Manfaat Nota Usaha untuk UKM & UMKM

Manfaat Nota Usaha untuk UKM & UMKM


Tya Widianingsih | 03 Nov 2020 | 104

Sumber : harianekonomi.com


 

Salah satu jenis nota yang sering digunakan oleh UMKM adalah nota penjualan. Pasti kamu sudah sering mendengar tentang nota ini, bukan? Nota yang digunakan ketika sedang bertransaksi dengan pelanggan, dan digunakan untuk menulis informasi tentang harga, jumlah barang, serta keterangan lainnya.

 

Ada satu tips untuk kamu agar nota usaha bisa sesuai dengan keinginan dan karakteristik usahamu, yaitu custom nota. Kamu bisa melakukannya di percetakan murah Jakarta. Dengan begitu, nota usahamu akan berbeda dari nota usaha di tempat lain. Tapi, apa benar nota usaha atau nota penjualan sangat penting bagi UMKM? Kamu bisa menemukan jawabannya pada informasi yang ada di bawah ini.

 

Alasan Pentingnya Nota Usaha/Penjualan untuk UMKM

Nota usaha atau nota penjualan biasa disebut juga dengan bukti transaksi yang telah dilakukan oleh penjual dan pembeli. Lebih tepatnya bukti transaksi ini merupakan bukti tertulis. Nota ini sangat penting untuk UMKM, karena memiliki manfaat yang menguntungkan. Berikut manfaat dan penjelasannya:

 

1. Membantu Pembukuan Keuangan

Setiap UMKM pasti membutuhkan pembukuan keuangan dalam periode tertentu, dan biasanya akan digarap pada akhir bulan. Pembukuan keuangan tentu harus memperlihatkan seluruh transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu, sehingga kamu memerlukan bukti-bukti transaksi agar pembukuan keuangan terjamin keabsahannya. 

Nah, dari sini pasti kamu sudah menangkap intinya, bahwa kehadiran nota sangat penting untuk membuat pembukuan keuangan. Jadi, kamu perlu menyiapkan nota. Apabila ingin membuat nota custom, langsung saja ke percetakan murah Jakarta.

 

Baca Juga : Kena PHK? Ini Ide Usaha Selama Pandemi

 

2. Catatan Barang dan Jasa

Hal yang diperlukan UMKM adalah catatan mengenai barang yang keluar maupun masuk. Maka dari itu, sudah seharusnya UMKM memiliki catatan bukti transaksi.  Pasalnya, hal tersebut nantinya digunakan untuk mengontrol barang masuk dan keluar. Jadi, kehadiran nota sangatlah penting guna mencatat keseluruhan transaksi tersebut. 
Menunjukkan Rincian Harga

Alasan lainnya mengapa nota menjadi sebuah perlengkapan yang penting untuk UMKM adalah karena dapat menunjukkan rincian harga. Harga barang akan dicatat secara jelas dalam nota, sehingga dapat menghindari kekeliruan persoalan harga. Selain itu, jika kekeliruan sudah tidak bisa dihindari lagi, maka kamu bisa melacaknya dengan cepat dengan nota pula. 

Bukankah hal ini harus diperhatikan dalam sebuah usaha? Maka dari itu, kamu perlu membuat nota usaha sendiri dengan menggunakan jasa percetakan murah Jakarta. Sehingga, kamu bisa dengan mudah membedakan nota usahamu dengan nota milik orang lain. 

 

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Kepercayaan konsumen merupakan hal utama yang perlu diperhatikan, karena dapat mempengaruhi keuntungan bisnismu. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan memberikan bukti transaksi berupa nota saat melakukan transaksi. 

 

Baca Juga : Inspirasi Binsis Masker Unik dari Brand Lokal

 

4. Pengingat Piutang Konsumen

Nota juga bisa digunakan sebagai pengingat piutang konsumen, lho. Hal ini dikarenakan nota usaha atau nota penjualan bukan hanya mencatat transaksi yang dibayar lunas saja, melainkan transaksi yang dicicil atau masih menjadi piutang. Dengan begitu, piutang konsumen tidak akan terlupakan atau hilang begitu saja, karena sudah tercatat di nota. 

Karena nota menjadi salah satu media pengingat piutang konsumen, maka kamu perlu sekali menggunakannya. Hal ini juga bisa menghindarkan kamu dari kerugian. Oleh karena itu, segera cetak nota usahamu di percetakan murah Jakarta.
Sekarang kamu sudah tahu tentang manfaat nota usaha atau nota penjualan yang membuatnya begitu penting bagi UMKM.

Karena sangat penting, kamu harus segera custom nota di percetakan murah Jakarta, yaitu PrintQoe.com. Kualitas yang akan kamu dapatkan akan sangat memuaskan, dan harganya super terjangkau dan yang paling penting bisa custom #DariManaAja!