Manfaat Printer 3D Bagi Industri Arsitektur

Manfaat Printer 3D Bagi Industri Arsitektur


Tya Widianingsih | 26 Nov 2020 | 302

Arsitektur merupakan seni untuk merancang, membangun struktur dan konstruksi bangunan. Arsitektur merancang dan membangun mulai dari level makro seperti merancang perkotaan, arsitektur lanskap hingga level mikro seperti merancang desain bangunan, produk maupun interior. 
Selama beberapa dekade industri konstruksi yang berkaitan dengan arsitektur ini mengalami penurunan karena proses produksi masih dilakukan secara manual. Hal ini tentu sangat menghambat kreativitas para arsitek.


Namun, saat ini hal tersebut dapat teratasi karena munculnya digital printing yakni printer 3D. Ingin lebih mengetahui apa saja manfaat printer 3D untuk arsitektur? Simak informasi yang akan kami berikan berikut ini.


Apa yang di Maksud dengan Printer 3D?

Printer 3D adalah mesin digital printing khusus untuk mencetak sesuatu berbentuk 3D. Mesin ini mampu mencetak benda sama persis dengan soft filenya, sehingga tidak hanya sebatas mencetak gambar atau tulisan pada kertas. Printer 3D pertama kali diciptakan oleh Chuck Hull pada tahun 1980-an. Selanjutnya, mesin tersebut terus mengalami kemajuan dan digunakan secara luas.


Bahan yang digunakan untuk mencetak menggunakan printer 3D adalah Acrylonitrile Butadiene Styrene (ABS) dan Polylactic Acid. Kedua bahan tersebut termasuk kedalam kelompok thermoplastic. Thermoplastic memiliki sifat mudah dibentuk ketika di berikan suhu panas dan akan memadat ketika di dinginkan.

 

Baca Juga : 8 Rekomendasi 7 Printer 3D Kualitas Terbaik

 

Apa Saja Manfaat Printer 3D untuk Arsitektur?

Dalam dunia digital printing, printer 3D dikenal dengan manufactur additive. Printer ini mencetak satu lapisan diatas lapisan lain sehingga menghasilkan suatu benda berbentuk 3D. Printer ini banyak digunakan dalam berbagai bidang, seperti makanan untuk membuat permen dengan berbagai bentuk yang menarik, industri mainan untuk membuat berbagai bentuk mainan, dan bidang kedokteran untuk membuat imitasi organ tubuh. Tidak hanya pada bidang yang telah disebutkan sebelumnya, printer 3D juga sangat bermanfaat untuk bidang arsitektur.
Berikut kami berikan informasi mengenai beberapa manfaat printer 3D untuk bidang arsitektur.

 

1. Fleksibelitas

Pembuatan miniatur bangunan dengan kualitas tinggi dalam waktu yang lebih cepat dan dengan sedikit usaha. Hal tersebut membuat para arsitek menjadi lebih fleksibel untuk menuangkan ide desainnya tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk membuat miniature.

 

2. Keunikan

Pembuatan mebel dengan digital printing 3D dengan menggabungkannya dengan desain konvensional menghasilkan benda dengan keunikan dan kesan tersendiri.

 

3. Pembangunan Struktur Kecil & Bagian Konstruksi

Segala bentuk yang rumit akan dengan mudah di bentuk menggunakan printer 3D ini. Selain itu, pembuatan kontruksi yang menggunakan mesin ini akan membuat berkurangnya tenaga manusia yang dibutuhkan, sehingga dapat mengurangi biaya pembangunan.

 

Adanya teknologi digital printing menggunakan printer 3D ini mampu menaikkan industri arsitektur untuk bersaing dengan industri-industri lainnya. Tentu saja, industri arsitektur tidak dapat terlepas dari kemajuan zaman. Perlu senantiasa diadakan pengembangan teknologi agar dapat selalu eksis dan tidak tertinggal dengan industri-industri lainnya. Semoga bermanfaat ya!

 

Baca Juga : Rekomendasi Printer untuk Arsitek & Desainer