Manfaat ISBN di Buku untuk Penerbit & Penulis Indie

Manfaat ISBN di Buku untuk Penerbit & Penulis Indie


Tya Widianingsih | 10 Nov 2020 | 103

ISBN (International Standard Book Number) merupakan salah satu badan yang menerbitkan kode buku. Dimana kode ini nantinya dapat mengidentifikasi buku yang mencakup tetang judul, penerbit, dan kelompok penerbit. ISBN sendiri berbentuk deretan angka yang berjumlah 13 digit.

 

Berkaitan dengan penulis indie, yang merupakan penulis dengan jalur mandiri. Penulis indie akan berusaha keras agar karyanya dapat dipublikasikan. Dari proses penyusunan, editing, desain sampul, sampai ke penerbitan buku. Inilah tantangan yang harus dijalani oleh setiap penulis indie, termasuk mendapatkan ISBN sendiri.

 

Baca Juga : Mau Buat Novel? Ini Rekomendasi Desain Cover yang Bagus

 

Alasan ISBN Penting untuk Penulis Indie

Seperti yang telah disebutkan di atas, ISBN adalah lembaga yang berwenang dalam memberikan identitas kepada buku yang akan diterbitkan. Sudah selayaknya para penulis indie mendaftarkan bukunya ke ISBN, walaupun cetak buku satuan. Berikut alasan-alasannya kenapa ISBN perlu untuk penulis:

 

1. Penguat identitas

Seperti halnya manusia yang harus memiliki identitas, buku yang diterbitkan pun juga harus memiliki identitas. Sebagai wujud legalitas, para penulis indie harus berusaha agar bukunya membedakan karyanya dengan karya orang lain. Ini juga dilakukan untuk melindungi hak cipta karya si penulis.

 

Sekalipun cetak buku satuan, penulis dan penerbit indie tetap harus mendaftarkan karyanya ke ISBN. Tentu tidak mau apabila karayanya diakui oleh orang lain, atau orang lain leluasa melakukan flagiat terhadap karya si penulis indie. ISBN mencegah hal itu terjadi dengan leindungi hak cipta penulis.

 

2. Membantu Promosi

Cita-cita semua penulis indie adalah agar karyanya dapat dipublikasikan dan dibaca oleh orang banyak. Bukan hal yang mudah agar orang lain mau membaca buku. Apalagi minat baca buku warga Indonesia tergolong masih rendah. Tentu harus dilakukan beberapa upaya, salah satunya ialah promosi.


 
Salah satu fungsi ISBN ialah membantu promosi buku. Buku yang memiliki pengkodean ISBN sudah otomatis akan tersebar baik itu oleh badan nasional ISBN ataupun badan internasional ISBN. Apalagi cetak buku satuan yang membutuhkan promosi, maka ini salah satu jalan terbaiknya.

 

3. Mempelancar Distribusi

Dengan adaya pengkodean buku oleh ISBN, para penulis indie dan penerbit indie akan terbantu dalam proses distribusi ke pasar. ISBN mengatur jalur distribusi agar tidak terjadi kekeliruan pemesanan buku. Hal ini dilakukan agar buku yang dipesan sesuai arah jalur dan tepat sasaran.

 

Terlebih lagi bagi penulis indie yang cetak buku satuan. Biasanya belum mempunyai jalur distribusi yang jelas. Terkadang harus dor to dor dalam mendistribusikan karyanya. Sehingga diharapakan melalui ISBN ini distribusi buku akan teratur.

 

4. Menghidupkan Perpustakaan Nasional

Melalui ISBN, para penulis ataupun penerbit secara otomatis menghidupkan peran perpustakaan nasional. Hal ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Buku yang memiliki ISBN akan menjadi bagian dari perpustakaan nasional. Tentu saja, para penulis indie bukan hanya mencari keuntungan semata agar karya dibeli oleh banyak orang. Akan tetapi penulis indie berperan dalam menumbuhkan minat baca masyarakat. Sehingga kedepannya semakin banyak masyarakat yang mengunjungi perpustakaan nasional.

 

Karya penulis harus dilindungi hak ciptanya. Tidak boleh lagi ada pandangan baik itu penulis mayor ataupun indie, sama-sama karya keduanya harus dilindungi hak ciptanya. Penulis indie memiliki nilai tambah di mata pembaca. Semua proses harus dilakukan sendiri dari penulisan sampai ke penerbitan.

 

Baca Juga : Self Publishing, Siapapun Bisa Menjadi Penulis dengan menerbitkan Buku Sendiri

 

Penulis indie memerlukan kolaborasi dengan pihak lain dalam penerbitan buku. Walapun cetak buku satuan, tetap saja harus ada dukungan dari berbagai pihak. Upaya itu demi buku yang derbitkan benar-benar berkualitas dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Jadi bukan buku abal-abal.

 

Sebagai bahan perlindungan atas hak cipta penulis indie, sudah selayaknya para penulis indie mendaftarkan bukunya ke ISBN. Dengan mendaftarkan ke ISBN otomatis buku sudah memiliki identitas melalui kode identifikasi. Identitas tersebut yang akan membedakan dengan buku lainnya.