Jenis Tinta Yang Digunakan untuk Mesin Cetak Digital dan Mesin Cetak Offset

Jenis Tinta Yang Digunakan untuk Mesin Cetak Digital dan Mesin Cetak Offset


Tya | 28 Nov 2019 | 64

 

Saat mencetak dokumen di layanan cetak digital, biasanya kamu tidak mengetahui jenis tinta apa yang digunakan oleh layanan cetak digital tersebut. Salah satu bagian penting pada saat mencetak dokumen adalah mengetahui jenis tinta apa yang kamu butuhkan untuk mencetak dokumen kamu. Apalagi jika kamu menyerahkan dokumen kamu untuk di cetak pada layanan cetak digital, Disinilah kamu perlu tau jenis jenis tinta, dan juga pentingnya tinta printer untuk mencetak dokumen. Masing-masing tinta printer memiliki kelebihan dan kekurangan serta fungsi yang berbeda sesuai dengan jenisnya.

 

Terdapat berbagai macam dan jenis tinta untuk mesin printer mulai dari yang biasa, anti air atau yang lainnya. Dibawah ini merupakan jenis-jenis tinta printer yang bisa didapatkan dipasaran berdasarkan Jenis Formula dan Fungsinya:

 

1. Tinta Printer Pigment (Durabrite)

Tinta dengan kualitas tinggi yang digunakan pada mesin cetak digital mampu mencetak dokumen dalam bentuk tulisan atau gambar dengan hasil yang sangat tajam, pekat, dan tahan air di semua jenis kertas seperti HVS, Injet paper ataupun Photo paper. Gunakan tinta ini dengan tepat, apabila terlalu lama membiarkan tinta pigment tidak terpakai, maka head tinta cartidge dapat tersumbat.

 

Baca Juga: Menjelang 2020, Saatnya Cetak Kalender Kantor!

 

2. Tinta Printer Dye Base

Jenis tinta mesin cetak digital yang satu ini terbuat dari bahan air dan colourant, sehingga kemungkinan mengendap atau buntu pada ‘Printhead Cartridge’ semakin kecil. Tinta Dye Base biasa digunakan untuk kertas HVS, Glossy paper, Inkjet paper, canvas, PVC ID Card dan lain sebagainya. Namun tinta ini tidak bisa digunakan untuk cetak Art paper ( kertas brosur dan kalender). Tinta ini juga mudah luntur dan warnanya gampang pudar jika terpapar panas / cahaya matahari dan juga waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih lama.

 

3. Tinta Printer Eco Solvent

Jenis tinta Eco Solvent memiliki kualitas yang mirip dengan tinta Solvent, namun tinta Eco Solvent tidak begitu tahan terhadap sinar matahari sehingga hanya cocok digunakan untuk indoor printing. Tinta ini memiliki bau yang tidak terlalu menyengat dibandingkan dengan tinta Solvent.

 

4. Tinta Printer Solvent

Tinta Solvent adalah Tinta printer yang sangat baik kualitasnya karena bisa tahan air dan sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan tinta lainnya. Namun disini yang menjadi kekurangan adalah tinta solvent memiliki bau yang menyengat. Tinta solvent banyak digunakan untuk mencetak banner, spanduk, billboard, neonbox, dan outdoor printing lainnya karena hasil cetaknya lebih awet terhadap air dan UV. Tinta Solvent biasnaya tidak digunakan untuk mesin cetak digital namun untuk mesin cetak offset.

 

Baca Juga: Segala Hal Tentang Desain Grafis yang Hrus Kamu Tahu!

5. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink

Jenis tinta Pingment Art merupakan tinta yang digunakan untuk mencetak kertas at papet ivory yang memiliki gambar full colour. Tinta ini bisa digunakan untuk mencetak dalam skala besar maupun kecil. Jadi, bisa juga diguanakan untuk mesin cetak digital. Tinta pigment ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti : Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.

 

6. Tinta Printer Sublimation Ink

Jika Anda sering membuat baju, kaos, atau keramik, passtinya Anda mengenal jenis tinta yang digunakan. Tinta Sublimation merupakan tinta printer yang sering digunakan untuk printer infus. Selain itu, tinta ini juga digunakan untuk mencetak baju atau kaos, keramik, bahan-bahan sablon, mud dan jenis lainnya. Tinta ini dibuat dari bahan diluent, pewarna, minyak dan bahan lainnya sehingga sangat tahan lama. Dari hasil produknya, Kamu pasti tahu kan, jika tinta sublimation ini tidak cocok untuk mesin cetak digital?

 

Itulah jenis-jenis macam tinta Printer yang bisa kamu pilih ketika kamu menggunakan layanan cetak digital. Salah satu layanan cetak digital yang bisa kamu gunakan adalah PrintQoe.com. Disana kamu bisa mencetak kebutuhan dokumen kamu dengan berbagai jenis kertas, pastinya juga dengan berbagai jenis tinta. Setiap mesin printer memiliki karakteristik tertentu sehingga tidak semua printer bisa diisi oleh bermacam jenis tinta, jadi pastikan ketika kamu mencetak dokumen kamu di layanan cetak digital seperti PrintQoe.com  kamu memilih tinta sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi dokumen kamu ya.