Material Banner yang Cocok untuk Ramadhan, Wedding, dan Promosi, Beserta Harganya

Material Banner yang Cocok untuk Ramadhan, Wedding, dan Promosi, Beserta Harganya


Tya Widianingsih | 15 Apr 2021 | 193

Sumber Gambar : Etsy.com

 

Spanduk dan banner atau  X banner merupakan salah satu media promosi yang bisa dikatakan cukup efektif dari masa ke masa. Bukan hanya perusahaan besar, pebisnis mikro atau UMKM pun bisa menikmati media promosi tersebut dikarenakan harganya yang terjangkau.
Selain sebagai pendongkrak usaha, x banner umumnya digunakan untuk menyambut hari besar, seperti Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, maupun Hari Kemerdekaan. Tidak sedikit juga yang memanfaatkannya sebagai perangkat pelengkap acara pernikahan (wedding).


Berbicara mengenai harga, kamu bisa mendapatkan harga x banner murah di jasa percetakan terdekat yang tentu saja disesuaikan dengan kualitas bahan dasarnya. Kami telah merangkum jenis bahan yang bisa menjadi gambaran mengenai harga dan kualitas sesuai kebutuhanmu.

 

Harga dan Bahan Banner yang Sesuai untuk Ramdhan, Wedding, dan Promosi

Berikut adalah daftar jenis bahan sebagai gambaran kira-kira berapa harga X banner murah yang bisa kamu dapatkan. Simak ulasannya!

 

1. Flexy China

Ciri khas bahan banner dari flexy china adalah memiliki serat, permukaan kasar, dan agak tipis. Bahan tersebut seringkali diimpor dari Tiongkok dengan harga murah, sehingga flexy china ini menjadi primadona yang banyak diganderungi masyarakat. Ketebalan flexy china pun bervariasi, yakni 260 gram, 280 gram, dan 340 gram. Kamu bisa memilih material ini untuk dijadikan berbagai jenis spanduk atau banner, seperti X Banner, Y Banner, dan lain-lain.


Material ini cocok dijadikan spanduk indoor, seperti banner wedding/pernikahan, karena ketahanan produk lebih lama dengan tidak terpapar sinar matahari secara langsung maupun perubahan cuaca yang ekstrem.


Kelebihan produk ini adalah harganya relatif murah yakni berkisar Rp 11.000 hingga Rp 20.000 per meter sesuai ketebalannya. Sedang kelemahan tentu terletak pada kualitas. Ketahanan produk ini hanya berkisar 3 – 12 bulan saja.


2. Flexy Korea

Dibandingkan flexy china, kualitas dan ketahanan flexy korea adalah satu tingkat lebih bagus. Dari segi harga, material spanduk dan banner flexy korea pun lebih mahal, yakni berkisar Rp 30.000 – 65.000 per meter, tergantung ketebalannya. Yang membuat flexy korea lebih unggul dibanding flexy china adalah teksturnya lebih harus dan tingkat ketahanan warna yang lebih lama, sedangkan durasi ketahanan produk secara fisik adalah sama, yakni 3 bulan sampai 1 tahun.


Flexy korea menawarkan tingkat ketebalan atau gramasi 250 gram sampai 400 gram. Tidak jarang material ini digunakan sebagai banner dan spanduk outdoor untuk momen atau promosi yang tidak membutuhkan waktu lama, seperti banner Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, atau Hari Kemerdekaan.

 

3. Flexy Jerman

Flexy Jerman terkenal akan kualitas dan ketahannya sebagai spanduk dan banner outdoor. Karena itulah harga material ini pun lebih mahal dibanding flexy china dan korea yakni antara Rp 50.000 – Rp 100.000 per meter, dengan ketebalan 230 gram sampai 400 gram.

Biasanya, flexy jerman digunakan sebagai spanduk dan banner untuk media promosi outdoor jangka panjang karena ketahanannya pada sinar matahari dan perubahan cuaca ekstem. Sayangnya tidak semua percetakan menyediakan bahan ini dikarenakan harganya yang mahal.

 

4. Albatros

Karakteristik spanduk dan banner berbahan albatros adalah ringan, agak tipis, halus, dan mengkilat. Material albatros cocok digunakan sebagai media promosi atau cetak poster dan foto untuk ditempatkan indoor. Harganya bervariasi mulai dari Rp 85.000 – Rp 140.000 per meter.
Albatros seringdikombinasikan dengan laminasi doff atau glossy sebagai finishing-nya untuk mendapat hasil banner dan spanduk sempurna. Material ini menawarkan berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan kamu, yakni 90 cm, 125 cm, dan 150 cm.

 

5. Luster

Karakteristik material luster adalah teksturnya agak kasar, tipis, dan mengkilap. Bahannya pun cukup kuat dan tidak mudah sobek. Cocok sekali bila kamu menginginkan cetak gambar maupun tulisan dengan resolusi yang tinggi. Umumnya,  banner dan spanduk berbahan luster digunakan untuk X Banner indoor dan Roll Up Banner. Karena sudah mengkilap, bahan ini tidak perlu laminasi doff atau glossy sebagai finishing-nya. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga mulai Rp 7.000 tiap 10 cm.

 

6. Easy Banner

Karakteristik material ini agak kaku dan kasar. Umumnya easy banner digunakan sebagai pembuatan Standing Banner Outdoor. Harganya bervariasi, mulari dari Rp 18.000 per meter, tergantung bahan dan ketebalan. Penempatan bisa di luar kantor atau tepat di depan lapak. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai banner Idul Fitri, natal dan tahun baru, atau sambutan hari besar lainnya, juga media promosi untuk produk usahamu.

 

7. Banner Cloth

Sesuai dengan namanya, sebenarnya banner cloth  adalah kain yang dicetak  secara digital. Karena sangat ringan, produk ini kerap digunakan untuk perangkat selebrasi. Cukup ikatkan saja pada balon untuk diterbangkan. Harganya cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 40.000.

 

8. PVC Banner

PVC atau plastik golongan polivinil klorida ini memiliki karakteristik tidak mudah robek atau melengkung ketika digunakan sebagai material spanduk dan banner. Cocok bisa ditempatkan di luar ruangan sebagai media promosi. Banner outdoor dibandrol dengan harga Rp 520.000 untuk 0.8 m x 2 m. 

 

9. Kain TC

Tetoron cotton atau TC adalah kain berbahan poliester dan cotton, biasa dikenal sebagai kain umbul-umbul. Dibanderol mulai dari Rp 35.000 membuat kain TC banyak digunakan sebagai bahan dasar untuk spanduk promosi. Awalnya pencetakan pada kain TC hanya menggunakan teknik sablon, namun sekarang bisa dicetak menggunakan teknik sublimasi atau digital printing untuk tekstil.

 

10. Kain Poly

Hampir sama dengan PVC, kain poly ini terbuat dari bahan PET (Polyethylene Terephathalate) yang kita kenal sebagai bahan plastik, petrolium (minyak bumi), dan bahan kain sejenis katun. Dengan harga ekonomis, yakni mulai Rp 24.000, membuat kain poly cukup populer digunakan sebagai bahan pembuatan banner. Teknik cetak yang digunakan pun cukup mirip dengan bahan kain lainnya, yakni teknik transfer paper cetak subimasi.

 

Demikian rangkuman mengenai bahan / material dasar pencetakan spanduk dan banner. Semoga bisa memberi kamu gambaran untuk mendapatkan harga X Banner murah sesuai kebutuhan usahamu.