Penjelasan Seputar Serba Serbi Dunia Periklanan

Penjelasan Seputar Serba Serbi Dunia Periklanan


Tya | 31 Jan 2020 | 177

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar kata “iklan”. Setiap hari kita pasti banyak menjumpai iklan dimana saja, di koran yang kamu baca, di papan jalan yang kamu lewati, di tayangan yang kamu tonton dan masih banyak lagi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian iklan ialah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Nah, kalau bicara tentang iklan, pastinya banyak serba serbi yang harus kamu ketahui, yuk kita bahas satu persatu!

 

Iklan Sebagai Media Komunikasi?

Periklanan erat kaitannya dengan komunikasi dan pemasaran, bahkan periklanan bisa dibilang adalah elemen penting dari kedua hal tersebut. Periklanan bersifat komersil untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah produk barang atau jasa secara non personal dengan harapan terjadinya sebuah kegiatan jual – beli didalam kehidupan masyarakat umum selaku konsumen yang akan memberi keuntungan bagi pemasang iklan tersebut. Periklanan merupakan sebuah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari proses atau suatu kegiatan didalam dunia bisnis dan dunia pemasaran sebuah produk atau jasa.

 

Iklan Sebagai Media Pemasaran?

Periklanan sebagai media pemasaran memiliki tujuan untuk membentuk citra sebuah produk barang atau jasa yang baik dimata dan hati konsumen. Karena citra yang baik tersebutlah yang akan membuat sebuah produk barang atau jasa tersebut menjadi berkembang dan diminati oleh banyak kalangan. Selain itu, periklanan dengan citra yang dibentuknya harus mampu menjabarkan setiap informasi yang dimiliki produk tersebut agar konsumen lebih yakin.

 

Baca Juga: Bedanya Branding dan Marketing, Cari Tahu Disini!

 

Dengan periklanan, informasi sebuah produk akan menjadi lebih mudah untuk diketahui oleh khalayak ramai.  Oleh karena itu, iklan menjadi sangat penting dan vital sekali, karena iklan akan memuat berbagai unsur informasi sebuah produk barang atau jasa. Karena tujuan periklanan yang satu inilah, periklanan tidak boleh memberikan informasi yang tidak akurat, mengandung unsur kebohongan, serta tidak boleh mengandung informasi yang merugikan konsumen.

 

Periklanan juga memiliki tujuan dan fungsi sebagai pengontrol agar produk tersebut jelas, berkualitas, serta baik digunakan oleh masyarakat luas. Tujuannya adalah agar masyarakat mengetahui dan bisa membedakan mana produk yang baik dan berkualitas, serta mana produk yang asli dan terjami ataupun mana produk yang palsu.


Tujuan iklan berikutnya adalah memberikan nilai tambah dipandangan setiap konsumen yang melihat iklan dengan cara mempengaruhi persepsi konsumen. Karena tujuan inilah, konsumen akan merasa bahwa produk tersebut lebih baik, lebih berkualitas, lebih modern, lebih elegan, lebih bergaya, lebih unggul dari produk sejenis yang diproduksi oleh perusahaan lain.

 

Sering kali kita melihat sebuah iklan yang dibuat dengan cara yang beraneka ragam, mulai dari iklan yang unik hingga iklan yang kita rasa sangat aneh dan lucu. Semua iklan itu dibuat untuk satu tujuan, yaitu menarik perhatian konsumen yang melihat tanyangan atau cetakan iklan tersebut. Ketika perhatian konsumen sudah didapatkan, maka diharapkan pula konsumen akan membeli dan menggunakan produk tersebut.

 

Nah untuk itu, desain iklan yang akan disebar tentu juga harus dipikirkan secara baik-baik. Jaman sekarang, banyak sekali firma atau individu yang menawarkan jasa desain periklanan. Tentunya setelah desain iklan jadi, kamu perlu memilih channel apa yang akan digunakan untuk menyebarkan iklan tersebut. Membuat desain iklan menjadi digital, brosur, poster atau bahkan baliho.

 

Baca Juga: Tips Memasang Papan Iklan Agar Aman

 

Meskipun jaman sekarang sudah modern, tetapi iklan cetak tetaplah dibutuhkan. Untuk kamu yang membutuhkan jasa cetak yang tidak ribet, kamu bisa beralih ke jasa cetak online. Jasa cetak online memberikan kemudahan dan kecepatan dalam membuat iklan kamu dapat tersebar luas. Sekarang sudah banyak jasa cetak online di Indonesia, salah satunya adalah PrintQoe.com. Di platform ini, Kamu bisa mencetak berbagai jenis dokumen secara online. PrintQoe.com menawarkan jasa cetak online untuk para konsumen yang sibuk. Jika kamu tidak bisa datang ke percetakan, tenang saja, jasa cetak online ini siap membantumu.