Kantong Plastik Resmi Dilarang! Waktunya Ganti dengan Custom Tote Bag/Goodie Bag

Kantong Plastik Resmi Dilarang! Waktunya Ganti dengan Custom Tote Bag/Goodie Bag


Tya Widianingsih | 21 Aug 2020 | 1629
Kapan terakhir kali Kamu belanja ke supermarket atau swalayan? Jika kamu tinggal di Jakarta dan melakukan aktifitas belanja pada 2 bulan terakhir, pasti tahu jika pengggunaan kantong plastik sudah dilarang di ibu kota.
 
Kebijakan ini dikeluarkan karena sampah plastik menjadi salah satu penyumbang terbesar masalah sampah di Indonesia. Selain sulit terurai, sampah plastik juga sering mengotori sungai hingga lautan, tuh. Untuk itu, Jakarta dan beberapa daerah di Indonesia menerapkan aturan pelarangan penggunaan kantong plastik sekali pakai.
 
Sesuai dengan peraturan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019 yang telah berlaku sejak 1 Juli 2020 kemarin, kita diwajibkan untuk membawa serta menggunakan kantong belanja ramah lingkungan ketika berbelanja kebutuhan di pasar atau supermarket.
 
Baca Juga: 5 Tips Cetak Goodie Bag untuk Acara Kantor
 

Tote Bag/Goodie Bag Sebagai Alternatif untuk Berbelanja

Tote bag/Goodie bag kini menjadi pilihan alternatif untuk berbelanja. Berbeda dengan kantong plastik yang rata-rata digunakan sekali pakai karena bahannya yang mudah sobek dan tidak terlalu kuat. Tote bag/goodie bag dapat digunakan kembali sampai puluhan kali. Sehingga penggunaanya dianggap bisa mengurangi volume sampah belanja yang menumpuk di ibu kota setiap harinya.
 

Kelebihan Menggunakan Tote Bag/Goodie Bag

1. Kapasitas Saat Digunakan Lebih Banyak

Secara bentuk, kantong plastik dan tote bag/goodie bag memang mirip dan sama-sama memiliki fungsi untuk membawa barang. Yang berbeda adalah karakteristiknya, tote bag/goodie bag biasanya terbuat dari bahan lebih awet karena tidak mudah sobek. Sedangkan kantong plastik, mudah sobek jika dipaksakan membawa barang yang terlalu banyak. Itulah mengapa, tote bag/goodie bag lebih efisien dibanding kantong plastik. Tidak mudah sobek walau membawa banyak barang.
 

2. Digunakan Berkali-kali

Tas-tas ini umumnya terbuat dari bahan-bahan seperti karung goni, kain kanvas, spunbond dan kain blacu. Tote bag/goodie bag diproduksi dengan bahan alami sintetis atau kuat. Tas yang ringan bersifat biodegradable dan tidak langsung dibuang dalam satu kali pakai saja karena bisa dicuci dan dikeringkan. Menurut sebuah survei, yang dilakukan oleh Badan Lingkungan Inggris, rata-rata tote bag/goodie bag digunakan setidaknya 50 kali sebelum dibuang ke tempat sampah.
 
Baca Juga : Alasan Goodie Bag Menjadi Souvenir Wajib di Berbagai Event
 

3. Bisa Di Custom Sesuka Hati Menjadi Nilai Tambah

Berbeda dengan plastik yang biasanya berakhir sebagai kantong sampah, tote bag memiliki nilai guna yang lebih tinggi. Jika didesain dengan baik, tas ini bisa digunakan untuk banyak hal seperti tas untuk ke kantor, kampus atau mall. Karena tampilannya yang menarik, tote bag/goodie bag bisa berperan sebagai media promosi dan branding perusahaan. Pasti Kamu sering menemukan tote bag/goodie bag menjadi souvenir di beragai event bukan?
 
Tote bag/goodie bag memang mudah dibuat dalam berbagai warna, ukuran, desain, bentuk dan gaya. Pada zaman sekarang orang cenderung untuk membuat fashion mereka sendiri yang dianggap menggambarkan jati diri mereka. Tote bag memudahkan Kamu untuk tampil beda dan orisinil. Kamu bisa memesan tote bag/goodie bag dengan desain yang diinginkan di tempat percetakan online lho.
 

4. Harga Sangat Terjangkau

Tote bag selalu memiliki harga yang sangat terjangkau. Di tempat perbelanjaan, tote bag/goodie bag biasanya dibandrol dari harga Rp 3.000 - 10.000-an, tergntung pada ukuran, bahan, dan kualitas. Sangat murah bukan? Untuk ukuran kantong belanja yang bisa Kamu pakai sampai puluhan kali?
 
Membeli tote bag/goodie bag di tempat perbelanjaan memang praktis, tapi Kamu hanya mendapatkan tas dengan desain standar berlogo perusahaan tempatmu belanja yang dimiliki ribuan orang di luar sana. Untuk menyiasatinya, Kamu bisa meng-custom tas dengan desain yang orisinil sebagai pembeda dengan orang lain seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya.
 
Untuk custom tote bag/goodie bag dengan ukuran 35 cm x 40 cm dengan full print di seluruh permukaan, Kamu bisa merogoh biaya mulai dari Rp 40.000 untuk setiap 1 tas. Tentunya, jika Kamu memesan dalam jumlah banyak, harga tersebut bisa menjadi lebih murah lagi.
 
 
 
Jika Kamu tertarik meng-custom tote bag/goodie bag dengan bahan dan desain tertentu, Kamu bisa percayakan pada PrintQoe.com. Platform percetakan online B2B dan B2G pertama di Indonesia yang telah memiliki lebih dari 300 mitra di seluruh Indonesia.
 
Di PrintQoe.com Kamu bisa memesan apapun termasuk tas dengan minimum order. Pesananmu akan diproduksi dari tempat terdekatmu sehingga waktu pengiriman dan biaya ongkir lebih efektif dan efisien. Bagaimana, PrintQoe.com bisa menjadi solusi kebutuhan ngeprintmu bukan? Khususnya di masa pandemi ini, Kamu bisa Ngeprint #DariManaAja tanpa perlu ke luar rumah.