Membuat Bullet Journal yang Catchy

Membuat Bullet Journal yang Catchy


Tya Widianingsih | 03 Dec 2020 | 231

Kamu pernah denger bullet journal? Bulat journal dan journaling memang kurang akrab di telinga masyarakat Indonesia. Di luar negri, journaling dengan membuat bullet journal sendiri itu populer sekali lho.

 

Jadi, mereka hanya memesan buku agenda/jurnal sendiri di percetakan murah terdekat dengan sampul dan desain cover yang diinginkan. Bagian isinya, hanya kertas polos biasa. Tidak ada quotes, tabel, garis berwarna-warni, tidak ada apapun. Nah, inilah yang menarik dari journaling. Mereka akan menghias buku agenda/jurnal mereka sendiri dengan hiasan sedemikian rupa, sekreatif mungkin. 

 

Singkatnya, bullet journal ini sama seperti buku planner dan buku diary yang dijadikan satu. Sehingga di dalam bullet journal Kamu bisa menuliskan tentang beragam agenda harian, mingguan hingga bulanan Kamu, sekaligus jadi tempat untuk menulis curahan hati.

 

Cara Membuat Bullet Journal yang Menarik

Jangan khawatir kalau kamu belum pernah membuat bullet journal dan mencetaknya di percetakan murah jakarta, sebab artikel ini akan menjelaskan tahapan-tahapan pembuatan yang mudah dan gampang untuk Kamu ikuti.

 

1. Buat konsep seperti yang kamu mau

Pernah kah kamu membeli sebuah planner  tapi malah banyak bagian-bagian yang tidak cocok dengan kebutuhanmu? Akibatnya planner tersebut malah tidak bisa kamu manfaatkan dengan maksimal, sebab banyak kolom kosong yang tidak cocok dengan agendamu.

 

Hal ini bisa kamu hindari dengan membuat bullet journal sendiri dan mencetaknya di percetakan murah jakarta. Langkah pertama untuk melakukannya adalah mengonsepkan bagian apa saja yang sekiranya Kamu butuhkan di dalam sebuah jurnal. Isinya bisa mengacu pada bentuk bullet journal yang pernah Kamu lihat, namun tak harus sama ya, Kamu bisa menambah dan mengurangi sesuai dengan keinginanmu

 

Baca Juga : Serba Digital, Buku Cetak Masih Digemari

 

2. Tambahkan mood tracker

Tahapan kedua adalah menambahkan bagian unik yang bisa membuatmu menjadi semangat untuk menulis di bullet journal. Misalnya seperti menambahkan kolom mood atau kondisi hati di tiap jenis kegiatan. Bisa juga meletakkan catatan kecil tentang apa yang menarik di tiap harinya. Bisa juga selipan hal-hal menyedihkan atau mengesalkan yang kamu alami. 

Kamu bisa mewakilkan perasanamu dnegan menggunakan warna, gambar, ataupun sImbol-simbol lucu kesukaanmu.
Jadikan catatan keuangan

 

Mencetak bullet journal di percetakan murah jakarta yang dilengkapi dengan catatan keuangan? Boleh juga nih! Kamu bisa meletakkan catatan di bullet journalmu, yang berisi tentang seberapa besar kamu menabung ataupun menghabiskan uang setiap harinya. Hal ini akan menghindarkan kamu dari kebiasan menghabiskan uang tanpa catatan, sehingga di akhir bulan selalu kebingungan tentang pemakaian danamu selama ini. Psst, ternyata cara ini efektif untuk membuatmu lebih sering mengecek jurnal lho.

 

4. Lengkapi dengan stiker

Baru pertama kali membuat bullet journal di percetakan murah jakarta dan khawatir desainnya bakalan jadi sepi dan hampa? Kamu bisa bernapas lega, karena akan mendapatkan bantuan ide dari stiker. Yap, penggunaan stiker akan membuat bullet journalmu menjadi lebih menarik, sebab ada banyak pilihan dan fungsinya.

 

Kamu bisa meletakkan stiker ini sebagai dekorasi sekaligus pelengkap tanda di agendamu. Pilihan stiker juga beragam, mulai dari bentuk-bentuk unik, warna-warni, hingga edisi khusus yang menggambarkan tokoh atau tempat tertentu.

 

5. Pakai tinta berwarna

Tips selanjutnya untuk bullet journal yang catchy adalah menggunakan tinta berwarna. Penggunaan tulisan dengan warna hitam mungkin akan membuatmu tak bersemangat dalam menulis jurnal. 

 

Namun akan berbeda ceritanya jika kamu menyiapkan berbagai warna tinta, yang digunakan sesuai dengan momen atau kegiatan tertentu. Selain membangkitkan semangatmu untuk menulis, ternyata warna-warni ini juga membawa efek positif lho.

 

Baca Juga : Potongan 5 Juta Ngeprint #DariManaAja Pakai PrintQoe.com

 

Membuat bullet journal yang tidak hanya sekedar mempercantik buku saja. Kegiatan ini sudah menjadi hobi baru yang populer, khususnya selama pandemi Covid-19. Journalling dinilai sebagai kegiatan yang bermanfaat untuk menghilangkan stres selama di rumah aja. Jika kamu tertarik mencoba journalling, tentukan dulu konsepnya mau dibuat seperti apa kemudian persiapkan semua kebutuhannya. Termasuk buku agenda custom untuk desain cover-nya, dan bahan kertas yang diinginkan.

 

Buat kamu yang sudah siap membuat bullet journal tapi masih bingung mencari percetakan murah jakarta yang tepat, yuk langsung hubungi online printing PrintQoe.com! Untuk custom buku agenda/jurnal dengan spesifikasi khusus, personalisasi buku dengan isi polos untuk kebutuhan journalling hanya 50ribuan.