Panik Harus Cepat Cetak Skripsi? Baca Kiat-kiatnya Disini!

Panik Harus Cepat Cetak Skripsi? Baca Kiat-kiatnya Disini!


Tya | 22 Oct 2019 | 244

Skripsi adalah salah satu fase terpenting dalam dunia perkuliahan. Dalam fase ini, mahasiswa diwajibkan untuk membuat sebuah laporan penelitian yang cukup tebal dan harus dicetak. Nah, dalam hal ini kebutuhan cetak skripsi tentu harus Kamu perhatikan.

 

Biasanya, skripsi dicetak hard cover. Hal itu dilakukan agar skripsi dapat tersimpan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena hal tersebut, proses cetak harus dilakukan secara hati-hati. Bisa dibilang, proses mencetak skripsi tidak boleh dilakukan secara serampangan. Jika salah mencetak, maka proses kelulusan Kamu terancam batal. Agar tidak salah langkah dalam mencetakn skripsi yuk simak beberapa tips berikut ini. 

 

Baca Juga: Cara Cepat Printing Murah Harga Mahasiswa

Cetak Skripsi Cepat, Cetak Skripsi Hemat

 

Pastikan Data Skripsi Benar

Skripsi disusun berdasarkan penelitian yang Kamu lakukan. Untuk itu pastikan data-data yang terdapat di skripsi sudah benar. Jika perlu, suruh teman Kamu untuk membacanya berkali-kali. Kenapa sih Kamu harus memastikan data-data di skripsi benar? Sebab proses cetak terbilang tidak murah. Memastikan data yang tepat akan membuat proses cetak skripsi berjalan lebih efisien.

 


Manfaatkan Kertas Bekas

Kebutuhan cetak skripsi membutuhkan kertas yang tidak sedikit. Kamu bias menghabiskan setengah rim kertas hanya untuk bimbingan. Untuk itu, Kamu dapat menggunakan kertas yang tidak terpakai. Perlu diingat, kertas bekas hanya dapat Kamu gunakan saat sedang bimbingan dengan dosen. Jika skripsimu sudah disetujui, maka Kamu harus gunakan kertas yang baru. 

 

Cetak Cover Dulu

Mencetak cover skripsi dapat membuat proses cetak lebih efisien. Sebab, cover skripsi biasanya menjadi bagian yang jarang direvisi oleh dosen. Jadi, Kamu dapat mencetak cover dengan spesifikasi yang sudah ditetapkan oleh pihak kampus.

 

Baca Juga: Waktu Mengerjakan Tugas Semakin Efektif dengan PrinterQoe

 

Pilih Tempat Cetak Terbaik

Untuk mencetak skripsi, Kamu harus memilih tempat cetak terbaik. Biasakan, cari tempat mencetak yang sudah terkenal di kalangan mahasiswa. Kamu perlu tahu juga soal reputasi dari tempat cetak tersebut. Jika Kamu salah dalam memilih tempat cetak, hasil cetak skripsi kamu terancam tidak berkualitas. 

 

Atur Anggaran

Dalam mencetak skripsi, seorang mahasiswa akan membutuhkan banyak uang. Sebab, draft skripsi biasanya akan banyak direvisi oleh dosen pembimbing. Jadi pastikan, anggaran kamu cukup. Agar anggaran Kamu tidak membludak, coba buat daftar anggaran dalam mencetak skripsi. Hal itu akan mempermudah Kamu dalam mengetahui lalu-lintas pengeluaran dalam mencetak skripsi.

 

Cetak Bolak-Balik

Kertas sebagai salah satu komponen penting dalam kebutuhan cetak skripsi haruslah Kamu hemat. Daripada mencetak di selembar kertas, Kamu bias mencetak skripsi secara bolak-balik. Namun perlu diingat sebelum melakukan tips ini. Kamu harus memperhatikan standar cetak skripsi di kampus. Sebab, tidak semua kampus mengizinkan cetak bolak-balik.

 

Baca Juga: 5 Cara Membangun Networking Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

 

Pilih Metode Penjilidan

Skripsi yang sudah final haruslah diberikan ke dosen dalam bentuk jilid. Dalam hal ini, Kamu harus memilih jenis penjilidan yang akan Kamu aplikasikan ke skripsi. Sebab, hal ini akan mempengaruhi budget. Ada beberapa metode penjilidan yang dapat dipilih, seperti hard cover, soft cover, spiral plastik, dan spiral kawat. Lagi-lagi sebelum memilih tipe penjilidan, pastikan dulu spesifikasi skripsi di kampusmu.

 

Perhatikan Spesifikasi Skripsi

Setiap kampus memiliki spesifikasi yang berbeda soal skripis. Spesifikasi yang dimaksud termasuk, jenis kertas, ukuran font, tipe penjilidan, jenis cover, dan sebagainya. Jika kamu salah memperhatikan, bias-bisa skripsi Kamu harus dicetak ulang.