Kurang Populer di Masa PSBB, Aplikasi Ini Optimalkan Koordinasi Perusahaan Fortune 500

Kurang Populer di Masa PSBB, Aplikasi Ini Optimalkan Koordinasi Perusahaan Fortune 500


Tya Widianingsih | 21 Apr 2020 | 174
Melakukan koordinasi dengan baik saat diberlakukannya PSBB akibat dampak pandemic COCID-19 merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh seluruh tim. Terlebih bagi mereka yang tidak terbiasa bekerja fleksibel atau secara remote.
 
Untuk memastikan koordinasi tim berjalan dengan baik, bukan faktor internal seperti leadership saja yang diperhitungkan. Tetapi juga factor-faktor eksternal seperti gangguan di rumah setiap karyawan/tim, hambatan akses informasi seperti sinyal internet, dll.
 
Padahal di masa physical distancing PSBB seperti saat ini, salah satu hal penting dalam memastikan koordinasi berjalan baik adalah memastikan setiap anggota tim saling terhubung. Tidak hanya menggunakan email atau pesan teks, Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai tools teknologi seperti Slack dan sejenisnya untuk memastikan kolaborasi dan komunikasi selama physical distancing PSBB berjalan dengan baik.
 
Baca Juga: Aplikasi Ini Bantu Tenangkan Pikiran Saat PSBB COVID-19
 

Aplikasi Meeting Aman untuk Koordinasi Kerja #dirumahaja

 

1. FaceTime

FaceTime merupakan aplikasi panggilan video yang hanya bisa diguankan oleh para pengguna Apple. Meski hanya diperuntukan bagi pengguna Apple, aplikasi ini bisa menampung hingga 32 orang dalam satu panggilan video atau video telekonferensi.
 
Yang menjadi kelebihan dari aplikasi ini tentu saja karena bawaan langsung dari sistem iOS Yang mana sistem ini dinilai cukup aman untuk masalah privacy atau kemanan data penggunanya.
 

2. Google Meet

Mendengar kata ‘Google Meet’ pasti Kamu langsung tahu bahwa aplikasi ini merupakan besutan dari Google. Gogle Meeting merupakan produk premium dari aplikasi Google Hangouts yang bisa digunakan oleh banyak peserta untuk melakukan video telekonferensi.
 
Hebatnya dari aplikasi Google Meet ini adalah bisa mengundang 250 peserta dalam sekali sesi. Tidak hanya itu, meski pesertanya hanya 250, Google Meet masih bisa dilihat hingga 100.000 viewer dalam satu sesinya. Meskipun aplikasi ini produk premium alias berbayar, Kamu bisa mencobanya lho! Karena Google Meet dapat diakses secara gratis hingga 1 Juni 2020 dalam rangka mendukung aktifitas masayarakat dunia yang harus bekerja #dirumahaja selama masa pandemi COVID-19 seperti diberlakukannya PSBB di banyak kota/kabupaten/provinsi di Indonesia.
 
Baca Juga: Hadap COVID-19, Software Ini Gratis untuk yang Kerja #dirumahaja
 

3. Cisco Webex

Kebanyakan dari Kamu pasti masih asing dengan aplikasi yang satu ini. Meskipun begitu, meeting tools yang satu ini merupakan salah satu dari aplikasi yang sering diguankan oleh perusahaan besar yang masuk ke dalam daftar Fortune 500.
 
Dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur. Seperti screen sharing yang didukung dengan Google Assistant dan Google Home Hub. Kemudian fitur papan virtual untuk menggambar, mengunggah dokumen, hingga recording.
 
Untuk jumlah kapasitas, Cisco Webex bisa digunakan untuk 100 orang dalam satu kali panggilan video. 
 
 
 
Nah,ketiga aplikasi meeting di atas merupakan meeting tools yang kerap digunakan para pebisnis luar negeri bahkan perusahaan-perusahaan terkenal yang masuk Fortune 500. Kamu tertartik? Coba saja unduh sekarang dari Apple Store atau Play Store mu karena beberapa fitur premium aplikasi di atas memberlakukan penggunaan gratis selama masa pandemi COVID-19.