Mau Buat Novel? Ini 5 Inspirasi Desain Cover yang Bagus

Mau Buat Novel? Ini 5 Inspirasi Desain Cover yang Bagus


Tya Widianingsih | 10 Nov 2020 | 92
Jika kamu memiliki hobi menulis dan mengarang cerita, baiknya manfaatkan kelebihan itu untuk menghasilkan uang tambahan. Apalagi sekarang ini sudah banyak kemudahan yang diberikan oleh sebagian penerbit, agar penulis bisa cetak novel sendiri.
 
Jika novelmu masuk dalam kategori best seller. Bukan tidak mungkin setiap minggu kamu bisa menikmati transferan dari hasil penjualan. Eits, tapi tahukah kamu bahwa cover bisa menjadi penentu penjualan?
 
Yap, cover menjadi suatu tampilan penting bagi novel untuk menarik perhatian pembaca. Namun, ternyata sejauh ini mendesain cover tidak lagi sulit apabila kalian mengintip inspirasi desain cover ala penulis profesional. Dengan itu, kalian pun bisa cetak novel sendiri dengan mudah.
 

5 Inspirasi Desain Cover Terbaik Ala Penulis Profesional

Sebelum kalian memutuskan untuk cetak novel sendiri, ada baiknya buat desain cover novelnya lebih dahulu. Tapi kan membuat sampul buku itu susah? Siapa bilang? Untuk itu, simak ulasan tentang 7 inspirasi desain cover terbaik ala penulis profesional berikut ini:

 

1. Cover Novel Watercolor

Sumber Foto : https://99designs.com/inspiration/book-covers/watercolor
Inspirasi desain cover pertama yang bisa dipertimbangkan adalah berkesan minimalis dan watercolor. Style desain seperti ini tidak akan pernah lekang oleh zaman dan cocok digunakan untuk novel dengan berbagai genre. Tapi, di pasaran desain watercoler lebih banyak digunakan untuk cerita fantasi atau buku anak-anak. Seperti Tumbelina, Frozen maupun ala-ala kerajaan peri lainnya. Pastinya dengan desain ini novel kalian akan terkesan cantik.
 

2. Cover Novel Flat Design

Sumber Foto : https://99designs.com/profiles/2943411/designs/1760790
Desain flatdesain kebanyakan digunakan untuk novel yang berisikan cerita mistis. Sehingga sampulnya cenderung berwarna gelap, seperti misalnya hitam keabu-abuan, coklat gelap dan lain sebagainya. Sehingga saat pertama kali tertangkap mata, novel kalian akan terlihat mencekam dan menarik.
 

3. Cover Novel Tanpa Gradasi Warna

Sumber Foto : https://99designs.com/profiles/jestyr37?category=book-cover-design&order=featured#filter-controls
Apabila kalian berkeinginan cetak novel sendiri di PrintQoe, siapkan terlebih dulu desain cover yang menakjubkan. Salah satunya adaalah yang berkesan simpel tanpa gradasi warna seperti ala design artist @Jestyr37 di site 99design. Scroll saja berandanya dan temukan banyak inspirasi di sana.
 

5. Cover Novel Ala Ilywellyn

https://www.llewellyn.com/browse_best_sellers.php
Berbicara mengenai rekomendasi cover novel, wajib rasanya untuk menengok salah satu book publisher indie terbesar di dunia ini, Ilywellyn. Ilywellyn telah menerbitkan ribuan judul buku termasuk novel, dengan desain cover yang menarik. Semua jenis desain sepertinya ada. Untuk itu, carilah rekomendasi yang bagus dan cocok dengan karakteristik ceritamu.
 

6. Cover Novel Ala Aksaramantra

Sumber Foto  : https://99designs.com/profiles/2073300
Ketika memutuskan untuk cetak novel sendiri, sebaiknya kalian membuat desain cover novel yang mampu menggambarkan isi ceritanya. Untuk mendapatkan inspirasi, kalian bisa melihat desain cover ala Aksaramantra. Bahkan, desainnya berhasil meraih pemenang dalam kontes desain.
 
Kelima inspirasi desain cover novel di atas tentu bisa disesuaikan sendiri dengan isi cerita kalian. Setelah cocok dan merasa pas dengan desain cover yang sudah dipilih, pastikan kalian cetak novel sendiri di PrintQoe.com. Jaminan berupa proses pengerjaan cepat dan terpercaya bisa kalian dapatkan di sana. Selamat mencoba!