Membuat Desain ID Card Menggunakan Microsoft Word

Membuat Desain ID Card Menggunakan Microsoft Word


Tya Widianingsih | 18 Nov 2020 | 45
Sebelum cetak ID card, baiknya kamu pertimbangkan dulu desainnya. Memang, tidak semua orang bisa membuat kartu identitas karena platform desain cukup rumit digunakan. Namun, kini kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, sudah tersedia panduan dan cara membuat ID card melalui word.
 

Panduan Membuat ID Card Melalui Microsoft Word

Sejauh ini, ternyata orang kurang tahu bahwa ternyata microsoft word bisa digunakan untuk membuat ID card. Bahkan, melalui word, pembuatan ID card jauh lebih mudah dan cepat. Apalagi jika hendak dikirimkan kepada jasa cetak ID card. Lantas, bagaimana panduan dan caranya? Simak di bawah ini ya!
 

1. Buka Microsoft Word

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka ms. word yang ada di laptop maupun PC. Setelah halaman kosong ditampilkan, selanjutnya arahkan kursor menu ‘insert’. Tunggu beberapa saat dan kemudian akan muncul beberapa pilihan menu lagi.
 
Langsung saja klik menu ‘shapes’ dengan icon bangun datar yang melekat. Mengingat kalian akan membua kartu identitas, maka pilih shapes dengan bentuk persegi panjang. Mengapa? sebab pada umumnya jasa cetak ID card menyarankan agar ID card kamu berbentuk demikian.
 

2. Input Manual Tool Size

Panjang dan lebar bentuk persegi panjang yang sudah kamu pilih di menu ‘shapes’ tadi, tetap harus diatur ukurannya. Tujuannya adalah agar sisi satu dengan lainnya tidak rimpang, sehingga ketika dicetak terlihat sinkron satu sama lain. Sungguh tidak lucu bukan, jika kartu identitasmu terlihat miring?
 
Setelah manual tool size kamu klik, kamu bisa mulai menggunakan ‘rules’ untuk mengukur ukurannya. Sebagai acuan, baiknya gunakan ukuran ID card yang sudah jadi atau kartu identitas pada umumnya. Hal ini juga berguna agar ID cardmu tidak kebesaran maupun kekecilan pasca dicetak.
 

3. Buat outline untuk mulai Mendesain

Ketikan cetak ID card nanti, pastikan desain kartu identitasmu tidak hanya berwarna putih polos. Gunakan tools ‘outline’ untuk mendesain warna garis tepi dan memberi warna pada dasar kartu identitas. Caranya adalah dengan mengklik salah satu warna yang kamu inginkan.
 
Setelah itu, bawa kursor ke arah permukaan ID card yang hendak kamu warnai. Apabila tidak sesuai dan ingin mengganti warna, klik saja keyboard dengan tombol CTRL+Z. Maka, otomatis akan membatalkan sendiri.
 

4. Klik Insert Picture

Sebuah kartu identitas tentu tidak lengkap rasanya jika tidak ada tambahan gambar. Baik berupa foto, maupun logo dari perusahaan maupun bisnis kamu. Tapi, apakah membuat ID card menggunakan word bisa menambakan gambar? Tentu saja. Bagaimana caranya?
 
Caranya adalah dengan mengklik menu ‘insert’ di samping menu ‘home’. Tepatnya bersebelahan dengan menu ‘online pictures’ Untuk bisa menambahkan logo maupun foto, kamu harus memilih menu ‘pictures’ dan kemudian klik foto yang dikehendaki.
 

5. Berikan Efek Gradient Menggunakan Tool Shape Fill

Kartu identitas yang menarik sebaiknya harus terdiri dari beberapa warna. Hal tersebut berguna untuk menghindari kemonotonan. Bagaimana caranya menambahkan efek gradasi warna untuk desain kartu identitas di word?
Kamu tingggal menggunakan tool shape fill. Caranya sama dengan menambahkan warna seperti pada point nomor tiga. Bagi yang belum terbiasa memang akan sedikit kesulitan karena memang dibutuhkan kesabaran agar hasilnya bagus.
 

6. Tambahkan Teks Sesuai Kebutuhan

Cara terakhir adalah dengan menambahkan teks pada kartu identitas. Langkah-langkahnya adalah klik kanan permukaan desain ID card, kemudian klik ‘add text’. Setelah selesai, terakhir simpan file desain ID card dalam bentuk PDF agar mudah ketika cetak ID card nanti.
 
Setelah membaca panduan dan cara membuat ID card melalui word di atas, apakah ada kesulitan? Memang bagi yang belum terbiasa akan bingung dan kesulitan. Namun, jika sudah mahir maka tentu lebih cepat, serta memudahkan dalam cetak ID card nantinya. Jika ingin hasil cetak berkualitas dan cepat, serahkan saja sama PrintQoe! Kamu bisa ngeprint dengan mudah #DariManaAja!