Kenapa Perusahaan Harus Mencetak Invoice Pribadi?

Kenapa Perusahaan Harus Mencetak Invoice Pribadi?


Tya | 29 Oct 2019 | 147

Tidak ada perusahaan yang tidak membutuhkan perusahaan lainnya. Bisa dikatakan, satu perusahaan membeli barang atau menggunakan jasa yang disediakan oleh perusahaan yang lainnya. Makanya, faktur penjualan atau yang juga sering disebut sales invoice sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Pasalnya invoice memiliki banyak kegunaan yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan.

 

Umumnya, invoice berfungsi untuk memasukkan transaksi ke pembukuan keuangan perusahaan. Namun, bagi penjual, Invoice juga memiliki manfaat untuk menyediakan informasi mengenai barang atau jasa yang dibeli oleh suatu perusahaan, serta berapa besaran biaya yang perlu dibayarkan dari pembelian tersebut. Invoice juga berguna bagi pihak pembeli untuk mengajukan koreksi, apabila penjual salah memberikan barang yang dibeli. Apabila barang akan dijual lagi ke pihak lain, invoice bermanfaat untuk menjadi rujukan yang sah.

 

Guna memberikan kesan sebagai perusahaan yang profesional, pihak penjual harus memahami jenis-jenis invoice sebelum mengirimnya. Umumnya, ada tiga jenis invoice yang sering dikirimkan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli yakni invoice biasa, invoice proforma, dan invoice konsuler. Mari kulik lebih dalam lagi. 

 

Baca Juga: Apa yang Perlu Diperhatikan untuk Kebutuhan Cetak Perbankan?

 

1. Invoice Biasa

Invoice biasa adalah jenis invoice yang paling sering digunakan oleh pihak penjual. Umumnya, invoice ini berisikan nama produk yang akan dikirimkan kepada pihak pembeli. Jenis invoice ini juga bisa digunakan oleh pihak penyedia jasa untuk mengirimkan invoice yang memuat nama jasa yang akan diberikan kepada pihak pembeli.

 

2. Invoice Proforma

Invoice proforma merupakan jenis invoice yang biasanya digunakan untuk mengirimkan tagihan sementara kepada pihak pembeli. Pasalnya, barang yang dibeli akan dikirim secara bertahap hingga pada akhir periode. Maka dari itu, sebelum mengirimkan invoice biasa kepada pihak pembeli, pihak penjual akan mengirimkan invoice proforma dalam setiap pengiriman barang.

 

3. Invoice Konsuler

Invoice konsuler merupakan jenis invoice yang umumnya digunakan untuk perdagangan ekspor-impor dalam lingkup internasional. Maka dari itu, invoice konsuler wajib menyertakan beberapa dokumen penting lainnya, seperti lembar pengesahan dan persetujuan antar kedua negara.

 

Setelah memahami jenis-jenis invoice, Kamu juga perlu mengetahui cara membuat invoice secara profesional. Dahulu, pihak penjual lebih sering memberikan invoice konvensional kepada pihak pembeli. Invoice konvensional adalah invoice yang dibuat dengan cara tulis tangan. Proses pembuatan invoice konvensional memudahkan pihak penjual untuk menyesuaikan informasi yang dimasukkan ke invoice sesuai keinginan, karena formatnya yang fleksibel. 

 

Cara lainnya untuk membuat invoice adalah dengan menggunakan Microsoft Excel ataupun software akuntansi. Proses pembuatan invoice yang menggunakan teknologi, membuat invoice seperti ini dijuluki dengan nama invoice modern. Invoice modern seringkali menjadi pilihan banyak pelaku usaha muda, karena invoice ini memberikan kesan profesional kepada pihak pembeli. Proses pembuatannya pun lebih praktis dan sistematis.

 

Baca Juga: Hindari Kebocoran Perusahaan Saat Mencetak dengan Tekbologi Secure Printing

 

Saat ingin memberikan tagihan, alangkah baiknya apabila pihak penjual memberikan cetak invoice kepada pihak pembeli. Terlebih di era seperti ini, di mana teknologi berkembang dengan pesat. Pihak penjual dapat cetak invoice dengan mudah. PrintQoe merupakan solusi bagi pihak penjual untuk cetak Invoice. Pasalnya, PrintQoe menyediakan template invoice yang dapat mempermudah pihak penjual untuk membuat, serta cetak invoice.

 

PrintQoe.com menyediakan platform yang memungkinkan pelanggan perusahaan untuk melakukan pemesanan cetak secara cepat di manapun dan kapanpun. Cara menggunakannya pun tidak sulit dan efisien. Sebelum melakukan pencetakan, Kamu dapat memeriksa terlebih dahulu (online preview) dokumen yang akan dicetak dalam bentuk PDF Preview, VDP-Data Merge, Estimates, dan lain sebagainya sehingga hasil cetak tepat sesuai kebutuhan Kamu.

 

Sumber:
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-cara-mudah-membuat-faktur-penjualan-untuk-bisnis-anda/ 

http://www.paper.id/blog/finansial-umkm/membuat-invoice-penjualan/

https://cpssoft.com/blog/akuntansi/ini-dia-manfaat-dan-cara-membuat-faktur-penjualan-untuk-bisnis-anda/