Ketahui Tahapan Menerbitkan Buku Sendiri

Ketahui Tahapan Menerbitkan Buku Sendiri


Tya Widianingsih | 27 Nov 2020 | 208

Kamu punya bakat menulis dan ingin menerbitkan karya literasi kamu? Biasanya, keinginan kamu itu terbentur dengan banyaknya syarat dari penerbit terkemuka. Namun, impianmu menjadi penulis tak boleh berhenti begitu saja. Sebab sekarang, cetak buku satuan dari PrintQoe.com, siap mewujudkan impianmu untuk memiliki buku sendiri.

 

Langkah Menerbitkan Buku Dengan Metode Self publishing

Melakukan cetak buku satuan untuk karya literasi kamu memang mudah. Namun demikian, kamu tidak bisa sembarangan memasukan materi, mencetaknya, kemudian menjualnya. Simak Langkah cerdas melakukan self publishing berikut ini:

1. Menyiapkan Materi

Seperti kebanyakan penulis lainnya, sebelum mulai cetak buku satuan, kamu pun harus menyiapkan materi buku tersebut. Jika mengarang sebuah novel terlalu berat prosesnya, kamu bisa sedikit menggeser fokus ke kumpulan cerpen atau puisi.

 

Untuk kamu yang bersikeras menerbitkan novel, kamu harus menerapkan metode penulisan cerita yang juga dilakukan oleh banyak penulis tenar lainnya. Mulai dari menentukan tema, kerangka, treatment cerita, proses pengendapan cerita, hingga penyuntingan sebelum akhirnya naskah siap diterbitkan.

 

Baca Juga : Cara Menerbitkan ISBN Buku Sendiri

 

2. Menata Letak Naskah

Menata letak naskah adalah sebuah langkah yang cukup penting. Hal ini memiliki tujuan agar buku kamu enak dibaca. Sebab, dasar-dasar layout adalah tentang margin, ukuran font, jenis huruf, hingga line spacing.

 

Jika kamu tidak memiliki kemampuan untuk hal itu, kamu bisa menyerahkannya pada freelancer yang biasa mengerjakan proyek layout. Kebanyakan percetakan juga tak hanya melayani cetak buku satuan, tetapi juga jasa layout.

 

3. Membuat Desain Cover Menarik

"Tampilan atau visual buku sangat menentukan ketertarikan pembaca. Untuk itu,  kamu juga harus memerhatikan aspek penting yaitu sampul. Kamu perlu membuat desain yang menarik, sejalan dengan isi buku kamu. Tak jarang, para penulis indie yang berani cetak buku satuan, juga memberanikan diri untuk membuat ilustrasi sampul depannya. Selain lebih orsinil, desain cover buku novel yang bagus sendiri juga bisa menghemat biaya, lho.

 

4. Menentukan Kelas Buku

Ketika semua proses tadi sudah kamu lakukan, sebenarnya kamu sudah siap untuk menerbitkan buku sebagai karya literasi. Tetapi, kamu juga perlu menentukan kelas buku yang akan diterbitkan. Karena, hal ini akan menyangkut harga produksi buku kamu. Yang termasuk dalam elemen kelas buku adalah jenis kertas, tebal kertas, hingga warna kertas. Semua elemen tersebut memiliki andil dalam menentukan biaya produksi cetak buku satuan.

 

5. Mendaftarkan ISBN

ISBN adalah singkatan dari International Standard Book Number. Jadi, buku yang kamu terbitkan memiliki nomor identitas sendiri. Mengurusnya pun cukup mudah. Kamu bisa mendatangi perpustakaan nasional atau mengurusnya secara online. ISBN ini bisa diberikan untuk buku terbitan penerbit maupun self publishing, seperti cetak buku satuan. ISBN berguna untuk kebutuhan penjualan buku serta sebagai kredit kamu sebagai seorang penulis.

 

Baca Juga : Manfaat ISBN Buku untuk Penulis & Penerbit Indie

 

6. Siapkan Modal

Karena self publishing  tidak melibatkan penerbit ternama, maka kamu sendiri yang harus menanggung biaya produksi buku. Karena sifatnya cetak buku satuan, kamu tidak memliki batas minimal cetak. Bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Besaran biaya produksi tergantung dari kelas buku yang sudah dijelaskan sebelumnya, juga tergantung dari seberapa panjang isi cerita atau tebalnya buku. 

 

Oleh karena itu, jika kamu bisa mengerjakan semuanya sendiri, tentunya dapat menghemat budget. Yang bisa kamu lakukan untuk menekan biaya produksi adalah belajar tentang layout naskah, belajar dasar-dasar desain untuk ilustrasi sampul depan, hingga mengurus ISBN secara mandiri.

 

Demikian, cara cetak buku satuan untuk kamu yang ingin melakukan self publishing. Di era digital saat ini, PrintQoe,com siap melayani kamu yang ingin mencetak buku sendiri, ngeprint #DariManaAja. Kamu cukup menyiapkan semua dokumen yang ingin dicetak, lalu mengirimkannya kepada PrintQoe.com. Karya literasi kamu pun siap diterbitkan!