Kenali Bahan Kertas PrintQoe

Kenali Bahan Kertas PrintQoe


Melisa | 24 Sep 2018 | 4061

Pada saat anda melakukan cetak apapun, sebaiknya anda dapat mengenali bahan kertas yang dibutuhkan. Kertas merupakan bagian terpenting pada cetak apapun. Tidak hanya itu saja, tetapi hasil cetak dengan tinta yang berkualitas juga menentukan. Tanpa adanya kertas, kita tidak dapat mencetak apapun. Berikut macam-macam bahan yang digunakan.

1. Kertas HVS

Kertas HVS banyak sekali dapat kita jumpai pada tempat fotokopi untuk fotokopi maupun mencetak. Tekstur dari kertas ini walaupun tergolong kasar, tetapi banyak digunakan untuk fotokopi. Jenis ketebalan terdiri dari yang terendah 60 gr, 70 gr, sampai 100 gr.

2. Kertas Art Paper

Jenis Kertas ini mempunyai tekstur yang permukaannya licin. Art paper biasanya digunakan untuk mencetak majalah, flyer, brosur, atau katalog. Jenis ketebalannya mulai dari 85 gram sampai dengan 150 gram. Hasil cetak dengan menggunakan kertas ini memiliki warna yang cerah dengan pemakaina kualitas tinta yang bagus juga.

3. Book Paper

Kertas ini dikhususkan untuk pembuatan buku yang bertekstur kasar cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Ketebalan kertas mulai 55 gsm,70, dan 90 gsm. Ketika membaca buku, kita pasti ingin menciptakan kenyamanan membacanya walaupun sudah lama membacanya. Cetaknya menghasilkan warna yang tajam karena warna kertasnya sendiri cenderung kekuningan.

4. Stiker Cromo

Tekstur dari kertas ini licin, halus, mengkilap, dan memiliki lapisan lem pada bagian permukaan belakang yang digunakan untuk media promosi akan ditempel pada bagian-bagian tertentu.

5. Stiker Vinyl

Tekstur dari kertas ini licin, halus, mengkilap, lentur dan memiliki lapisan lem pada permukaan belakang. Berbeda dengan Stiker Cromo, Stiker ini digunakan pada bagian motor, mobil, helm, dan lainnya. Kertas tersebut digunakan pada otomotif karena tidak mudah sobek dan terkikis hujan dan panas.

6. Karton BW
Tekstur dari kertas ini halus, putih, dengan ketebalan 240 gsm digunakan untuk Sertifikat, Kartu Iuran Bulanan, Map, Undangan dan lainnya .

7. Concorde
Kertas ini bertekstur kasar sedikit halus, dan memiliki permukaan timbul seperti membentuk garis. Kertas ini biasa digunakan untuk Sertifikat, Proposal, Surat Penting, dan lainnya. Kertas ini memiliki banyak varian warna yang soft.

8. Buffalo
Tekstur dari Kertas ini halus, licin, dan memiliki tekstur seperti guratan kayu digunakan untuk cover jilid, dan beberapa untuk map serta kartu iuran. Variasi warna yang terdapat beragam.

Macam-macam bahan diatas merupakan bahan yang banyak digunakan untuk kalangan masyarakat Indonesia.  PrintQoe.com menyediakan jasa untuk berbagai produk cetak seperti cetak kartu nama, brosur, buku, ID printing, dan newsletter, dan berbagai macam produk cetak lainnya yang dapat kamu lihat di PrintQoe.com. PrintQoe.com merupakan B2B dan B2G online printing pertama di Indonesia yang memberikan banyak kemudahan dan manfaat bagi pelanggan dan pelaku bisnis printing. Semoga dapat menambah pengetahuan anda semua perihal bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan percetakan dokumen apapun.