Membuat Portofolio Grafik Desain yang Mengesankan

Membuat Portofolio Grafik Desain yang Mengesankan


Tya Widianingsih | 28 Oct 2020 | 84

Portofolio grafik desain merupakan salah satu persyaratan kerja yang krusial bagi desainer. Portofolio inilah yang akan menjelaskan mengenai pengalaman kerja, prestasi, pencapaian lainnya, dan yang paling penting ialah karya yang telah dihasilkan. Singkatnya, portofolio ini merupakan wajahmu di hadapan rekruiter.

Kamu tidak mau kan jika portofolio desainmu malah membosankan dan kurang menarik untuk ditelisik? Sebab kalau begitu, maka bisa dijamin rekruiter juga akan merasa segan untuk lebih jauh membaca penjelasan dirimu. Lalu bagaimana sih caranya membuat portofolio yang mengesankan? Bagi kamu yang mengandalkan portofolio cetak di tempat print terdekat, berikut ini merupakan rekomendasi yang pas untukmu.

 

Membuat Portofolio yang Mengesankan

Jangan pernah menyepelekan portofolio, sebab hal ini akan merugikan Kamu. Portofolio yang ogah-ogahan akan membuat tim rekruiter juga ogah untuk membaca data dirimu dengan lebih saksama. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk portofolio yang lebih apik!

1. Sesuaikan dengan Posisi yang Kamu Incar

Membuat portofolio cetak harus disesuaikan dengan tempat yang kamu incar. Misalnya, apakah Kamu apply di agency, startup, atau bahkan perusahaan multinasional. Buatlah portofolio yang sesuai dengan karakterisik tempat kamu melamar, karena pasti memerlukan portofolio yang berbeda dengan bagian pembuat konten. 

Sebelum mencetak portofolio desain grafismu, konsepkan dulu secara matang dan bayangkan hasil seperti apa yang Kamu harapkan. Sehingga saat kamu mencetak di tempat print terdekat sudah tidak perlu bingung memilih material yang dibutuhkan.

 

2. Pilih Pencapaian Terbaik

Jika ternyata Kamu memiliki banyak pencapaian, apakah semuanya lantas dimasukkan dalam portofolio cetak?  Portofolio yang menarik bukanlah yang ‘terlalu penuh’ oleh pencapaian dan prestasi, melainkan yang ‘'cukup' namun menjelaskan secara keseluruhan. Dalam artian kamu hanya perlu memilih mana pencapaian yang dirasa terbaik dan menarik saja. Tak perlu memasukkan seluruhnya.

Gunakanlah pencapaian yang sekiranya akan membantumu untuk mendapatkan posisi yang Kamu inginkan tersebut. Portofolio yang terlalu penuh, dengan kemampuan acak juga akan menyulitkan rekruiter untuk melihat skill utama yang Kamu miliki.

 

3. Yang mengesankan, bukan yang berlebihan 

Beralih ke masalah desain portofolio. Pastinya kamu sering merasa bingung desain apa yang kira-kira paling cocok untuk digunakan dan dicetak di tempat print terdekat? Kamu punya banyak pilihan, namun rasanya ingin menggunakan semuanya. Tak bisa memilih satu saja, sebab rasanya seluruh desain terlihat cocok.

Stop. Jangan lakukan hal tersebut. Portofolio yang mengesankan bukanlah yang berlebihan. Pilihlah desain yang simple and clear. Tampilan yang sederhana, namun memperlihatkan dengan jelas seluruh penjelasan diri yang Kamu miliki.

Percayalah, portofolio berdesain ribet hanya akan menyulitkan rekruiter untuk membaca dan memahami penjelasan yang Kamu tulis di dalamnya.

 

4. Testimoni dan rekomendasi

Ini bagian penting lainnya yang sangat disarankan untuk kamu masukkan dalam portofolio. Tak ada yang lebih bisa menjamin kemampuan kerjamu selain klien dan rekan kerja, setuju? Yap, karena itu Kamu bisa melampirkan testimoni dan rekomendasi dari klien yang pernah Kamu tangani, pun rekan kerja yang pernah Kamu dampingi.

Hal ini akan memberikan dampak besar pada kepercayaan rekruter. Sebab tak peduli seberapa banyak skill yang Kamu tuliskan, nantinya perusahaan tetap akan menginginkan bukti nyata atas hasil kerja yang pernah Kamu lakukan.

 

5. Tampilkan karyamu

Jika Kamu pernah membuat karya ataupun hasil kerja lainnya yang bisa membantumu mendapatkan posisi yang tengah kamu lamar, maka lampirkanlah!

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, testimoni, rekomendasi, dan karya merupakan hal yang bisa menjadi bukti nyata atas pekerjaan yang pernah Kamu lakukan. Jika Kmau mencari tempat print terdekat yang bisa mencetak portofolio grafik desain namun sulit yang bisa memenuhi spesifikasi yang diinginkan, konsultasikan dengan PrintQoe.com. Printing Expert kami akan membantu mewujudkun portofolio cetak yang mengesankan.