Ketahui Pentingnya Kemasan Food Grade untuk Bisnismu

Ketahui Pentingnya Kemasan Food Grade untuk Bisnismu


Tya Widianingsih | 23 Oct 2020 | 126

Sebelum cetak box makanan, Kamu perlu tahu tentang kemasan food grade agar makanan tetap aman. Food grade merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan standarisasi bahan-bahan yang layak digunakan dalam keseluruhan produksi perlengkapan makanan.


Nah, kemasan food grade adalah kemasan yang telah sesuai dengan standar yang berlaku tersebut. Tujuannya agar seluruh makanan yang dikonsumsi oleh manusia benar-benar terjaga kualitasnya, sehingga tidak menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya. Inilah mengapa kemasan food grade sangatlah penting untuk bisnis makanan.


Syarat-Syarat Kemasan Food Grade

Sebelum beralih pada pembahasan pentingnya kemasan food grade, kamu juga perlu mengetahui syarat-syarat kemasan bisa dikatakan food grade. Tentu saja hal ini juga penting, agar kamu bisa memilih bahan yang tepat untuk kemasan sebelum cetak box makanan. Berikut syarat-syaratnya:

 

Baca Juga : Seberapa Jauh Kemasan Dapat Meningkatkan penjualan?

 

Bebas Bahaya

Bahan tidak boleh mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan, syarat ini harus benar-benar diperhatikan.

Tidak Mengubah Rasa

Bahan yang digunakan untuk kemasan tidak mengubah rasa makanan.

Aman 

Aman dan tidak mentransfer unsur atau zat-zat tertentu pada makanan. 

Manfaat Kemasan Food Grade

Pentingnya kemasan food grade untuk bisnismu di latar belakangi oleh manfaat-manfaat yang begitu banyak. Dengan begitu, kamu harus memperhatikan kemasan ini agar bisa merasakan manfaatnya. Berikut manfaat-manfaat dari kemasan food grade untuk bisnis yang sedang kamu jalankan:

Melindungi Makanan dari Pengaruh Lingkungan

Pengaruh lingkungan yang seringkali mempengaruhi makanan adalah kelembaban. Perlu kamu ketahui, bahwa kelembaban merupakan faktor utama yang bisa membuat makanan berbau tidak enak, bahkan bisa mengakibatkan kebusukan. Tentu saja hal ini bisa merugikanmu, terlebih jika pelanggan menyebarluaskan permasalahan ini. 

 

Namun, dengan menggunakan kemasan food grade, kamu bisa menghindari permasalahan ini. Pasalnya, kemasan food grade dapat melindungi makanan dari pengaruh lingkungan, tanpa terkecuali kelembaban. Jadi, pastikan kamu cetak box makanan dengan kemasan food grade, ya.

 

Baca Juga : Alat Kesehatan Sebagai Media Branding Baru

 

1. Melindungi Makanan dari Kerusakan

Kemasan food grade juga memiliki sifat yang kokoh, sehingga kemasan ini bisa melindungi makanan dari kerusakan. Biasanya saat makanan di kirim ke pelanggan, pasti sedikit banyak akan terjadi kerusakan. Hal tersebut kemungkinan besar diakibatkan oleh benturan dan goncangan saat di perjalanan. 

Maka dari itu, penting sekali menggunakan kemasan food grade untuk bisnis makananmu. Dengan begitu, kerapian makanan akan terjaga dan tidak akan rusak. Hal ini tentu saja akan menguntungkan, karena pelanggan pasti juga akan puas.

 

2. Melindungi makanan dari Bakteri maupun Jamur

Apa yang paling ditakutkan para pelanggan saat memesan produk makanan? Jawabannya adalah bakteri dan jamur yang seringkali menempel pada makanan. 

Kalau bakteri dan jamur tidak berbahaya, kemungkinan besar tidak berefek pada pelanggan. Namun, jika bakteri dan jamur data mengakibatkan hal-hal negatif, maka pelanggan bisa jatuh sakit. 

Apabila ini sudah terjadi, siap-siap saja untuk gulung tikar. Tapi, kamu masih bisa menghindari hal-hal seperti ini dengan menggunakan kemasan food grade, karena kemasan ini dapat melindungi makanan dari bakteri maupun jamur.

 

3. Melindungi Makanan dari Suhu Luar

Suhu luar dapat mempengaruhi makanan juga, lho. Bahkan hal ini juga bisa mengakibatkan makanan cepat busuk. Kamu pasti tidak ingin nama usahamu tercoreng karena hal ini, kan? 

Nah, solusinya adalah pilihlah kemasan dengan bahan-bahan yang sudah sesuai standarisasi alias food grade sebelum cetak box makanan. Mengapa harus kemasan food grade? Karena kemasan ini dapat melindungi makanan dari suhu luar yang bisa mempengaruhi makanan.

Dari penjelasan di atas, pasti kamu sudah mengerti tentang pentingnya kemasan food grade. Nah, jika ingin cetak box makanan dengan bahan yang berkualitas dan sesuai standarisasi, kamu bisa memanfaatkan jasa PrintQoe yang bias ngeprint #DariManaAja