Marketing Bukan Cuma Promosi dengan Media Cetak dan Digital Saja!

Marketing Bukan Cuma Promosi dengan Media Cetak dan Digital Saja!


Tya | 24 Oct 2019 | 172

Saat mendengar kata marketing, apa sih yang terlintas di kepalamu? Menjual barang atau jasa pastinya. Namun, dari jawaban tersebut kebanyakan orang masih menganggap bahwa strategi pemasaran masih terbatas pada promosi saja. Tepatnya strategi marketing dengan menggunakan media cetak dan media digital. Padahal, melakukan marketing tidak hanya tentang promosi saja lho!

 

Marketing merupakan salah satu kegiatan penting yang harus diperhatikan oleh perusaaan. Proses marketing inilah yang memastikan bahwa produk yang dibuat oleh perusahaan sampai kepada konsumen. Oleh karena itu, diperlukan strategi-strategi khusus untuk menjalankan kegiatan marketing dan memastikan bahwa perusahaan mendapatkan laba sesuai dengan yang diharapkan.

 

Menentukan strategi pemasaran sebenarnya mudah. Namun, Kamu tidak boleh menggampangkan begitu saja. Ingat, dalam dunia bisnis juga terdapat persaingan. Jika tidak menentukan strategi jitu, pesaingmu mungkin akan lebih diuntungkan. Sehingga diperlukan pertimbangan yang matang saat membuatnya.  Salah satu strategi marketing yang kini banyak digunakan adalah marketing mix. Strategi marketing mix dinilai membantu perusahaan memperoleh keuntungan yang maksimal.

 

Apa Itu Marketing Mix?

Marketing mix memiliki beberapa elemen, yang dikenal dengan sebutan 4P (Product, Price, Promotion, Place). Namun, seiring dengan perkembangan zaman, ztrategi in telah berubah menjadi 7P yang terbagi dari:

  1. Product
  2. Price
  3. Promotion
  4. Place
  5. Participant
  6. Process
  7. Physical Evidence

Ketujuh elemen tersebut akan dipaparkan dalam tulisan ini.

 

Baca Juga: 3 Contoh Integrasi Materi Cetak dengan Platform Digital Sebagai Strategi Pemasaran

 

Product

Elemen pertama adalah produk. Artinya, Kamu perlu menentukan produk/jasa apa yang akan ditawarkan kepada konsumen di pasar. Produk memiliki dua unsur yang perlu diperhatikan. Yaitu kualitas dan visual. Kamu harus memastikan kualitas dari produk dengan baik. selain itu juga, konsumen harus merasa membutuhkan untuk membeli produk/jasamu.

 

Cara mudah yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan riset kecil ke target pasar. Riset yang dilakukan bisa mencakup informasi respon pasar, keinginan konsumen, dan lain sebagainya. Melalui onformasi yang didapat, Kamu bisa membadingkan produk/jasa dengan kompetitoruntuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produkmu. Setelah itu dilakukan evaluasi untuk meningkatkan mutu produk dan jasa.

 

Price

Terkait dengan harga, Kamu perlu mempertimbangkan jumlah biaya yang telah dikeluarkan untuk mendapatkan kombinasi antara barang dan pelayanan yang akan diberikan pada konsumen. Jika produk sudah siap untuk dipasarkan, maka Kamu harus menentukan harga dari produk/jasa tersebut. Namun, untuk menentukan harga juga tidak boleh sembarrangan ya, supaya Kmau tidak merugi.

 

Tentukan harga yang telah diperhitungkan dengan baik. tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu trendah. Hal in untuk mencegah terjadinya kebangkrutan. Jika memang ingin menjual dengan harga lebih tinggi, setarakan juga kualitas dn inovasinya, sehingga konsumen bisa merasa ‘worth it’ saat membelinya.

 

Promotion

Cara agar produk/jasa dikenal public tentu saja dengan promosi. Pada dasarnya promosi in merupakan aktifitas melakukan oenyebaran informasi yang bersifat membujuk, mempengaruhi, danmengingatkan pasar bahwa produkmu sudah siap dibeli oleh mereka. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memasang iklan. Baik itu menggunakan materi cetak tradisional seperti brosur, pamflet, stiker, spanduk, maupun mengintegrasikannya dengan teknologi digital. Ya, sekarang in berbagai produk/jasa berduyun-duyun memanfaatkan berbagai platform seperti Instagram. Facebook, twitter, hingga youtube.

 

Jika Kamu baru memulai bisnis, biaya promosi yang perlu dikeluarkan untuk media cetak tentu lebih tinggi. Sehingga pemanfaatan media sosial bisa menjadi lebih murah. Yang terpenting adalah ide, strategi, serta ekekusinya. Dengan promosi yang dilakukan sesuai target pasar, maka brand awareness tersebut akan terbentuk.

 

Place

Kestrategisan lokasi juga sangat menentukan omset penjualan. Sesuaikan lokasi dengan target pasar, apakah itu kalangan bottom, middle, atau up. Produk yang dijual sebaiknya sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Jangan sampai produk/jasa yang Kamu jual berada di tempat yang salah.

 

Paricipant

Partisipan disini bukan berarti calon potensial pembeli ya. Tetapi lebih kepada orang-orang yang masuk dan berpartisipasi dalam memasarkan produk/jasa. Contohnya dalam bisnis kuliner, pasrtisipannya bisa berupa rumah makan, restoran, café, pelayan, putas, kasir, koki, dll. Oleh karena itu jangan remehkan para partisipan tersebut. Kamu harus menyewa tim dengan kualitas atau etos kerja yang baik. sehingga akhirnya akan memberikan andil yang cukup besar kepada produk/jasa yang akan menentukan pula strategi marketing.

 

Proses

Proses yang dimaksud dalam unsur marketing disini yaitu proses managemen. Strategi managemen ini sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena keputusannya menentukan keberhasilan marketing. Manajer harus memperhatikan secara detail elemen-elemen agar bekerja sesuai dengan tugasnya. Selain itu, Kamu juga harus memperhatikan proses pelayanan terhadap konsumen. Kamu pasti sering mendengar istilah “Pembeli adalah raja”, hal tersebut tentu karena keingginan pelanggan yang menginginkan pelayanan yang baik. hal tersebut tidaklah sealah, karena pelayanan yang maksimal selalu berhasil memberikan pegaruh yang besar terhadap hasil pemasaran.

 

Physical Evidence

Physical Evidence merupakan bukti atau lingkungan fisik. Artinya segala sesuatu yang berkaitan dengan suasana. Sebagai contoh, physical evidence ini berupa perusahaan, brand, asset, fasilitas, visi dan misi perusahaan, dan logo. Semua aspek tersebut akan sangat berpengaruh kepada masayarakat. Contohnya saja logo brand Gojek pertama (sebelum rebranding) yang unik, berbeda, dan merepresentasikan jenis usaha serta misi dan visi perusahaan lebih mudah diterima masyarakat da menangkar di ingatan mereka meskipun kini perusahaan tersebut telah melakukan rebranding dan memperkenalkan logo yang baru.

 

Baca Juga: Cetak Kemasan Berkualitas Dapat Mempengaruhi Keberhasilan Penjualan

Nah, sebelum Kamu memutuskan untuk memilih menggunakan media digital dan media cetak seperti brosur, pamflet, dan lain-lain. sebaiknya evaluasi kembali keenam komponen lainnya untuk menyusun strategi marketing yang tepat dan efektif untuk brandmu. Jika telah mendapatkan hasil dan membutuhkan media cetak untuk melancarkan strategi marketing mix tersebut. Kmau bisa mengunakan PrintQoe.com. Paltform cetak online pertama dan terdepan di Indonesia, khusus untuk B2G dan B2G.