Mengetahui Perbedaan Spanduk dan Banner

Mengetahui Perbedaan Spanduk dan Banner


Tya Widianingsih | 10 Nov 2020 | 123

Terdapat beragam jenis media promosi, baik itu yang digunakan secara digital, maupun cetak. Dua sarana promosi yang sampai saat ini masih kerap digunakan adalah spanduk dan banner. Itulah mengapa, saat ini sangat mudah menemukan jasa penyedia cetak spanduk maupun cetak banner murah.

Walaupun begitu, tenryata masih banyak lho yang belum mengetahui perbedaan penting antara kedua media promosi ini.
Perbedaan Spanduk dan Banner

Jika dilihat secara sekilas, spanduk dan banner memang sama-sama media promosi berbasis cetak. Wajar kemudian jika banyak yang sering menyamakan keduanya. Namun hal ini ternyata keliru. Nah, berikut ini perbedaan spanduk dan banner yang harus Kamu pahami.

 

Baca Juga : Pengaruh Warna Pada Material Promosi Terhadap Psikologi Pelanggan

 

1. Perbedaan Dimensi Ukuran

Perbedaan ukuran adalah yang paling mudah dikenali dari spanduk dan banner. Untuk spanduk umumnya memiliki ukuran yang lebih besar daripada banner. Misalnya saja untuk dimensi paling minimal spanduk berada pada ukuran 80cm x 200cm, dan bisa dimaksimalkan hingga 150cm x 300cm. Ukuran ini juga tetap bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sedangkan untuk cetak banner murah umumnya memiliki bentuk yang horizontal dengan ukuran minimal 60cm x 160cm dan maksimal 80cm x 200cm. Namun sama seperti penggunaan spanduk, cetak banner murah juga bisa ditingkatkan lagi ukurannya hingga mencapai 300cm, atau sesuai dengan kebutuhan.

 

2. Perbedaan Kertas

Perbedaan kedua terletak pada media pencetaknya, spanduk dan banner memang sama-sama menggunakan kertas namun jenisnya sebenarnya jauh berbeda. Karena spanduk umumnya diletakkan di luar ruangan, maka kertas yang digunakan cenderung lebih ringan, mudah untuk dilipat-lipat, namun berdaya tahan kuat. Dua jenis kertas yang biasa digunakan adalah kertas berjenis flexy dan cloth banner yang bertekstur seperti kain.

 

Sedangkan cetak banner murah biasanya digunakan untuk kepentingan di dalam ruangan. Kalaupun digunakan di luar, banner akan dibantu juga dengan alat penyangga (umumnya dikenal sebagai standing banner). Karena itu jenis kertas yang digunakan biasanya dipilih yang tak gampang sobek dan kaku, layaknya kertas PVC dan kertas albratos. 

 

Baca Juga : Material Berkualitas untuk X Banner

 

3. Perbedaan Posisi Peletakan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, spanduk lebih lumrah untuk ditemui di luar ruangan, karena itu peletakkannya juga biasanya lebih beragam. Dengan memberikan simpul pengikat di tiap-tiap ujungnya, spanduk bisa diletakkan dimana saja.  Mulai dari menggantungnya di tembok, pohon, ranting, dan segala jenis benda yang bisa dijadikan penyangga.

 

Namun hal ini berbeda dengan banner. Karena banner digunakan dalam bentuk horizontal, maka ia membutuhkan tiang sandaran untuk dapat berdiri tegak. Karena ituah banner lebih sering dijadikan sebagai media promosi untuk event di dalam ruangan. Beberapa jenis banner yang biasa ditemukan di cetak banner murah adalah roll up banner, Y banner dan X banner.

 

Bagi kamu yang ingin mencari media promosi yang sifatnya semi formal dan formal, untuk instansi ataupun institusi resmi, maka banner akan jadi pilihan yang tepat.

 

4. Perbedaan Mesin Cetak

Perbedaan terakhir adalah pada mesin cetaknya. Walaupun banner dan spanduk sama-sama menggunakan teknik digital printing, namun jenis mesinnya tetap berbeda. Spanduk dicetak dengan mesin yang khusus digunakan untuk kebutuhan luar ruangan. Sehingga penggunaan tinta dan hasilnya pun akan lebih tahan banting ketika harus terkena hujan dan paparan matahari.

 

Sedangkan banner biasanya dicetak menggunakan mesin cetak indoor, karena itulah hasilnya tak begitu awet jika terkena sinar matahari secara langsung. Maka tak heran juga jika biaya cetak banner murah banner menjadi lebih murah dibandingkan dengan spanduk.

 

Itulah perbedaan antara spanduk dan banner. Dari penjelasan di atas kamu bisa menilai manakah media promosi yang sekiranya paling cocok dengan kebutuhanmu. Ketepatan dalam memilih sarana promosi akan membantu menyampaikan pesan dengan lebih efektif. Semoga bermanfaat ya!