Kamu Suka Nulis di Wattpad?? Udah Waktunya Dicetak

Kamu Suka Nulis di Wattpad?? Udah Waktunya Dicetak


Tya Widianingsih | 31 Aug 2021 | 186
Salah satu aplikasi yang bisa menunjang karir menulis kamu adalah aplikasi Wattpad. Pastinya bagi penggila novel sudah tidak asing dengan aplikasi orange satu ini. Cerita Wattpad  menjadi salah satu incaran para penerbit, karena kualitasnya juga tidak kalah dari cerita lainnya. Namun, untuk mendapatkan tawaran dari penerbit memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. 
 
Jika kamu memiliki cerita atau novel di Wattpad yang sudah tamat, maka tidak ada salahnya untuk cetak novel sendiri. Caranya tidak sesulit apa yang kamu bayangkan kok, hanya saja memang membutuhkan usaha yang cukup keras agar hasilnya sesuai keinginan. Lantas, bagaimana cara mencetak novel sendiri? 
 

Tips Cetak Novel Sendiri untuk Penulis Wattpad

Cerita Wattpad yang kamu buat pastinya sudah seperti anak sendiri, sehingga harus diperlakukan secara baik. Salah satunya cara untuk menghargai karya kamu adalah dengan cetak novel sendiri. Untuk kamu yang masih bingung bagaimana caranya, cek ulasan berikut ini: 
 
 
Baca Juga: Harga Lengkap Bikin Novel Terupdat 2022
 

1. Menyiapkan Materi Novel dari Wattpad

Meskipun cerita Wattpad sudah finish alias tamat, bukan berarti tugas kamu untuk menyiapkan materi sudah selesai. Untuk hasil yang maksimal tentunya kamu perlu melakukan pengeditan materi, karena manusia adalah tempatnya salah sehingga kesalahan penulisan pasti sering terjadi. 
 
Baca ulang cerita Wattpad kamu, atau bisa menggunakan jasa editor yang bisa didapatkan dengan mudah karena banyak yang menjajakan jasa dengan sistem freelance. 
 

2. Kemas dalam Bentuk File, lalu Kirim via Email

Setelah melakukan pengeditan naskah cerita, cara cetak novel sendiri yang bisa kamu lakukan adalah mengemas cerita dalam bentuk file. Jadi, naskah cerita yang sudah kamu siapkan bisa kamu pindah dalam bentuk file, misalnya Word. Setelahnya kirimkan naskah pada percetakan yang akan kamu ajak kerja sama untuk cetak novel. 
 

3. Bayar Ongkir

Kamu pasti tahu, cetak novel merupakan kegiatan percetakan dalam jumlah banyak, sehingga pastinya pihak percetakan akan meminta uang muka untuk tanda jadi kerjasama. Nah, pastikan kamu membicarakan harga dan seluruh printilan dalam kegiatan mencetak, termasuk bayar ongkir.
 
Bicarakan ukuran, kertas, dan lain hal yang kamu inginkan untuk novel kamu nantinya. Pastikan memilih yang sesuai budget namun juga berkualitas, ya. Meskipun cerita Wattpad kamu tidak diterbitkan oleh penerbit besar, kualitas harus tetap diutamakan. 
 

4. Mendapatkan ISBN

Sebenarnya ISBN tidak kamu butuhkan jika kamu seorang penulis independen yang menerbitkan buku sendiri, namun jika kamu ingin mendapatkan nomor registrasi ini maka memerlukan nama penerbit. 
 
Kamu juga bisa menggunakan nama kamu sendiri sebagai penerbit untuk mendaftarkan ISBN. Setelahnya isi formulir pendaftaran atau kamu bisa mempercayakan hal ini pada percetakan yang bisa membantu pengurusan ISBN. 
 

5. Tentukan Desain Cover

Cover merupakan salah satu hal yang penting ketika kamu hendak cetak novel sendiri. Meskipun cerita Wattpad, tapi kamu harus membuatnya terlihat semenarik isinya, bukan? Buatlah desain cover terbaik yang dapat mewakili cerita kamu, kemudian juga karakter kamu sehingga akan menampilkan cover buku yang bagus.
 
Baca Juga: Ga Cuma First Impression, Cover Novel Punya Manfaat Ini
 

6. Proses Cetak

Terakhir adalah cetak novel sendiri, yang pastinya perlu kamu percayakan pada percetakan terbaik. Karena proses cetak merupakan hal penting, maka kamu harus menjalin komunikasi yang baik dengan pihak percetakan agar tidak ada miskom ketika mencetak cerita Wattpad kamu. 
 
Bagaimana? Sudahkah kamu paham dengan tips yang telah disampaikan di atas? Nah, untuk membuat hasil yang sesuai dengan keinginan kamu, maka cetak novel sendiri harus dilakukan di percetakan yang profesional dan juga berpengalaman. Apabila kamu belum menemukannya, maka coba saja gunakan jasa PrintQoe yang telah berpengalaman di bidang ini. Kunjungi website resminya untuk informasi lebih lanjut, di PrintQoe.com.