk mereka untuk membeli saham.

 

Sesuai Brand Perusahaan

Desain di sini tidak perlu menampilkan visual yang sangat menarik, tetapi tidak sesuai dengan nilai perusahaan. Gampangnya, desain prospektus masih harus mengikuti jejak design guideline yang sudah dibuat.

 

Sederhananya, bila perusahaan sudah mempunyai komposisi warna hijau, hitam, dan putih. Maka gunakanlah warna tersebut, sehingga investor masih merasakan brand atau nilai perusahaan. Pernahkah melihat Tokopedia menggunakan warna merah Bukalapak?